Hyundai Santa Cruz 2022, Review Spesifikasi dan Harga

Berita Warganet – Hyundai Santa Cruz 2022, Review Spesifikasi dan Harga.Kelas small-truck mendadak kembali menggeliat, salah satunya lewat peluncuran Ford Maverick. Namun, Hyundai yang tak mau kalah turut merilis Hyundai Santa Cruz 2022.

Truk pickup ini dibuat di atas rangkaian kesuksesan perusahaan baru-baru ini, dengan tampilan yang edgy, power melimpah, serta banyak fitur. Bahkan, bisa dibilang versi limited kelas atas merupakan pilihan yang terbaik.

Meski Santa Cruz versi limited dijual dengan harga lebih dari 41.000 dolar AS (sekitar Rp586,7 juta), Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk hal-hal yang Anda butuhkan, kecuali jika Anda menginginkan cat yang lebih mewah.

Peralatan keselamatan aktif canggih seperti Highway Driving Assist hadir sebagai standar, seperti halnya layar sentuh sentral yang lebih besar dengan user interface Hyundai.

Dan yang terpenting, Santa Cruz cukup memenuhi sebagian besar kebutuhan truk Anda.

Statistik Singkat Hyundai Santa Cruz 2022 Limited
Mesin: Turbocharged 2,5 Liter I4
Tenaga: 281 Horsepower / 311 Pound-Feet (421 Nm)
Daya Derek/Muatan: 5.000 / 1.600 Pounds (2.267 kg/725 kg)
Harga Dasar: 23.990 + 1.185 dolar AS Biaya Destinasi
Harga Saat Diuji: 41.100 dolar AS

 

DESAIN: 8/10

  • Warna Eksterior: Blue Stone
  • Warna Interior: Hitam
  • Wheelbase: 20 Inci

Tidak semua orang akan menyukai gaya Santa Cruz. Sama seperti Tucson, Santa Cruz tampil berani, edgy, dan tegas.

Kisi-kisi gril berjenjang adalah titik fokusnya, dengan warna perak yang tumpang tindih untuk menciptakan tekstur anyaman.

Mobil ini juga dilengkapi dengan LED tersembunyi yang terpasang di dasar bumper. Sedangkan lampu depan yang asli diposisikan lebih rendah di fasia.

Kabin seperti SUV dan bak kecil sepanjang empat kaki memang membuat Santa Cruz terlihat lusuh dari samping.

Namun, transisi garis atap miring yang mulus dari kabin ke bak memberikan tampilan yang kohesif, sementara desain lampu dan bumper belakang menciptakan bagian belakang yang bersih.

Sentuhan cat Blue Stone juga menjadi sisi positif, terutama karena tidak memerlukan biaya tambahan.

Roda 20 inci yang menjadi satu-satunya opsi juga terlihat sangat tajam dengan tepi segitiga dan sentuhan dua warna.

Sementara kesan tegas terlihat di bagian luar, tidak demikian halnya dengan bagian dalam. Malah, kabin penumpang pada dasarnya adalah “tiruan” dari interior Tucson. Tapi, itu sama sekali bukan hal yang buruk.

Desain dasbor Santa Cruz menciptakan nuansa kokpit, dengan kemudi palang empat yang terlihat bagus dan terasa nyaman di tangan.

Tak ketinggalan, ada cukup banyak fitur aluminium dan kulit berkualitas tinggi dalam mobil ini.

Satu-satunya hal negatif dari interior mobil ini adalah penggunaan plastik hitam piano yang berlebihan di sekitar sistem infotainment, yang terlihat murahan dan cepat kotor.

Baca Juga :  Toyota Yaris Cross Resmi Terdaftar Hak Paten nya, Ini Dia Harga Yaris Cross 2022

KENYAMANAN: 7/10

  • Kapasitas Penumpang: 5
  • Konfigurasi Tempat Duduk: 2 / 3
  • Kapasitas Kargo: 16,0 Kaki Kubik (453 Liter)

Ruang depan Santa Cruz cukup lapang, dengan ruang kepala depan 40,7 inci dan ruang kepala belakang 40,1 inci.

Sebagai perbandingan, Maverick menawarkan ruang 40,3 inci di bagian depan dan hanya 39,6 inci di bagian belakang.

Akan teteapi, Ford lebih baik dalam hal ruang kaki. Santa Cruz hanya memiliki 41,1 inci ruang kaki depan dan 36,5 inci ruang kaki belakang, sedangkan Maverick punya 42,8 inci di depan dan 36,9 inci di belakang.

Meski demikian, Santa Cruz tetaplah lapang dengan ruang yang cukup untuk berkendara berjam-jam dengan nyaman di kursi pengemudi.

Orang dewasa berpostur rata-rata juga tidak akan kesulitan duduk di bangku belakang, meskipun kursinya tegak lurus.

Versi limited Santa Cruz menawarkan kursi yang berlapis kulit yang meningkatkan faktor kenyamanan dengan dukungan yang cukup, sementara suspensi menyerap benturan dan getaran dengan baik.

Pada interior, Santa Cruz memiliki sistem penyimpanan di baris belakang yang unik.

Terletak di bawah bangku, sistem penyimpanan ini dapat digunakan untuk meletakkan barang yang lebih kecil, seperti peralatan dan ransel.

Sedangkan bak belakang 4,3 kaki milik Santa Cruz berukuran 0,2 inci lebih kecil dibandingkan Maverick.

Namun, tetap saja, masih terasa lapang. Bahkan sebuah pohon Natal berukuran 6 kaki pun muat dengan hanya sedikit penyesuaian.

Penutup tonneau yang terbuat dari logam –yang merupakan bawaan dari versi Limited– dapat dikunci dan ditarik dengan mudah, untuk menyediakan arena penyimpanan yang aman dan kering.

Sementara itu, mobil ini juga mneyediakan kompartemen penyimpanan kedua yang dapat dikunci di dalam bak belakang, dan tangga di sudut bumper memudahkan pengendara untuk mengaksesnya.

Bahkan, kotak kargo ini juga dilengkapi dengan lampu LED, yang memungkinkan pengendara untuk melihat muatan yang diangkut pada malam hari.

TEKNOLOGI DAN KONEKTIVITAS: 7/10

  • Layar Sentral: 10,3 Inci Touchscreen
  • Instrument Cluster Display: 10.3-Inch
  • Wireless Apple CarPlay atau Android Auto: Tidak Ada

Dibungkus dalam layar sentuh 8,0 inci, Santa Cruz versi orisinal menawarkan paket infotainment yang sarat dengan teknologi.

Versi SE dan SEL hadir dengan Apple CarPlay dan Android Auto bawaan, dengan SEL juga turut menawarkan remote start dan wireless charger opsional serta radio satelit.

Sementara itu, versi Limited hadir dengan layar sentral yang lebih besar, 10,3 inci, serta layar digital cluster 10,3 inci. Versi ini juga dilengkapi dengan audio system premium dari Bose, serta beberapa fitur lainnya.

Harus diakui, Santa Cruz memiliki touchscreen yang luar biasa dengan grafis tajam, tata letak yang bersih, serta responsif.

Tapi, seperti produk Hyundai/Kia lainnya yang dirilis belakangan ini, Apple CarPlay dan Android Auto hanya tersedia untuk versi dasar, untuk beberapa alasan.

Tidak adanya tombol volume dan tuning membuat Anda harus mengutak-atik kontrol di kemudi atau fungsi kapasitif sentuh di bawah layar untuk memutar lagu atau mengubah stasiun radio dengan cepat. Jujur, keduanya cukup membuat kikuk karena rumit.

Baca Juga :  Inilah 12 Mobil klasik Jaman Dulu Tercantik Era Tahun 1930-an

Kluster full-digital 10,3 inci memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan hal-hal seperti penghematan bahan bakar, pengaturan audio, dan lain sebagainya, dengan grafis unik untuk setiap mode berkendara.

Misalnya, saat Anda memilih mode Sport, layar ini akan menampilkan grafis merah yang keren untuk menonjolkan sisi agresif.

Namun, Anda diberi kebebasan pula untuk menentukan grafis di layar, terlepas dari mode berkendara yang Anda pilih.

Spesifikasi Hyundai Santa Cruz PERFORMA DAN HANDLING: 6/10

  • Mesin: Turbocharged 2,5 Liter Four-Cylinder
  • Tenaga: 281 Horsepower / 311 Pound-Feet (421 Nm)
  • Transmisi: Dual-Clutch 8 Kecepatan

Konstruksi unibody dari Santa Cruz membuatnya tidak terasa seperti truk dan lebih seperti crossover.

Beberapa penggemar setia truk mungkin akan lebih menyukai sensasi body-on-frame yang disediakan oleh pickup yang lebih besar. Tapi, ketenangan yang dimiliki Santa Cruz patut diacungi jempol.

Body roll yang terbatas, kemudi yang ringan namun responsif, serta suspensi yang mulus membuat Hyundai menyenangkan untuk digunakan berkendara di dalam kota.

Digerakkan oleh mesin turbocharged 2,5 liter empat silinder untuk versi Limited (model SE dan SEL mendapat versi non-turbocharged dari mesin yang sama), Santa Cruz menghasilkan 281 hp dan torsi 311 pound-feet.

Transmisi satu-satunya adalah dual-clutch delapan kecepatan yang dapat dipindahkan dengan cepat, dan sistem all-wheel-drive tersedia baik untuk versi SEL Premium dan Limited.

Santa Cruz terasa sangat bertenaga, dengan tenaga yang cukup untuk dibawa melaju dengan kecepatan jalan raya.

Patut dicatat, mesin ini menghasilkan tenaga 31 hp lebih besar dibanding mesin 2,0 liter milik Maverick.

Saat Ford menawarkan keunggulan powertrain Hybrid opsional yang lebih efisien, tidak ada yang salah dengan pendekatan Hyundai yang relatif kuno: empat silinder kokoh, andal, dan kuat di medan apa pun.

Santa Cruz juga mengungguli Maverick jika digunakan untuk menarik beban. Mesin turbocharged dan sistem all-wheel-drive memungkinkannya menarik beban 5.000 pon, lebih berat dibanding Maverick yang “hanya” 4.000 pon.

Namun, Ford mengalahkan Hyundai dalam jumlah total beban yang dapat diangkut. Jika Santa Cruz dapat membawa beban seberat 1.600 pon, maka Maverick bisa mengangkut 2.000 pon.

KEAMANAN: 9/10

  • Driver Assistance Level: SAE Level 2 (Hands-On)
  • NHTSA Rating: Bintang 5
  • IIHS Rating: Top Safety Pick

Pengereman darurat otomatis dengan fitur pendeteksi pejalan kaki, lane-keep assist, dan rear occupant alert menjadi unggulan di semua versi Santa Cruz.

Model Limited secara khusus menambahkan kamera parkir 360 derajat, pemantauan blind spot, dan Highway Driving Assist berbasis navigasi, ditambah fitur bawaan dari SEL Premium seperti rear-cross traffic alert.

Highway Driving Assist masih merupakan salah satu sistem kendali jelajah adaptif tercanggih yang dijual saat ini.

Itu membuat Santa Cruz dapat melaju di jalurnya dengan sempurna dan mengelola input throttle dan pengereman dengan akurat dan presisi.

Penambahan kamera parkir 360 derajat juga sangat membantu, bahkan untuk ukuran small-truck.

Baca Juga :  Mitsubishi Mirage 2021, Menyajikan Varian Fitur Beragam Dengan Mesin Yang Sama

Mobil ini memberikan pandangan yang luas untuk penbgemudinbya, sehingga pekerjaan membelok ke tempat sempit menjadi mudah.

Fitur pemantauan blind-spot juga merupakan nilai tambah, karena bisa dengan mudah mengenali lalu lintas yang mendatangi.

KONSUMSI BAHAN BAKAR Hyundai Santa Cruz : 5/10

  • Kota: 19 MPG
  • Jalan Raya: 27 MPG
  • Kombinasi: 22 MPG

Dengan mesin turbocharged 2,5 liter empat silinder dan sistem penggerak all-wheel drivem Hyundai Santa Cruz mampu menempuh 19 MPG di kota, 27 MPG di jalan raya, dan 22 MPG di jalur kombinasi.

Sedangkan versi dasar, dengan mesin non-turbocharged dan penggerak roda depan, sedikit lebih baik dengan menempuh 23 MPG kombinasi.

Selama pengujian, yang mencakup perpaduan mengemudi di kota dan jalan raya yang seimbang, Santa Cruz hampir tidak pernah mencapai angka 18 MPG menurut pembacaan pada kluster digital.

Bahkan, rating Santa Cruz sama sekali tidak bisa menandingi Ford dan powertrain-nya yang lebih efisien.

Maverick 2,0 liter mampu mencapai 25 MPG di jalur kombinasi dengan mode all-wheel drive, dan 26 MPG denagn mode penggerak roda depan.

Sedangkan Maverick tipe Hybrid mampu menyentuh angka 37 MPG kombinasi, atau 14 MPG lebih baik dibanding Hyundai Santa Cruz.

Harga Hyundai Santa Cruz : 5/10

  • Harga Dasar: 25.175 dolar AS (sekitar Rp360,4 juta, termasuk 1.185 dolar AS atau sekitar Rp16,9 juta untuk biaya pengiriman)
  • Harga Trim Dasar: 40.905 dolar AS (sekitar Rp585,6 juta)
  • Harga Model yang Dites: 41.100 dolar AS (sekitar Rp588,4 juta)

Harga dasar Santa Cruz SE dimulai dari 25.175 dolar AS (sekitar Rp360,4 juta), termasuk 1.185 dolar AS (sekitar 16,9 juta) untuk biaya pengiriman.

Sedangkan harga Maverick versi dasar “hanya” 21.490 dolar AS (sekitar Rp307,6 juta), termasuk biaya pengiriman sebesar 1.495 dolar AS (sekitar Rp21,4 juta).

Model Limited dibanderol harga 40.905 dolar AS (sekitar Rp585,6 juta). Dealer memberi opsi untuk memasang karpet lantai, yang membuat mobil Limited yang diuji memiliki harga 41.100 dolar AS (sekitar Rp588,4 juta).

Jika dibandingkan dengan Maverick, Santa Cruz jelas lebih mahal. Tapi, Hyundai mengemas model Limited dengan sangat baik, dengan interior, eksterior, dan fitur keselamatan aktif yang disebutkan sesuai standar.

Pengendara juga diberi opsi cat dengan biaya tambahan 400 dolar AS (sekitar Rp5,7 juta), yakni Sage Grey.

Tapi, cat Blue Steel bawaan juga adalah pilihan yang sangat bagus, yang dapat dimiliki tanpa biaya tambahan.

Kecuali Anda benar-benar membutuhkan kemampuan penarik dan pengangkutan seperti pickup ukuran sedang atau besar, harga sekitar 41.000 dolar AS yang dibanderol untuk Santa Cruz terasa sangat masuk akal.

Pickup mungil ini memiliki banyak fitur standar, karakteristik mengemudi yang hebat, dan kualitas truk asli yang cukup.

Jadi, bahkan jika Anda bukan seorang pengemudi truk, Santa Cruz sangat bagus, sehingga bukan tidak mungkin akan menarik Anda untuk membelinya.

Ulasan Kompetitor Santa Cruz

  • Ford Maverick: 9.1 / 10