Berbagai jenis opsi Investasi Yang Bisa Kamu Pilih

Berbagai jenis opsi Investasi Yang Bisa Kamu Pilih

Berbagai jenis opsi Investasi Yang Bisa Kamu Pilih –  Aset, jalur investasi, sarana investasi, dan sebagainya adalah semua istilah yang digunakan untuk menggambarkan opsi investasi. Sobat warganet bisa memilih salah satu atau lebih dari beragam jenis investasi yang ada. Ada berbagai jenis opsi Investasi yang tersedia yang bahkan mungkin belum Kamu tahu sebelumnya.

Penting untuk diingat bahwa seluruh aset tidak selalu merupakan investasi yang lebih baik atau memiliki risiko yang lebih rendah/lebih tinggi daripada aset lainnya. Pada dasarnya, berbagai tingkat risiko dan imbalan dapat ditemukan dalam suatu aset. Selanjutnya, bahkan ketika membandingkan berbagai subkategori aset (bukan aset yang sama), tingkat risiko dan pengembalian mungkin berfluktuasi secara signifikan.

Banyak investor tidak menyadari bahwa aset investasi tidak perlu dibatasi seperti yang diyakini banyak dari kita. Beritawarganet akan memberikan beberapa jenis opsi investasi dan dimulai dengan opsi investasi paling populer di Indonesia.

Berbagai jenis opsi Investasi

Tabungan

Ini adalah pilihan Investasi umum di Indonesia. Orang Indonesia memujanya, dan dengan alasan yang bagus: untuk waktu yang lama, keuntungan yang ditawarkan. Tabungan menjadi investasi yang cukup baik untuk jangka pendek dan jangka menengah.

Emas

Emas memiliki posisi unik dalam budaya Indonesia. Perhiasan emas adalah pusaka keluarga berharga yang diturunkan dari generasi ke generasi. Namun, investasi pada emas perhiasan kurang begitu menguntungkan. Dan sebaliknya, saat ini mulai dikenal investasi emas dalam bentuk emas 24 karat dalam bentuk batangan atau berbagai jenis emas yang saat ini kita kenal.

Walaupun begitu Emas belum memberikan pengembalian besar dengan sendirinya, tetapi merupakan lindung nilai yang sangat baik. Ini adalah bentuk penyimpanan nilai. Inilah sebabnya mengapa banyak pakar keuangan menyarankan konsumen untuk menginvestasikan setidaknya sebagian kecil dari portofolio mereka dalam emas, tetapi tidak terlalu banyak.

Baca Juga :  Aplikasi-Aplikasi Internet pada Linux

Perumahan

Ide investasi populer lainnya di Indonesia adalah ini. Harga properti di sebagian besar Indonesia melonjak antara tahun 2000 dan 2010, membuat banyak orang percaya bahwa real estat selalu merupakan investasi yang cerdas.

Ini telah terbukti menjadi alternatif yang kurang diinginkan dalam beberapa tahun terakhir. Harga real estat meningkat di daerah-daerah tertentu, sementara di daerah-daerah lain harga tersebut statis selama bertahun-tahun. Investasi real estat juga memerlukan investasi awal yang besar atau membutuhkan investor untuk mengambil pinjaman.

Saham

Hanya sebagian kecil penduduk Indonesia yang berinvestasi di pasar saham yang juga disebut sebagai investasi saham atau ekuitas. Investor, pada dasarnya, memiliki persentase kecil dari sebuah perusahaan.

Banyak penduduk Indonesia memiliki pandangan negatif tentang pasar saham. Ketika saham awalnya menjadi populer di Indonesia dan banyak orang melihatnya sebagai skema cepat kaya. Faktanya adalah, sementara beberapa investor dapat menghasilkan banyak uang dengan cepat, sebagian besar investor tidak bisa.

Faktanya, investor baru hampir selalu kehilangan uang sebagai akibat dari kesalahan pemula mereka. Setelah kehilangan uang di pasar saham, investor seperti itu berjanji untuk menjauhinya di masa depan dan berusaha memperingatkan orang-orang di sekitar mereka untuk melakukan hal yang sama.

Akibatnya, pasar saham memiliki reputasi buruk. Namun, hal-hal yang berubah. Faktanya adalah, jika dilakukan dengan benar, pasar saham dapat menghasilkan pengembalian yang baik dan bahkan jauh lebih baik daripada Tabungan atau emas.

Obligasi

Obligasi hanya dimiliki oleh sebagian kecil penduduk Indonesia. Obligasi hanyalah pinjaman yang diberikan kepada bisnis atau pemerintah. Ketika Kamu membeli obligasi, Kamu secara efektif menyerahkan uang Kamu ke organisasi yang berjanji untuk membayar kembali uang yang Kamu pinjam ditambah tingkat bunga yang disepakati pada saat meminjam.

Baca Juga :  Toyota Hilux Double Cabin 2022 - Harga, Spesifikasi dan Interior

Sejauh ini, semuanya agak mudah. Ini adalah saat segalanya mulai menjadi sedikit rumit. Dimungkinkan juga untuk menjual obligasi kepada orang lain. Singkatnya, Kamu membeli obligasi dari bisnis X. (pada dasarnya, memberikan pinjaman kepada perusahaan X).

Bisnis telah berjanji untuk mengembalikan uang Kamu pada tanggal tertentu. Kamu dapat menjual obligasi ini kepada orang lain, dan ketika saatnya tiba untuk mengembalikan uang, bisnis akan membayar kembali kepada pemegang obligasi – orang yang Kamu jual – kembali.

Tentu saja, ini adalah penyederhanaan yang berlebihan, tetapi ini akan memberi Kamu pemahaman umum tentang bagaimana segala sesuatunya berfungsi. Tidak perlu ditambahkan lagi, harga obligasi individu dapat naik atau turun berdasarkan permintaan dan penawaran pasar obligasi.

Dengan hanya menjual obligasi pada saat yang tepat, banyak investor dapat memperoleh pengembalian yang lebih besar (daripada tingkat yang diberikan dalam obligasi). Tingkat bunga bervariasi dari satu organisasi ke organisasi berikutnya. Orang-orang yang lebih dapat diandalkan dapat meminjam dengan tingkat bunga yang lebih rendah (sehingga memberikan Kamu tingkat yang lebih murah).

Menurut logika ini, pemerintah (entitas teraman di setiap negara) memberikan pengembalian terendah (dan juga risiko terendah). Ada pendekatan lain untuk berinvestasi dalam obligasi yang lebih populer di kalangan investor ritel. Kita dapat berinvestasi di obligasi melalui reksa dana dengan cara yang sama seperti berinvestasi di saham melalui reksa dana. Reksa dana yang berinvestasi pada obligasi disebut dana utang .

Cryptocurrency

Ini telah dipublikasikan secara luas. Ada banyak koin di luar sana. Banyak yang tidak berguna, tetapi yang lain terbukti kuat. Bahkan orang yang paling berpengetahuan pun bingung dengan investasi ini. Jumlah orang yang kehilangan sejumlah besar uang dalam industri ini juga tinggi. Namun, tidak ada alasan bahwa orang-orang tertentu telah diuntungkan dari ini.

Sejauh pilihan investasi berjalan, yang satu ini sangat berisiko, dan jika Kamu tidak yakin akan mampu mengelola emosi yang datang dengan berinvestasi di sektor ini, mungkin lebih baik untuk menghindarinya sama sekali. Tidak ada yang benar-benar memahaminya.

Baca Juga :  5 Laptop Termahal di Indonesia 2021, Cek Daftarnya

Bitcoin pertama kali diperdagangkan seharga $1 pada 9 Februari 2011, dan saat ini bernilai $54.680 per 27 April 2021. Untungnya, kita dapat membeli sebagian kecil bitcoin hanya dengan $1. Jika Kamu mau, Kamu dapat memasukkan uang ke dalam crypto tetapi hanya menginvestasikan sebanyak itu yang Kamu siap kehilangan.

Bisnis

Ini adalah pilihan investasi yang dilakukan oleh sebagian orang Indonesia, tetapi sebagian besar kelas menengah menghindarinya. Memulai dan berinvestasi dalam bisnis Kamu sendiri mungkin merupakan satu-satunya jenis investasi di mana semuanya bergantung pada kinerja Kamu.

Bergantung pada industri apa yang Kamu masuki, Kamu dapat menghasilkan banyak uang jika menghitung dengan benar. Beberapa orang terkaya di dunia menjalankan bisnis mereka sendiri.

Diri sendiri

Beberapa orang mungkin menganggap ini klise, tetapi mari kita hadapi itu: tidak ada investasi yang lebih besar dari diri Kamu sendiri. Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang mempersiapkan Kamu untuk karir yang membayar dengan baik. Mempelajari bakat baru dapat mengubah cara Kamu menghasilkan uang dan sumber penghasilan Kamu.

Pelajari keterampilan baru atau tingkatkan keterampilan yang sudah Kamu miliki, dan Kamu akan mampu mengungguli orang lain. Prospek yang baik muncul di dunia yang terus berubah ini, dengan cakupan yang lebih luas dan masa depan yang lebih cerah. Lihat keterampilan baru yang ingin Kamu peroleh atau tingkatkan, serta lihat apa yang dipelajari orang lain.

Baca Juga: