Atasi Kecurangan, SPBU akan berlakukan deteksi plat nomor untuk Pembeli Pertalite dan Solar !!

Berita Warganet – Atasi Kecurangan, SPBU akan berlakukan deteksi plat nomor untuk Pembeli Pertalite dan Solar !!. Aturan memang pasti dibuat ada tujuannya yakni supaya lebih baik. Dan yang terbaru bakal ada pemberlakuan deteksi plat nomer kendaraan khusus BBM yang membeli Pertalite serta solar. Jadi setiap kalian membeli BBM Subsidi di SPBU, secara otomatis CCTV akan merekam semuanya. Lah Kok Bisa? Simak Berita Warganet selengkapnya.

Di SPBU memang ada oknum pembeli yang melakukan kecurangan dengan membeli bensin dalam jumlah banyak untuk ditimbun cak. Oknum tersebut sulit dilacak mengingat mereka memiliki cara tersendiri untuk melancarkan aksinya. Namun baru-baru ini kangbro, pihak SPBU sudah memiliki cara tersendiri untuk menangkap para oknum pembeli yang menimbun bensin agar kedepannya, para oknum pembeli bisa berpikir kembali untuk melancarkan aksinya tersebut.

Baca Juga :  Logo Kota Bandung PNG Download Lambang Gambar HD

Menimbun bensin tentu sebuah bentuk kecurangan cak dan dalam melakukan aksinya, oknum pembeli memiliki trik yakni dengan bolak balik ke SPBU untuk mengisi BBM bersubsidi dengan kendaraan yang sama. Untuk menghindari aksi tersebut, pihak Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berupaya memasang Closed Circuit Television (CCTV). Alat ini ditujukan agar bisa mengawasi para pengendara motor maupun mobil ketika mengisi BBM bersubsidi di SPBU.

 

Arifin Tasrif selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan bahwa kedepannya pendistribusian BBM bersubsidi Pertalite dan Solar akan diawasi CCTV sebagai bentuk dari digitalisasi. Gambarannya cak, sistem pengawasan akan diterapkan untuk menyorot nomor plat agar bisa dicatat. Dengan begitu, setiap mobil akan dicatat nomor platnya dan untuk yang bolak balik mengisi BBM bersubsidi Khusus Pertalite dan Solar akan diindikasikan telah melanggar aturan yang berlaku. Selain itu, ia juga menuturkan banyak kasus penimbunan BBM bersubsidi yang sudah ditangani polisi…

Baca Juga :  Pecinta Porsche 918 Spyder diharapkan bersabar, Karena Mobil Tersebut Akan Rilis Tahun 2025

“Sekarang, kita sudah mulai memakai sistem pengawasan dengan menyorot nomor plat untuk bisa dicatat atau di-record. Jika ada indikasi maka dilaporkan ke aparat (polisi). Dalam aksi penimbun, oknum ngisi bolak balik ke SPBU dan tangki yang harusnya ukuran 100, 200 dibikin melar jadi 400. Nah, ini yang kita coba (CCTV dan digitalisasi) supaya di SPBU tidak kecolongan kalo ada oknum tersebut,” ujar Arifin

Tasrif selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Sementara itu, Eko Kristiawan Area Manager Communication and Relation Regional Jawa Barat menuturkan pengecekan CCTV akan dilakukan berkala oleh tim yang terkoordinasi dengan SPBU… “Perkembangannya akan terus dipantau, kalau ada apa-apa langsung ditindaklanjuti, baik di level region atau hal hal yang perlu dilaporkan ke pusat. Tapi dimonitor setiap hari,” tuturnya.