Jawaban Analisis Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Hikayat Si Miskin

Jawaban Analisis Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Hikayat Si Miskin

Jawaban Analisis Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Hikayat Si Miskin – Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban analisis nilai-nilai yang terkandung dalam hikayat si miskin yang terdapat pada  buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 68 Kurikulum Merdeka.

Jawaban Analisis Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Hikayat Si Miskin Halaman 68

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, baca terlebih dahulu teks Hikayat Si Miskin sehingga sobat dapat menganalisa nilai – nilai yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 4 halaman 145 Sriwijaya IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya mengenai jawaban analisis nilai-nilai yang terkandung dalam hikayat si miskin berikut ini.

Kegiatan 3

Hikayat sebagai bagian dari cerita rakyat tentu tidak lepas dari kehidupan masyarakat. Melalui kehidupan yang diangkat dalam cerita, hikayat menyajikan tak hanya hiburan, tetapi juga nilai-nilai kebaikan yang dapat diambil hikmahnya oleh pembaca. Nilai-nilai tersebut dapat kita lihat dari pola tingkah laku, pola berpikir, dan sikap-sikap tokoh dalam cerita, baik yang dideskripsikan dalam cerita maupun dinarasikan dalam ucapan-ucapan tokoh.

Baca Juga :  Jawaban Pengaturan Rima Pada Puisi Nyanyian Grimis

Nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra, termasuk hikayat, terdiri atas nilai pendidikan, religius, moral, dan nilai sosial.

1. Nilai pendidikan adalah nilai yang berkaitan dengan semangat atau kemauan seseorang untuk terus belajar secara sadar.

2. Nilai religius merupakan nilai yang mengikat manusia dengan Pencipta alam dan seisinya.

3. Nilai moral merupakan suatu penggambaran tentang nilai-nilai kebenaran, kejujuran, dan ajaran kebaikan tertentu yang bersifat praktis.

4. Nilai sosial berkaitan erat antara hubungan individu dan individu lainnya dalam satu kelompok.

Untuk lebih jelasnya, pelajarilah contoh analisis nilai yang terdapat pada cerita Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak berikut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Raja Purnawarman, Panji Segala Raja"

Tabel 3.3 Tabel analisis nilai pada teks “Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak”

NilaiKonsep NilaiKutipan Teks
PendidikanTetap berjuang dalam mencapai tujuanDigambarkan Datuk Mabrur tetap bertapa begitu lama walaupun siang dan malam serta diserang oleh ikan todak.
ReligiusBerdo’a dan bersyukur kepada Tuhan.Ia memohon kepada Sang Pencipta agar diberi sebuah pulau. Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Sang Pencipta, ia menamakannya Pulau Halimun.
MoralMemikirkan masa depan keluarga dan keturunan“Tidak. Aku tak punya keinginan pribadi, tapi untuk masa depan anak-cucuku nanti….” Lalu, Datu Mabrur menceritakan maksud pertapaannya selama ini.
SosialBekerja sama dalam mencapai sebuah tujuan.Kita harus rakat mufakat, bantu membantu, bahu membahu. Setuju?”

Analisislah nilai-nilai yang terkandung dalam Hikayat Si Miskin seperti contoh di atas.

Jawaban :

NilaiKonsep NilaiKutipan Teks
PendidikanHendaklah kita saling tolong menolong dengan sesama.Maka terlalu belas hati sekalian orang pasar itu yang mendengar kata si Miskin. Seperti hancurlah rasa hatinya. Maka ada yang memberi buah mempelam, ada yang memberikan nasi, ada yang memberikan kain baju, ada yang memberikan buah-buahan.
ReligiusPercaya pada Tuhan, karena Tuhanlah yang menentukan nasib manusia.Hatta maka dengan takdir Allah Swt. menganugerahi kepada hambanya. Maka si Miskin pun menggalilah tanah hendak berbuat tempatnya tiga beranak itu. Maka digalinyalah tanah itu hendak mendirikan tiang teratak itu. Maka tergalilah kepada sebuah telaju yang besar berisi emas terlalu banyak.
MoralKita bijaksana dalam menghadapi segala hal dalam hidup iniMaka baharulah hendak beranak seraya berkata kepada istrinya, “Ayo, hai Adinda. Tuan hendak membunuh kakandalah rupanya ini. Tiadakah tuan tahu akan hal kita yang sudah lalu itu? Jangankan hendak meminta barang suatu, hampir kepada kampung orang tiada boleh.” Setelah didengar oleh istrinya kata suaminya demikian itu maka makinlah sangat ia menangis. Maka kata suaminya, “Diamlah tuan, jangan menangis! Berilah kakanda pergi mencaharikan tuan buah mempelam itu, jikalau dapat oleh kakanda akan buah mempelam itu kakanda berikan pada tuan.” Maka istrinya itu pun diamlah.
SosialHendaklah kita saling tolong menolong dengan sesama.Maka terlalu belas hati sekalian orang pasar itu yang mendengar kata si Miskin. Seperti hancurlah rasa hatinya. Maka ada yang memberi buah mempelam, ada yang memberikan nasi, ada yang memberikan kain baju, ada yang memberikan buah-buahan.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan mengenai jawaban analisis nilai-nilai yang terkandung dalam hikayat si miskin yang terdapat pada  buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 68 Kurikulum Merdeka.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :