Apa itu Obligasi

Apa itu Obligasi?

Apa itu Obligasi? – Obligasi adalah surat utang jangka menengah maupun jangka panjang yang dapat diperjualbelikan. Obligasi berisi janji dari pihak yang menerbitkan Efek untuk membayar imbalan berupa bunga (kupon) pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada akhir waktu yang telah ditentukan, kepada pihak pembeli obligasi tersebut.

Obligasi merupakan salah satu investasi Efek berpendapatan tetap yang bertujuan untuk memberikan tingkat pertumbuhan nilai investasi yang relatif stabil dengan risiko yang relatif lebih stabil juga, dibandingkan dengan saham. Obligasi adalah kewajiban untuk memenuhi persyaratan kontrak. Jika kewajiban tidak dipenuhi, pihak yang dirugikan juga menemukan ganti rugi dalam sistem hukum.

Baca Juga :  Toyota Agya 2022, Mobil LCGC yang Selalu Laris Manis

Bagaimana Obligasi Bekerja?

Obligasi keuangan mewakili pinjaman yang belum dibayar atau pembayaran rutin yang harus kamu lakukan. Jika kamu berutang atau akan berutang uang kepada siapa pun, itu adalah salah satu kewajiban keuanganmu. Praktis, semua jenis uang mewakili kewajiban keuangan — koin, uang kertas, atau obligasi adalah jaminan bahwa nilai objek yang disepakati akan dikreditkan kepadamu.

Sebagian besar kewajiban keuangan formal ditetapkan dalam kontrak tertulis yang ditandatangani oleh kedua belah pihak, seperti hipotek, pinjaman mahasiswa, atau pembayaran layanan terjadwal. Short selling dan put option adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh broker .

Baca Juga :  Honda HRV 2022, Review Lengkap Spesifikasi, Interior dan Harga!

Obligasi adalah bagian penting dari keuangan pribadi. Anggaran pertama-tama harus mencakup semua kewajiban keuangan yang menjadi tanggung jawab orang tersebut selama periode waktu tertentu. Rasio ini dikenal sebagai Rasio Tanggung Jawab Keuangan, yang merupakan tolok ukur yang berharga untuk anggaran individu.

Pertimbangan menyeluruh tentang kewajiban sangat penting untuk perencanaan pensiun. Penganggaran individu akan mempertimbangkan lebih banyak komitmen jangka panjang ketika merencanakan untuk jangka waktu yang lebih lama, seperti suku bunga pembayaran hipotek atau biaya perawatan kesehatan yang belum dikeluarkan.

Pertimbangan Khusus

Kegagalan untuk memenuhi kewajiban dipenuhi dengan hukuman, yang tingkatnya tergantung pada sifat kontrak. Jika seseorang gagal melakukan pembayaran secara teratur untuk mobilnya, perusahaan asuransi akan mengambil alih mobil tersebut.

Baca Juga :  Harga Emas 24 Karat Per 1 Gram Hari Ini, 08 Jun 2021

Pajak juga merupakan jenis kewajiban yang mengakibatkan denda besar atau penjara karena gagal memenuhinya. Jika perusahaan besar gagal bayar dan tidak mampu membayar hutang mereka, mereka akan menyatakan kebangkrutan, memulai pembebasan hutang total debitur. Tindakan ini memberikan kesempatan kepada kreditur untuk memulihkan sebagian kerugiannya berupa harta kekayaan debitur.

Pajak juga merupakan jenis kewajiban yang mengakibatkan denda besar atau penjara jika seseorang gagal memenuhinya.

Baca Juga:

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Apa itu Obligasi? yang dipublish pada September 4, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait