Tutorial Microsoft Office Excel Dasar, Pengenalan

Tutorial Microsoft Office Excel Dasar, Pengenalan

Tutorial Microsoft Office Excel Dasar, Pengenalan – Kali ini beritawarganet akan membagikan tutorial Microsoft Office Excel dasar yang bisa sobat warganet gunakan jika baru mengenal alat pengolahan data yang dimiliki Microsoft ini. Ada banyak kegunaan dari Microsoft Office Excel mulai dari dasar hingga penggunaan yang kompleks. Saat ini kalian bisa menggunakan Office Excel melalui website resminya pada Microsoft Office 365 maupun Office 365 versi desktop. Tentunya kalian harus mendaftarkannya terlebih dahulu

Telah lama Microsoft Excel digunakan oleh penggunanaya sebagai alat pengolahan data dimana mereka dapat menuliskan beragam data yang bisa diolah dengan fungsi-fungsi dan fitur yang ada sehingga mereka mendapatkan gambaran data yang lebih mudah dipahami. Ada sedikit miskonsepsi pada penggunaan Microsoft Office Excel yang sebetunya memang tidak sepenuhnya salah.

Dikalangan umum, banyak yang mengenal Office Excel yang digunakan untuk membuat tabel. Sedangkan Office Word digunakan untuk mengetik secara umum. Hal ini bisa dimaklumi karena memang tampilan lembar kerja excel berupa grid atau tabel. Namun jika dipelajari dengan sungguh-sungguh kegunaan dari microsoft excel tidak sesederhana membuat tabel saja. Bahkan jika hanya membuat tabel kalian bisa menggunakan fitur tabel pada microsoft office word.

Baca Juga :  Workbook dan Worksheet Microsoft Excel

Jauh dari hal tersebut office excel bahkan bisa digunakan untuk membuat software sederhana dengan VBA. VBA sendiri adalah bahasa pemrograman berbasis objek untuk memudahkan proses pekerjaan sehari-hari pada Microsoft excel, dari langkah-langkah yang panjang kita dapat lakukan dengan satu langkah mudah. Sehingga, penggunaan Microsoft Office Excel tidak terbatas pada membuat tabel saja.

Namun sebelum membahas lebih jauh. Ada baiknya jika kita mengenal Microsoft Office Excel dari dasar.

Apa yang dimaksud dengan Microsoft Office Excell?

Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah.

Karena fleksibilitas pada penggunaannya yang , Excel telah menjadi salah satu program perangkat lunak yang paling banyak digunakan terutama dalam dunia bisnis sejak diluncurkan pada tahun 1985. Memang, kebangkitan komputasi pribadi tahun 1980-an dan 1990-an sebagian besar didorong oleh banyak penggunaan Excel dan perangkat lunak spreadsheet lainnya.

Apa itu spreadsheet?

Spreadsheet adalah cara khusus untuk mengatur data ke dalam baris dan kolom untuk membuatnya lebih mudah dibaca dan dimanipulasi. Berikut adalah contoh dari spreadsheet kosong:

Seperti yang bisa kamu lihat, pada gambar diatas. Pada dokumen terdiri dari kolom (set vertikal kotak berlabel A, B, C,dan seterusnya di bagian atas layar), dan baris (set horizontal kotak berlabel 1, 2, 3,dan seterusnya di bagian bawah layar). Pada pertemuan setiap baris dan kolom adalah sel di mana kamu bisa memasukkan angka atau teks.

Baca Juga :  Yang Harus Dipelajari Pada Excel, Bagian 2

Alamat sel tertentu dihasilkan dengan menggabungkan huruf kolom sel dengan jumlah baris sel. Misalnya seperti yang bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Sel yang disorot dalam gambar adalah alamat B4,  hal ini dikarenakan terletak pada pertemuan antara kolom B dan baris 4. Selanjutnya sel ini bisa kita sebut sebagai,“Sel B4.”

Gambar diatas hanyalah contoh sederhana dari Spreadsheet Excel. Didalamnya terdapat kombinasi Sel spreadsheet yang lebih kompleks dapat berisi ratusan atau bahkan ribuan baris dan kolom. Satu dari sel pada gambar diatas adalah salah satu kombinasi dari jutaan sel pada Microsoft office Excel. Sel-sel dasar inilah yang nantinya bisa kalian hubungkan bersama dengan perhitungan dan rumus untuk melakukan logika matematika yang kompleks yang dapat digunakan untuk beragam keperluan kamu.

Apa Saja yang bisa dilakukan oleh Microsoft Office Excel?

Setelah megetahui dasar yang digunakan pada Excel, maka akan timbul pertanyaan. Apa Saja yang bisa dilakukan oleh Microsoft Office Excel? Untuk memahaminya kita akan mencontohkan dengan gambar berikut ini. Yang termudah adalah penggunaan exel pada sebuah perusahaan.

Seperti yang kamu lihat pada gambar diatas. Pada data yang diperlihatkan diatas Berita warganet  menggunakan spreadsheet Excel untuk melacak angka penayangan halaman artikel berdasarkan jumlah artikel yang dipublikasikan. Format tabulasi spreadsheet adalah cara terbaik untuk mengukur kumpulan data yang kompleks. Dan dengan menggunakan rumus dan fungsi Excel, yang kalia gunakan akan memungkinkan kamu untuk dengan mudah mengolah data tertentu untuk menjawab pertanyaan dan langkah langkah yang digunakan untuk membuat keputusan

Baca Juga :  Cara Buat Pas Foto Online, Dan Hapus Background Online Dengan Mudah

Berikut adalah beberapa contoh cara lain yang bisa dimungkinkan menggunakan Excel. Yang pelu dipahami adalah data diatas hanya contoh. Penggunaan Microsof Office Excel sangat fleksibel, sehingga kemungkinannya tidak terbatas:

  • Melacak pergerakan tayangan halaman dari hari ke hari, bulan ke bulan dan satuan waktu yang lain
  • Memantau penghasilan dari penayangan iklan yang ada pada tiap artikel yang dipublikasikan;
  • Melacak pengeluaran yang digunakan untuk promosi;
  • Membuat grafik atau bagan untuk menjelaskan kinerja artikel dari waktu ke waktu;
  • Memperkirakan penayangan harian, bulanan bahkan hingga satu tahun ke depan berdasarkan data historis;
  • Dan masih banyak lagi kemungkinan yang bisa digunakan dengan menggunakan rumus dan fungsi logika lainnya yang digunakan dalam Microsoft Office Excel.

Nah, sob itulah Tutorial Microsoft Office Excel Dasar, Pengenalan yang bisa beritawarganet berikan kali ini. Semoga kalian bisa memahami pengertian Excel, Spreadsheet dan penggunaan Office Excel yang dibahas pada artikel ini. [YCP]