Sedikit Cerita Tentang Ferrari Testarossa, Legenda yang Berevolusi

Daftar Isi

Berita Warganet – Sedikit Cerita Tentang Ferrari Testarossa, Legenda yang Berevolusi. Ferrari Testarossa adalah mobil sport bermesin tengah belakang yang diproduksi pada 1984 hingga 1996. Dirakit di pabrik Ferrari di Maranello dan Pininfarina di San Giorgio Canavese. Mobil ini merupakan salah satu mobil ikonik Ferrari yang diproduksi pada 1984-1996.

Namanya merupakan penghormatan kepada Testa Rossa 250 yang legendaris dengan mesin V12 dari era 1950-an.

Seperti Ferrari F40, mobil ini adalah perwujudan dari mobil sport yang harus dimiliki oleh Enzo Ferrari.

Inilah puncak supremasi rekayasa mekanika Ferrari tanpa campur tangan banyak pihak meski saat itu sudah cukup tersedia.

Baca Juga :  All New Honda Civic 2022, Genereasi ke-11 !

Memakai mesin 12 silinder 4,9 liter dan ini merupakan dapur pacu tradisional Ferrari. Saat diluncurkan pada 1984, Ferrari Testarossa menghasilkan 390 tenaga kuda.

Sedangkan kecepatan tertingginya mencapai 290 km/jam. Desainnya adalah karya coachbuilder Pininfarina dan mengambil dasar struktural dari Ferrari 512 BB.

Ferarri Testarossa

Ferrari Testarossa adalah coupe aluminium dua tempat duduk yang ringan dengan lampu depan yang dapat ditarik seperti banyak model sporty di era 1980-an.

Meskipun tidak memiliki fitur keselamatan dan bantuan pengemudi yang modis seperti ABS, lebar trek serta aerodinamisnya menjadikannya mobil sangat unggul di jalanan.

Ferrari Testarosa mengalami evolusi pada 1992. Inilah Ferrari 512 TR  dan tenaganya ditingkatkan menjadi 428 daya kuda.

Baca Juga :  Bugatti Bolide Didapuk sebagai Hypercar Tercantik di Dunia

Sedangkan kecepatan maksimalnya pun melonjak hingga 313 km/jam. Model ini diproduksi hingga 1994.

Versi terbaru Testarosa, Ferrari F512 M  kehilangan lampu depan yang dapat dibuka dan gril yang menutupi lampu belakang.

Tapi, tenaganya naik lagi jadi 440 daya kuda dan mencapai 315 km/jam, lalu diproduksi selama dua tahun, dari 1994 hingga 1996.

Hingga kedatangan Ferrari F40 yang legendaris pada 1987, Testarossa adalah Ferrari paling bertenaga di katalog saat itu dengan varian 288 GTO dan bermesin V8 twin-turbo.

Ferrari Testarossa ini pun diproduksi dalam kuantitas yang banyak, tepatnya 7.177 unit.  Meski sebenarnya tak terbilang banyak juga untuk kategori Ferrari 12 silinder.

Baca Juga :  Review Spesifikasi Lengkap dan Simak Harga McLaren Elva Terbaru!

Ini soal perbandingan. Beberapa model Ferrari ada yang dibuat sangat banyak tapi ada pula yang dalam kuantitas kecil.

Sebut saja Testa D’Oro, yang dirancang untuk memecahkan rekor kecepatan mobil jalan raya. Tak ada rincian jumlah produksinya tapi diyakini jauh lebih sedikit.

Ferrari Testa D’Oro dirilis pada 1991 dan langsung melengserkan Ferrari F40 dengan kecepatan tertinggi 351 km/jam.

Ferrari Testarossa menikmati kesuksesan besar dalam hal popularitas. Mobil ini muncul di lebih dari selusin film, serial televisi, video musik, dan video game.

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Sedikit Cerita Tentang Ferrari Testarossa, Legenda yang Berevolusi yang dipublish pada Februari 19, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait