Jawaban Mengungkapkan Kritik Lewat Senyuman

Jawaban Mengungkapkan Kritik Lewat Senyuman

Jawaban Mengungkapkan Kritik Lewat Senyuman – Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban memahami teks anekdot sebagai salah satu cara dalam menyampaikan kritik melalui komik berjudul “Yang Penting Keren” yang terdapat pada buku buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 29 Kurikulum Merdeka.

Jawaban Mengungkapkan Kritik Lewat Senyuman halaman 29

Sobat, sebelum masuk dalam pembahasan soal, pahamilah terlebih dahulu mengenai pengertian teks anekdot, sehingga sobat dapat dengan mudah menjawab soal.

Mari simak bersama mengenai jawaban memahami teks anekdot sebagai salah satu cara dalam menyampaikan kritik melalui komik berjudul “Yang Penting Keren”, berikut ini.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Pengayaan halaman 202 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Yang Penting Keren

Gambar 2.1 Komik “Yang Penting Keren”

Pada bab ini kalian akan belajar memahami teks anekdot sebagai salah satu cara dalam menyampaikan kritik dan membuat teks eksposisi berdasarkan hasil penelitian untuk menyampaikan fakta yang terjadi sebagai bahan untuk menyampaikan kritik sosial.

Mendiskusikan dan memahami definisi teks anekdot.

Pernahkah kalian membaca sebuah cerita lucu sekaligus mengandung kritik atas fenomena sosial yang terjadi di masyarakat? Teks seperti itu disebut dengan anekdot. Di balik humor atau kelucuan yang ditampilkan, anekdot memiliki pesan yang diharapkan dapat memberikan pelajaran kepada khalayak. Oleh karena itu, isi cerita sebuah anekdot harus mengangkat tema atau masalah yang benar-benar terjadi dan dirasakan masyarakat.

Baca Juga :  Apa itu Berpikir Komputasional? - Jawaban Lengkap

Anekdot dapat berupa teks tertulis, audio, maupun grafik. Dalam bentuk grafik, teks anekdot salah satunya dapat diungkapkan berupa komik. Perhatikanlah komik “Yang Penting Keren” pada awal bab. Lalu, jawablah pertanyaan berikut dan diskusikan hasilnya dengan teman kalian.

  1. Apa pesan yang ingin disampaikan komikus melalui komik tersebut?
  2. Apakah pesan yang disampaikan sesuai dengan realitas yang terjadi atau hanya imajinasi komikus?
  3. Apakah komikus sudah menyampaikan pesan dengan cara yang menarik?
  4. Jika kalian dapat memberikan masukan kepada sang komikus, hal apa yang akan kalian sampaikan?

Jawaban :

  1. Komikus ingin menyampaikan kepada pembacanya bahwa apa yang terlihat pada foto seringkali tidak sesuai dengan realita kehidupan, bisa jadi yang diperlihatkan hanya pencitraan.
  2. Pesan yang disampaikan sesuai dengan realitas.
  3. Ya, komikus menyampaikan pesan dengan cara yang menarik.
  4. Tidak ada masukan bagi komikus karena telah menyampaikan anekdot dengan baik.
Baca Juga :  Kunci Jawaban "Menemukan Garis Horizontal dan Garis Vertikal"

Kesimpulan

Itulah jawaban yang telah diulas mengenai jawaban memahami teks anekdot sebagai salah satu cara dalam menyampaikan kritik melalui komik berjudul “Yang Penting Keren” yang terdapat pada buku buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 29 Kurikulum Merdeka.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :