Cara Sederhana Menjaga Kelestarian Alam sekitar kita

Cara Sederhana Menjaga Kelestarian Alam sekitar kita – Semakin hari, kita semakin sering mendengar berbagai hal yang berkaitan dengan pencemaran Bumi. Mulai dari efek rumah kaca yang memyebabkan mencairnya es di Kutub, lautan yang dipenuhi sampah, gunungan sampah di lingkungan yang menyebabkan banjir, hingga spesies terancam punah. Hal ini tidak lepas dari tanggung jawab kita sebagai bagian dari bumi yang kadang secara tidak sadar telah ikut menyumbang pencemaran lingkungan. Alih alih menyumbang pencemaran lingkungan, dengan momentum Hari Bumi sedunia 2021 ini, ada baiknya kita ikut menyelamatkan lingkungan.

Walaupun ‘Menyelamatkan Lingkungan’ terdengar sangat sulit untuk dilakukan, namun ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan. Dan dengan menjadikannya kebiasaan, sedikit banyak akan berpengaruh pada kelestarian lingkungan. Beberapa hal-hal sederhana yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di antaranya:

1. Jangan membuang sampah sembarangan

Membuang sampah sembarangan terlihat sepele, namun jika semua orang berfikir seperti itu, maka permasalahan ini akan berdampak buruk bagi kebersihan lingkungan dan ekosistem di sekitarnya. Selain itu, sampah yang tercecer, dan sukar untuk di uraikan akan menjadi polutan yang bisa menurunkan kualitas lingkungan baik tanah, air maupun udara.

Namun sebaliknya, jika semua orang memiliki kesadaran tentang membuang sampah pada tempatnya, juga akan berdampak baik bagi lingkungan alam. Jadi mulai dari diri sendiri, simpan sampahmu dan buang di tempatnya.

2. Membawa botol minuman sendiri

Sampah botol juga sering menjadi masalah pencemaran yang ada di sekitar lingkungan. Salah satu cara untuk menguranginya adalah dengan membawa botol minuman sendiri. Dengan membawa botol minuman sendiri akan membuat Anda mengurangi limbah plastik yang berasal dari botol atau kemasan minuman. Selain terjamin keamanan dan kebersihannya, dengan selalu bawa botol minuman sendiri ketika bepergian juga dapat membantu sobat warganet untuk berhemat loh.

Baca Juga :  Kebutuhan Air untuk Tanaman Hias

3. Kurangi konsumsi daging

Apa hubungan daging dengan kelestarian alam? Organisasi Pangan dan Pertanian (badan pangan dunia) merilis sebuah penelitian yang menyatakan daging sapi merupakan penghasil emisi terbesar karbon intensif (18%) yang bahkan melebihi emisi seluruh kendaraan bermotor di dunia jika digabungkan.

Bukan berarti berhenti makan daging setelah mengetahui hal tersebut. namun, dengan mengurangi konsumsi daging akan membuat kita memberikan sedikit sumbangsih pada kelestarian Alam yang memiliki dampak positif.

4. Gunakan Trasportasi Masal atau bersepeda

Menggunakan transportasi masal atau transportasi umum juga merupakan hal yang bisa mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Apalagi dengan menggunakan transportasi alternatif seperti sepeda, tentunya akan bisa mengurangi emisi karbon yang berasal dari pembuangan asap kendaraan pribadi.

Seperti yang kita tahu, Emisi karbon yang berasal dari sisa pembakatan adalah salah satu penyebab utama perubahan iklim yang ada di Bumi kita.

5. Menanam pohon

Pohon adalah makhluk hidup satu satunya di Bumi yang menyediakan oksigen bagi makhluk hidup lainnya. Artinya pohon sangat memegang peranan penting terhadap keseimbangan dan kelestarian Alam. Pohon adalah senjata utama manusia dalam melawan perubahan iklim dan pemanasan global.

Selain itu, tumbuhan juga dapat menyimpan cadangan energi dan mencegah bencana Alam. Jadi tanamlah pohon demi kelestarian Bumi.

6. Mendaur ulang sampah

Selain membuang sampah pada tempatnya, Anda juga dapat berkreasi dan berkarya dengan barang barang bekas seperti botol air mineral, bungkus minuman sachet atau bahan lainnya.

Selain dapat mengurangi timbunan sampah, Anda juga dapat memperoleh barang barang yang bagus dan unik. Bahkan memiliki nai jual.

Itulah beberapa Cara Sederhana Menjaga Kelestarian Alam yang bisa kita lakukan untuk melindungi dan melestarikan Bumi. Menjaga Lingkungan Hidup dari kerusakan yang ditimbulkan oleh ulah manusia pada dasarnya dapat di sembuhkan oleh bumi sendiri. Akan tetapi, kerusakan yang ditimbulkan secara terus menerus, tidak memberi kesempatan Bumi untuk menyembuhkan diri. Oleh karena itu butuh upaya dari manusia untuk bersama sama menjaga lingkungan hidup menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk ditinggali

Baca Juga :  5 Situs Penyedia Gambar Gratis Beresolusi Tinggi