Doa untuk ibu

Doa Untuk Ibu, Cocok Untuk di baca di Hari Ibu

Doa Untuk Ibu, Cocok Untuk Di baca di Hari Ibu – 22 Desember diperingati sebagai hari ibu. Hari spesial untuk ibu kita semua. Salah satu cara bentuk syukur dan kasih kita kepada ibu adalah mendoakan sesuatu yang terbaik untuk ibu kita.

Kali ini kami akan membagikan beberapa contoh doa untuk ibu kita semua, dan sangat cocok dibaca saat hari ibu pada tanggal 22 desember.

Bacaan Doa Untuk Ibu Setelah Sholat

Setiap selesai sholat selayaknya sebagai seorang yang berbakti kepada orang tua adalah mendoakanya. terutama ibu kita. Nah buat yang belum bisa lafads doa Ibu, berikut bacaanya.

Dapat dibaca usai melaksanakan salat, berikut bacaan doanya:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ayo Kita Berlatih 4.4 Matematika Halaman 167 Kelas 8 Nomor 6-10

Artinya, “Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Doa Untuk Ibu Saat Hari Ibu 22 Desember

Dilansir dari nu.or.id, secara khusus ada doa untuk ibu yang dapat dibaca di hari ibu untuk mendoakan ibu kita, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia. Doa di hari ibu ini dikutip oleh Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumiddin terkait doa-doa yang berasal dari Rasulullah SAW dan para sahabat RA.

Berikut bacaan doanya:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيْرًا وَاغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ وَالمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ

Rabbighfir lī wa li wālidayya warhamhumā kamā rabbayānī shaghīran, waghfir lil mu’minīna wal mu’mināti, wal muslimīna wal muslimāt al-ahyā’I minhum wal amwāti.

Artinya, “Tuhanku, ampunilah dan kedua orang tuaku sebagaimana keduanya mengasuhku ketika kecil. Ampunilah orang beriman dan orang Islam baik laki-laki maupun perempuan, yang masih hidup dan yang sudah wafat,” (Imam Al-Ghazali, Ihya’i Ulūmiddīn, [Kairo, Darus Syi’b: tanpa tahun], halaman 578).

Baca Juga :  Kunci Jawaban Energi Alternatif dari Kotoran Sapi

Doa Untuk Ibu Yang Sudah Meninggal

Dapat dibaca ketika ziarah maupun usai melaksanakan salat, berikut doa yang dapat dibaca untuk orang tua yang sudah meninggal:

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Baca Juga :  Jawaban Tugas Menganalisis Kaidah Kebahasaan Teks Proposal

Artinya, “Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Kalau yang sudah meninggal adalah ibu (perempuan), maka lafadz ‘hu’ diganti menjadi ‘ha’ (Allahummagh fir Laha). Dan jika keduanya sudah meninggal, maka lafadz ‘hu’ diganti menjadi ‘huma’ (Allahummagh fi La Humma).

Penutup

Itulah kumpulan doa untuk ibu sangat cocok kita bacakan saat hari ibu besok

Oya buat yang pengin buat ucapan Hari Ibu Lewat Twibbon, sobat bisa langsung kunjungi tautan berikut DOWNLOAD DISINI