Dalam pembelajaran pendidikan jasmani, guru membawa miniatur lapangan sepak bola. Hal ini sebagai upaya guru

Dalam pembelajaran pendidikan jasmani, guru membawa miniatur lapangan sepak bola. Hal ini sebagai upaya guru

Daftar Isi

Dalam pembelajaran pendidikan jasmani, guru membawa miniatur lapangan sepak bola. Hal ini sebagai upaya guru untuk memberi pengalaman yang lebih konkret kepada siswa-siswa yang tidak pernah mengalami secara langsung seperti apa lapangan tersebut sesungguhnya. Miniatur lapangan sepak bola adalah media dalam bentuk:

A. Obyek nyata
B. Model
C. Kunjungan ke lapangan
D. Materi cetak
E. Audio-visual

Baca Juga :  Jawaban Matematika Ayo Kita berlatih 6.4 Halaman 40 Semester 2

Jawaban

B. Model

Pembahasan

Jika obyek nyata adalah apa yang sesungguhnya, maka model adalah representasi dari obyek nyata tersebut (Heinich, Molenda, dan Russell, 2002). Model adalah juga media yang kerap dijumpai. Sering juga pendidik kita menyebutnya sebagai alat peraga. Jamak kita jumpai guru menggunakan globe untuk merepresentasikan
bumi. Atau menggunakan manekin untuk menyajikan tubuh manusia.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Macam Sumber Energi Alternatif

Ketimbang wujud aslinya, model bisa jadi lebih besar dari obyek sesungguhnya untuk memberikan detail-detail pada obyek atau lebih kecil agar memungkinkan untuk dibawa ke ruang kelas. Pemberian detail atau mengurangkan detail atas suatu obyek sangat dimungkinkan untuk tujuan pembelajaran. Model juga bisa memiliki kesamaan ukuran dengan apa yang direpresentasikan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Siswa Aktif halaman 35 Gambarlah Dahan Pohon Sebanyak Kewajiban Kalian PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Boleh jadi suatu obyek dijadikan model karena sulit untuk menggunakan obyek aslinya; apakah itu terlalu mahal, terlalu berbahaya jika diekspos kepada peserta didik, atau melanggar hukum. Selain itu, ada juga model yang dapat dirangkai untuk membelajarkan bagian-bagian dari keseluruhan obyek atau sebuah proses yang terjadi pada obyek tersebut.