Twibbon May Day 2021

Tentang Hari Libur Nasional Hari Buruh Internasional 1 Mei 2021

Hari Buruh adalah hari untuk merayakan keberhasilan dan kontribusi pekerja dan buruh bagi kemajuan ekonomi dan sosial di seluruh dunia. Labor Day juga sering disebut dengan May Day karena selalu diperingati pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya. Tahun ini, Hari Buruh jatuh pada hari Sabtu, 1 Mei 2021.

Twibbon May Day 2021

Asal mula hari kerja ini berasal dari rangkaian perjuangan kaum buruh yang memperjuangkan hak-haknya ketika kapitalisme tumbuh dan berkembang pesat di abad ke-19 yang lalu. Pada abad ke-19, perkembangan industri yang sangat pesat membawa perubahan yang sangat drastis, terutama di negara-negara Eropa Barat dan Amerika Serikat. Disiplin yang ketat dan jam kerja yang sangat intensif serta upah yang sangat minim dan kondisi kerja yang buruk menimbulkan resistensi dari para pekerja. Saat itu, tuntutan terpenting para pekerja adalah jam kerja yang lebih manusiawi yaitu delapan jam. Angka delapan jam ini diambil berdasarkan pembagian waktu menjadi 24 jam sehari: 8 jam kerja, 8 jam istirahat dan 8 jam relaksasi.

Baca Juga :  Link Twibbon Hari Jadi Musi Rawas 2022 ke-79 Tahun, Klik Disini

Baca Juga Gambar dan Poster Hari Buruh 2021 Keren

Baca juga : Twibbon Nuzulul Quran  2021 

Meskipun organisasi pekerja di Amerika Serikat dan Eropa Barat semakin meningkat jumlahnya, setiap organisasi pekerja tetap merayakan Hari Buruh pada tanggal yang berbeda. Provinsi Oregon di Amerika Serikat, misalnya, memiliki hari kerja di bulan September. Tanggal 1 Mei 1886 hanya diperingati sebagai Hari Buruh setelah terjadi tabrakan antara aparat keamanan dan pekerja pada tanggal 4 Mei 1886 yang menimbulkan korban jiwa. Pada tahun-tahun berikutnya, tanggal 1 Mei kemudian digunakan sebagai tanggal untuk memperingati kejadian berdarah ini.

Baca Juga :  Link Twibbon Hari Jadi Jawa Barat ke-77 Tahun 2022, Klik Disini

Baru pada tahun 1889 tanggal 1 Mei terpilih sebagai Hari Buruh Sedunia oleh Kongres Sosialis Dunia. Resolusi yang memperingati 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional itu disambut hangat oleh semua negara. Di sinilah dimulainya perayaan 1 Mei sebagai hari buruh atau yang juga dikenal dengan May Day dirayakan oleh seluruh pekerja di dunia.

Baca Juga :  Woww, Ternyata Mobil Fast and Furious 9 di Dominasi Dodge dan Ford!

Di Indonesia, hari kerja sejak 1 Mei 1920 sebenarnya diperingati. Pada masa Orde Baru, Hari Buruh di Indonesia tidak lagi diperingati dan tanggal 1 Mei tidak lagi ditetapkan sebagai Hari Buruh karena gerakan buruh dan serikat buruh selalu dikaitkan dengan Partai Komunis.

Ketika Orde Baru berakhir, meski 1 Mei bukan lagi hari libur, aksi buruh di berbagai kota di Indonesia terus marak setiap 1 Mei. Barulah pada tahun 2013 pemerintah Indonesia menetapkan kembali tanggal 1 Mei sebagai hari buruh internasional dan penetapannya sebagai hari libur nasional dilakukan pada tahun 2014.

Selamat Hari Buruh 2021