9 Rekomendasi Camper Van Untuk Petualangan Keluarga Anda!

Berita Warganet – 9 Rekomendasi Camper Van Untuk Petualangan Keluarga Anda!. Camper van atau caravan adalah kendaraan yang bisa digunakan sebagai transportasi maupun akomodasi seperti rumah.

Modifikasinya memiliki beberapa perlengkapan untuk tidur bahkan memasak sehingga cocok untuk traveling maupun camping bersama keluarga dan kian menjadi tren.

Di Indonesia sendiri, tren ini mulai merebak hingga banyak yang berniat untuk memodifikasi mobil pribadinya.

Rekomendasi camper van 

Sebagai referensi, berikut beberapa rekomendasi mobil yang bisa dimodifikasi menjadi mobil camping.

1. Camper van Daihatsu Grand Max

Rekomendasi mobil pertama yang bisa disulap menjadi camper van adalah Daihatsu Gran Max. Mobil ini memiliki kabin yang cukup luas dengan pintu geser.

Mobil ini memiliki pasaran harga bekas yang terbilang murah, berkisar dari Rp60 jutaan hingga Rp120 jutaan, membuat mobil Grand Max ini cocok dimodifikasi menjadi campervan.

2. Campervan Toyota Hiace

Toyota Hiace adalah minibus dengan body lebar dan panjang yang bisa memuat banyak penumpang.

Baca Juga :  Quotes Hari Pendidikan Nasional 2021 Dari Para Tokoh Dunia

Minibus Ini juga memiliki kabin yang sangat luas, sehingga mudah untuk dimodifikasi menjadi campervan.

Fasilitas tambahan seperti kasur, sofa, bahkan wastafel bisa ditambahkan dalam kabin minibus ini. Sayangnya, harga bekas minibus ini tergolong mahal, sekitar Rp500 jutaan hingga Rp590 jutaan.

3. Campervan Daihatsu Luxio

Mobil pribadi selanjutnya yang dapat dimodifikasi menjadi campervan adalah Daihatsu Luxio. Sama halnya dengan Gran Max, mobil ini memiliki pintu geser yang memudahkan untuk keluar masuk.

Selain itu, mobil ini juga memiliki kabin yang cukup luas, sehingga bisa leluasa melakukan modifikasi. Harga mobil Daihatsu Luxio bekas berkisar antara Rp85-165 jutaan.

4. Campervan Suzuki Carry

Rekomendasi mobil selanjutnya untuk dijadikan campervan datang dari minivan legendaris Indonesia, Suzuki Carry.

Kelebihan utamanya, selain memiliki kabin yang luas, mobil ini juga irit bahan bakar. Karena itu, cocok dimodifikasi jadi camper van untuk dibawa bepergian ke tempat yang jauh.

Harga bekasnya pun tergolong murah, mulai dari Rp 55 juta hingga Rp 115 juta, tergantung tahun produksinya.

5. Camper van Volkswagen atau VW

Volkswagen atau VW sudah sejak lama digunakan dan dimodifikasi menjadi campervan. VW adalah satu-satunya mobil yang memperkenalkan konsep campervan secara khusus.

Baca Juga :  SSC North America Aku SSC Tuatara Top Speed nya Tak Sampai 543 Km/Jam

Karena dirancang sebagai mobil untuk bepergian, VW lebih mudah dimodifikasi. Sayangnya, mobil ini masih langka dan harganya cukup mahal karena termasuk mobil klasik.

6. Campervan Suzuki APV

Rekomendasi mobil selanjutnya adalah Suzuki APV. Mobil ini memiliki kabin yang cukup luas seperti Grand Max dengan kisaran harga yang tidak terlalu mahal. Harga mobil bekas Suzuki APV berkisar dari Rp70-125 jutaan.

Berbeda dengan Gran Max yang memiliki pintu geser sehingga mudah untuk keluar-masuk, pintu mobil Suzuki APV memiliki desain seperti mobil pada umumnya. Namun, bukan berarti mobil ini tidak bisa dimodifikasi menjadi camper van.

7. Campervan Hyundai H1

Rekomendasi campervan selanjutnya adalah mobil Hyundai H1. Mobil ini memiliki kabin yang sangat luas seperti Alphard, sehingga cocok dijadikan mobil camping.

Selain itu, pilihan mesin yang terdiri dari bensin dan diesel membuat tenaga dari mobil ini tak perlu diragukan.

Kisaran harga mobil Hyundai H1 bekas ini terbilang mahal, mulai dari Rp150 jutaan hingga Rp 300 jutaan, tergantung tahun produksinya.

8. Camper Van Ford

Selanjutnya adalah mobil Ford Ranger 4×4. Meski memiliki kabin yang kecil, namun mobil ini memiliki body yang besar.

Hal itu membuat camper van Ford cocok dibawa untuk melewati medan-medan yang berat. Sayangnya, mobil ini sudah jarang ditemui di Indonesia, sehingga harga mobil bekasnya cukup mahal, sekitar Rp127 juta.

Baca Juga :  Gambar Ucapan Dirgahayu ke-58 Provinsi Lampung Tahun 2022

9. Campervan Nissan Evalia

Rekomendasi mobil terakhir yang dapat dimodifikasi menjadi campervan adalah Nissan Evalia. Meski sudah jarang didengar namanya, namun mobil ini memiliki kabin yang cukup luas sehingga dapat dimodifikasi.

Kisaran harga bekasnya pun terbilang paling murah dibanding beberapa mobil rekomendasi sebelumnya, yaitu sekitar Rp60 juta hingga Rp90 juta saja.

Perbedaan camper van dengan motorhome

Banyak orang yang tidak tahu perbedaan camper van dan motorhome. Hal ini wajar, mengingat keduanya memiliki fungsi dan tampilan yang sangat mirip.

Baik camper van maupun motorhome biasanya sama-sama dilengkapi dengan berbagai peralatan seperti kasur, dapur kecil, lemari, bahkan toilet.

Tapi, peralatan yang ada di camper van umumnya lebih lengkap karena digunakan untuk camping di alam dengan durasi yang tidak lama.

Sedangkan, motorhome atau mobil rumah lebih mengutamakan kenyamanan daripada keperluan untuk camping, karena difungsikan untuk penggunaan yang lebih lama.

Meski memiliki perbedaan yang tipis, baik campervan maupun motorhome sama-sama cocok untuk dibawa berlibur bersama keluarga.

Pencarian Populer : mobil luxio campervan,modifikasi mobil luxio camper