Jawaban Ayo Kita Berlatih 7.3 Matematika Kelas 8 Semester 2 Bagian Esai

beritawarganet.com – Jawaban Ayo Kita Berlatih 7.3 Matematika Kelas 8 Semester 2 Bagian Esai . Hai Sobat BW! Kali ini beritawarganet berkesempatan membagikan kunci jawaban matematika kelas 8.

Pada kelas 8, sobat BW akan mempelajari unsur-unsur lingkaran dalam mata pelajaran matematika. Kali ini, beritawarganet akan membahas kunci jawaban matematika kelas 8 halaman 91. Pertanyaan ini bisa sobat BW temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 8 semester 2. Pembahasan berikut bisa sobat BW simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah sobat BW kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya!

Jawaban Ayo Kita Berlatih 7.3 Matematika Kelas 8

Simak pembahasan bagian esai nomor 1-5 di sini

6. Buatlah lingkaran A dengan jari-jari tertentu, sedemikian sehingga luasnya sama dengan juring pada lingkaran B dengan sudut pusat dan jari-jari tertentu. Jelaskan

Baca Juga :  Kunci Jawaban Pengayaan halaman 127 Masalah Sosial IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Jawaban :

7.  Diketahui: (1) lingkaran penuh dengan jari-jari r, (2) setengah lingkaran dengan jari-jari 2r. Tentukan manakah yang kelilingnya lebih besar?

Jawaban :

8. Pada gambar di samping adalah dua lingkaran yang konsentris di titik pusat E. Jika m∠1 = 42°, tentukan syarat apa yang harus dipenuhi agar panjang busur AB sama dengan dua kali panjang busur CD.

Jawaban :

9. Bandingkan keliling lingkaran E dengan persegi panjang ABCD pada gambar berikut. Tentukan pernyataan yang benar.

a. Keliling persegi panjang ABCD lebih dari keliling lingkaran E.
b. Keliling lingkaran E lebih dari persegi panjang ABCD
c. Keliling lingkaran E sama dengan persegi panjang ABCD
d. Tidak cukup informasi untuk menentukan perbandingan kelilingnya

Jawaban :

 

 

10. Berikut ini diberikan gambar tiga persegi dengan ukuran sama. Di dalam persegi tersebut dibuat lingkaran sesuai dengan gambar berikut. Daerah di dalam persegi namun di luar lingkaran kita arsir. Di antara gambar berikut tentukan daerah arsiran terluas

Baca Juga :  Jawaban Tugas Menelaah Bagian-Bagian Penting dalam Teks Ceramah

Jawaban :

11. Suatu pabrik biskuit memproduksi dua jenis biskuit berbentuk cakram dengan ketebalan sama, tetapi diameternya beda. Permukaan kue yang kecil dan besar masing-masing berdiameter 7 cm dan 10 cm. Biskuit tersebut terbungkus dengan dua kemasan berbeda. Kemasan biskuit kecil berisi 10 biskuit harganya Rp7.000,00 sedangkan kemasan biskuit besar berisi 7 biskuit harganya Rp10.000,00. Manakah yang lebih menguntungkan, membeli kemasan biskuit yang kecil atau yang besar? Jelaskan alasanmu.

Jawaban :

12. Suatu ketika anak kelas VIII SMP Semangat 45 mengadakan study tour ke Kebun Raya Pasuruan. Guru menugasi siswa untuk memperkirakan diameter suatu pohon yang cukup besar. Erik, Dana, Veri, Nia, dan Ria, berinisiatif untuk menghitung diameter pohon tersebut dengan mengukur keliling pohon. Mereka saling mengaitkan ujung jari seperti terlihat pada gambar. Rata-rata panjang dari ujung jari kiri sampai ujung jari kanan setiap siswa adalah 120 cm. Jika tepat lima anak tersebut saling bersentuhan ujung jarinya untuk mengelilingi pohon tersebut, bisakah kalian menentukan (perkiraan) panjang diameter pohon tersebut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Sikap Toleransi terhadap Keragaman"

Jawaban :

 

 

Penutup

Sekian penjelasan yang bisa BW bagikan. Jangan lupa simak pembahasan-pembahasan lainnya pada unggahan BW yang lain ya sob! Semoga bermanfaat

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan BW tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa sobat BW gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Kunci jawaban pada unggahan BW mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain