logo peringatan hari ibu 2022

Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Ibu ( PHI ) ke-94 tahun 2022

Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Ibu ( PHI ) ke-94 tahun 2022 – Berikut adalah rangkaian peringatan Hari Ibu Tahun 2022.

PHI ke-94 tahun 2022 menekankan pada makna perjuangan perempuan yang telah diawali dari Kongres Perempuan Pertama pada tahun 1928.

Bahwa Peringatan Hari Ibu ini menjadi simbol perjuangan bagi perempuan di semua rentang usia, perempuan yang berkiprah baik di ranah domestik maupun di ranah publik, perempuan dengan berbagai profesi, perempuan difabel,
perempuan kepala keluarga, perempuan baik yang sudah berkeluarga dan maupun yang belum berkeluarga, dan sebagainya. Rangkaian PHI ke-94 tahun 2022 dilaksanakan masih dalam situasi pandemi

Baca Juga :  Profil Ethan Mbape, adik Kylian Mbappe yang tampil saat Laga PSG Vs Quevilly

Covid-19. Berikut beberapa kegiatan yang menjadi rangkaian kegiatan PHI ke- 94 tahun 2022, dimana pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

SEMINAR/TALKSHOW/WORKSHOP/KAMPANYE

Seminar/Talkshow /Workshop/Kampanye dengan mengusung tema dan sub-tema PHI ke-94 Tahun 2022, dan dilaksanakan sejak bulan September 2022 hingga Desember 2022.

PENGHARGAAN DAERAH RAMAH PEREMPUAN DAN LAYAK ANAK (DRPLA)

Penghargaan diberikan kepada Provinsi, Kabupaten dan Kota Terbaik dengan menggunakan indikator-indikator yang telah ditetapkan.

PENGHARGAAN KEPEMIMPINAN PEREMPUAN

Penghargaan diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang memiliki Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama perempuan terbanyak, dan beberapa indikator lainnya. Pelaksana: Ikatan Pimpinan Tinggi Perempuan Indonesia.

MENJAHIT BENDERA MERAH PUTIH

Momen peringatan Hari Ibu Tahun 2022 tak lepas dari sosok Ibu Fatmawati yang menjadi penjahit Bendera Merah Putih. Ibu Fatmawati adalah perempuan yang menjahit Bendera sebelum kemerdekaan Indonesia diproklamirkan. Ibu Fatmawati merupakan perempuan kelahiran Bengkulu dan Istri dari Presiden pertama Republik Indonesia. Kegiatan Menjahit Bendera Merah Putih akan dilaksanakan sehari sebelum Acara Puncak PHI oleh Ibu Negara, Ibu Menteri PPPA, Gubernur perempuan (Gubernur Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Papua Tengah), dan Ibu Gubernur (Ketua TPPKK) dari 36 Provinsi.

Baca Juga :  20 Ucapan Hari Jadi Kabupaten Mahakam Ulu ke-9 Tahun 2022

PROMOSI DAN PUBLIKASI

Promosi dan publikasi mengangkat makna PHI serta tema dan sub-tema PHI ke-94 tahun 2022 dilakukan melalui media elektronik, media cetak dan media sosial, melalui koordinasi dengan Kementerian/ Lembaga terkait, Dinas PPPA, Dinas Kominfo di daerah, serta pelibatan masyarakat seperti komunitas milenial.

ZIARAH KE TAMAN MAKAM PAHLAWAN (TMP)

Ziarah ke TMP dilaksanakan 2 (dua) kali, di Provinsi Bengkulu dan di TMP Kalibata ini bermaksud untuk penghormatan kepada para Pahlawan, khususnya para pejuang perempuan. Kegiatan Ziarah ke TMP di Provinsi Bengkulu antara lain akan diikuti penyerahan bantuan sosial bagi keluarga pejuang.

Baca Juga :  Badai 28 Desember 2022 Dikabarkan akan Terjadi di Jabodetabek, Masyarakat Diminta Untuk Waspada

BAZAR PRODUK UMKM INDONESIA & PAMERAN REMPAH INDONESIA

Bazar Produk UMKM Perempuan dari kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu.

Pameran Rempah: jamu dan herbal dari 38 provinsi. Kegiatan ini dilakukan untuk mempromosikan produk rempah Indonesia, seperti jamu dan herbal, yang melibatkan wirausaha perempuan.

ACARA PUNCAK PHI KE-94

Acara puncak diselenggarakan pada tanggal 22 Desember2022, bekerjasama dengan Pemda Provinsi Bengkulu, dengan mengusung konsep acara sebagai berikut:

Mengembalikan pemaknaan PHI sebagai peringatan semangat perempuan yang luar biasa untuk ambil bagian (berperan) dalam menentang penjajah, khususnya dalam memperjuangkan nasib perempuan saat itu dengan mengangkat beberapa isu kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam pendidikan, kesehatan dan berpendapat di publik. Memaknai kembali semangat perempuan dalam mengambil peran mengisi pembangunan dan dalam melakukan aksi kolektif (aksi solidaritas) untuk merespon pandemi Covid-19.