may Day Poster
Selamat Hari Buruh 2021

May Day 1 Mei 2021

May Day yang juga dikenal sebagai Hari buruh adalah hari dimana para pekerja mengekspresikan kegembiraan atas segala perjuangan para pekerja yang secara langsung ikut andil pada kemajuan ekonomi maupun sosial di seluruh dunia.

Disebut dengan May Day tak lain karena Hari buruh diperingati pada tanggal 1 Mei di setiap tahunnya. Dan untuk tahun 2021 ini May Day akan jatuh pada hari Sabtu tanggal 1 Mei 2021.

Baca Juga Gambar dan Poster Hari Buruh 2021 Keren

Baca Juga : Twibbon Hari Palang Merah Internasional 2021, World Red & Red Crescent Day

Sejarah May Day

may Day Poster

Baca Juga :

Dibalik hingar bingar may day yang dirayakan di masa modern. Selalu ada sejarah yang melatar belakangi di rayakannya hari yang penting bagi para pekerja. 1 Mei memiliki kronologi sejarah tentang perjuangan para pekerja yang memperjuangkan hak-hak bagi mereka.

Baca Juga :  Gambar Ucapan Dirgahayu ke-58 Provinsi Lampung Tahun 2022

Hak hak yang diperjuangkan ditengah pesatnya kapitalisme industri pada abad ke 19. Memang dari kacamata sejarah, abad ke 19 merupakan periode dimana perkembangan industri begitu pesat di kawasan Amerika dan Eropa. Hal ini berimbas pada ketatnya peraturan yang ada dan cenderung mengabaikan hak hak yang mestinya diperoleh oleh para pekerja seperti upah yang sangat minim, jam kerja yang buruk dan hal lainnya. Hal ini tentunya membuat para pekerja membuat gerakan terutama untuk memenuhi jam kerja yang lebih manusiawi yaitu 8 jam kerja.

Pada Tanggal 4 Mei 1886 terjadi bentrokan yang memakan banyak korban jiwa antara pihak keamanan dan para pekerja di lapangan Haymart Amerika Serikat. Dan pada tanggal 1 Mei pada tahun tahun berikutnua digunakan sebagai tanggal untuk memperingati peristiwa berdarah ini.

Baca Juga :  Logo HUT Kota Ambon ke-447 Tahun 2022, Format PNG

Dan pada tahun 1889, tanggal 1 Mei ini dipilih oleh kongres sosialis dunia sebagai hari buruh sedunia. Keputusan merayakan 1 Mei sebagai hari pekerja internasional ini mendapat sambutan hangat oleh seluruh negara. Di sinilah awal mula perayaan 1 Mei sebagai hari pekerja yang juga disebut sebagai May day yang diperingati oleh seluruh kaum pekerja di dunia.

Baca Juga Tentang Hari Libur Nasional Hari Buruh Internasional 1 Mei 2021

Baca Juga Twibbon Hari Buruh 2021 Gratis

May Day di Indonesia

Poster Hari Buruh 2021

Baca Juga : 

Di Indonesia sendiri, hari buruh sudah diperingati sejak 1 Mei 1920. Namun semenjak masa orde baru, hari buruh di Indonesia tidak lagi diperingati karena gerakan buruh dan perserikatan pekerja selalu dikaitkan dengan partai komunis.

Baca Juga :  Bingkai Foto HUT Kabupaten Gunungkidul ke-191, Rekomendasi 2022

Setelah masa orde baru berakhir, walaupun 1 mei tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional, namun para pekerja di berbagai wilayah di Indonesia kembali mendakan aksi. Dan pada tahun 2013, Pemerintah Indonesia menetapkan kembali Tanggal 1 Mei menjadi hari buruh internasional. Dan pada tahun berikutnya ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap para pekerja yang telah mendedikasikan diri dalam ikut serta memajukan perekonomian bangsa, beritawarganet membuat twibbon khusus Hari Buruh.

Hal ini bisa kita gunakan sebagai bentuk rasa terimakasih atas dedikasi para pekerja. Tak lain karena May Day sendiri bisa dimaknai sebagai bentuk refleksi dari seluruh perjuangan kaum buruh.

Dalam rangka memajukan perjuangan kaum buruh itu maka kita harus menghargai pencapaian yang sudah diperoleh sekecil apapun.

Baca Juga :