Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Yang Bagus

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Yang Bagus

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Yang Bagus – Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang sudah mengantongi ijin usaha dari OJK untuk bisa melakukan kegiatan usaha sebagai pihak perantara pedagang efek. Dalam arti sedernana, perusahaan sekuritas ini akan bertindak sebagai perantara antara investor dengan pasar modal yang telah memiliki lisensi khusus untuk melakukan jual beli efek.

Dan dalam memilih perusahaan sekuritas yang bagus memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Ketika sobat warganet ingin memiliki atau membuka akun di kantor sekuritas saham. Tentunya sobat warganet harus memilih satu diantara banyaknya perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia. Dan kali ini berita warganet akan memberikan Tips Memilih Perusahaan Sekuritas sebelum membuka akun rekening efek. Sehingga sobat warganet dapat menentukan perusahaan sekuritas mana yang akan dipilih. Berikut ini adalah tipsnya.

Baca Juga : 8 Daftar Aplikasi Penghasil Saldo Dana 2021 dan Terbukti Membayar

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas

1. Track Record

Tips pertama dalam memilih perusahaan sekuritas adalah mempertimbangkan track record sebuah perusahaan sekuritas. Beberapa track record yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah bebas dari sanksi serta kejujuran dalam mengelola nasabahnya. Hal ini sangat penting, jika perusahaan sekuritas banyak memiliki sanksi, tentu saja  dapat dipastikan perusahaan sekuritas tersebut tidak bisa mengelola usaha bahkan nasabahnya. Hal ini dapat membuat kamu rugi dalam berinvestasi.

2. Setoran Awal

Nah, bagi sobat warganet yang ingin terjun ke dunia pasar modal namun memiliki dana yang serba terbatas Hal pertama yang harus ditanyakan pada perusahaan sekuritas adalah berapa setoran awal untuk membuka akun efek.  Pada tahun 2015, Bursa Efek Indonesia mempermudah syarat setoran awal untuk nasabah dengan penyetoran awal minimal hanya Rp100.000. Dengan 100 ribu kamu sudah bisa berinvestasi dalam pasar modal dan membuka rekening awal, namun perlu diketahui, tidak semua kantor sekuritas. Kamu dapat melihat dan mencari berapa setoran awal minimal dengan melihat halaman Daftar Buka Rekening paada Halaman Buka Rekening Bursa Efek Indonesia. Kamu dapat memilih beberapa perusahan sekuritas yang bisa menjadi langkah awal kamu dalam dunia saham.

Baca Juga :  5 Daftar Ausransi Mobil Terbaik di Indonesia

Baca Juga : Trading Emas , Pengertian dan Penjelasanya

3. Fee Transaksi

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Yang Bagus yang berikutnya adalah dengan mempertimbangkan fee transaksi.  Fee transaksi adalah hal penting yang wajib sobat warganet perhatikan sebagai investor sebelum berinvestasi saham. Biaya – biaya tersebut akan dikenakan kepada investor atas transaksi jual dan beli saham yang dilakukan. Nominal biaya transaksi ini biasanya tidak terlalu besar sehingga tidak terlalu mempengaruhi keuntungan yang didapatkan.  Namun, Perusahaan sekuritas menetapkan jumlah fee yang berbeda-beda, pada umumnya jumlah fee berkisar antara 0,15% – 0,35% dari nilai transaksi saham (sudah termasuk pajak). Pilihlah perusahaan sekuritas yang tidak membebani biaya transaksi yang terlalu besar karena berpengaruh kepada pembelian maupun penjualan yang kamu lakukan.

4. Fasilitas Software

Beikutnya, yang perlu diperhatiakan adalah Fasilitas software yang diberikan. Fasilitas tersebut tentunya harus memenuhi kebutuhan para nasabahnya. Beberapa data-data grafik secara real time, akses pialang online melalui software, menu untuk melihat pergerakan setiap sektor perusahaan, informasi laporan keuangan, informasi lokasi perusahaan sangat penting untuk diketahui. Dengan software yang real time, kamu tentunya dapat memantau data untuk melakukan analisis. Sehingga, jangan sampai kamu mendapatkan fasilitas software dengan data yang tidak real time. Sofware yang tidak dapat memberikan data real time bisa sajamenyesatkan analisis teknikal yang kamu lakukan.

Baca Juga :  Jual Emas di Pasar Forex : Hal yang Mempengaruhi Harga Emas

5. Fasilitas Online Trading

Perkembangan teknologi juga mempengaruhi perdagangan saham di pasar modal. Hal ini ditandai dengan hadirnya online trading. Fasilitas online trading akan memudahkan investor, para broker, trader dan institusi yang terkait, untuk dapat dengan cepat menganalisa dan mengambil keputusan investasi. Fasilitas online trading ini  juga sangat memudahkan investor untuk melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja menggunakan beragam perangkat  yang dimiliki komputer, laptop, tablet, bahkan smart phone yang dilengkapi jaringan internet. Sehingga, sobat warganet dapat mempertimbangkan kantor sekuritas yang memiliki fasilitas online trading.

Baca Juga : 50+ Twibbon HUT RI Ke 76 Format PNG, Spesial Bingkai Foto Hari Kemerdekaan RI

Dengan teknologi yang semakin maju, berita-berita terbaru dan terupdate seputar Rekomendasi Saham hari harian, Analisa Teknikal dan Prediksi Saham memang tersedia dan bisa didapatkan dengan mudah di internet. Namun, jika sobat wargenet baru belajar bermain di dunia pasar modal dan masih belum bisa menganalisis sendiri. Akan lebih baik jika kamu mendapatkan rekomendasi dari broker, sehingga pertimbangkan kantor sekuritas yang menyediakan rekomendasi harian tersebut.

7. Jumlah Investor (nasabah)

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Yang Bagus adalah dengan mengetahui jumlah Investornya. Sobat warganet perlu memperhatikan berapa jumlah nasabah yang dimiliki kantor sekuritas yang akan dipilih. Nasabah yang terlalu banyak bisa menunjukkan ketidak-efektifan. Hal ini dikarenakan mengelola nasabah yang terlalu banyak dapat membuang terlalu banyak waktu dan menurunkan kualitas pelayanan. Yang pada akhirnya akan berpengaruh pada profesionalisme. Namun sebaliknya, jika nasabah yang dimiliki terlalu sedikit juga bisa menjadi tolak ukur kantor sekuritas tersebut tidak profitable. Kamu dapat membandingkan 2 atau lebih kantor sekuritas untuk mengetahuinya sebelum memutuskan untuk membuka akun.

Baca Juga :  Buku Besar, Penjelasan Fungsi dan Bentuk

8. Modal Perusahaan

Tips berikutnya adalah dengan mengetahui Modal Perusahaan Sekuritas yang akan dipilih. Semakin besar modal, perusahaan menunjukkan bahwa semakin banyak transaksi jual-beli saham yang terjadi. Hal ini juga menunjukkan bahwa perusahaan sekuritas tersebut memang dipercaya nasabah. Sehingga dengan mengetahui Jumlah modal perusahaan dapat menjadi pertimbangan kamu dalam memilih perusahaan sekuritas terbaik yang akan kamu percaya dalam mengelola investasi.

Baca Juga : Pengertian Kapitaliasasi Pasar dan Pentingnya

9. Reputasi

Memiliki Reputasi berarti kantor sekuritas tersebut sering dipercaya sebagai penjamin emisi efek, atau kantor sekuritas tersebut sering dijadikan rujukan untuk analisis di media masa online ekonomi, seperti Kontan, Bisnis Indonesia. Sebelum berinvestasi dan memilih perusahaan sekuritas, Ada baiknya mencari tahu reputasi perusahaan-perusahaan itu di media. Dan jangan lupa untuk cek status legalitas mereka di Bursa Efek Indonesia dan OJK. Dan jika perusahaan sekuritas sudah masuk daftar hitam di pasar, jangan pernah terbuai untuk membuka akun atau berinvestasi melaluinya

Setiap kantor sekuritas biasanya membuka cabang di berbagai kota. Setiap kantor sekuritas juga memiliki website resmi, Kamu dapat mengetahui alamat cabang dan pusat dari kantor sekuritas mereka. Kamu dapat bertanya langsung untuk memulai berinvestasi dengan mendatangi kantor cabang tersebut.

Penelusuran terkait : kasus sekuritas, sekuritas terbaik, mandiri sekuritas ,sekuritas tanpa delay ,cara membuka rekening saham ,pertimbangan memilih perusahaan sekuritas ,bni sekuritas ,sekuritas terbaik 2021