Jawaban Pengertian Puisi

Jawaban Pengertian Puisi

Jawaban Pengertian Puisi – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban beberapa pengertian puisi beserta sumbernya yang terdapat pada Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X, Kurikulum Merdeka.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, siapkanlah beberapa sumber yang mendukung, sehingga sobat dapat mudah mencari beberapa pengertian puisi dan sumbernya. Untuk informasi selengkapnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Manfaat Lingkungan

Jawaban Pengertian Puisi Halaman 163

Bandingkan pengertian puisi yang telah kalian rumuskan dengan beberapa sumber  lainnya. Kalian bisa mencari berbagai definisi/ pengertian puisi dari buku-buku di perpustakaan atau melalui beberapa tautan di bawah ini.

a. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/puisi

b. https://id.wikipedia.org/wiki/Puisi#cite_note-1

Tuliskan pengertian puisi tersebut dan sumbernya dalam tabel berikut!

Tabel 6.3 Pengertian puisi

Baca Juga :  Kunci Jawaban Kentang Dapat Menghasilkan Listrik
NoSumberPengertian
1KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
2
3

Jawaban    :

NoSumberPengertian
1KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)Puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.
2WikipediaPuisi merupakan salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya sangat ditentukan oleh irama, rima, serta serta penyusunan larik dan bait.
3HudsonPuisi adalah salah satu cabang sastra yang menggunakan kata-kata sebagai media penyampaian untuk membuahkan ilusi dan imajinasi yang menggambarkan gagasan penyairnya.
4MulyanaPuisi adalah sintesis dari berbagai peristiwa yang tersaring semurni-murninya dan berbagai proses jiwa yang mencari hakikat pengalamannya, tersusun dengan sistem korespondensi dalam salah satu bentuk.
5SemiPuisi adalah sebagai suatu pernyataan yang menyenangkan yang muncul dari suatu kemampuan, penyairnya melihat sesuatu secara antusias dengan jurus yang tepat. Penyair mempertimbangkan secara matang apa yang dilihatnya, kemudian mengungkapkan hasil penglihatannya tanpa terlalu berkecenderungan untuk mempermasalahkannya.
6Ratih MihardjaPuisi adalah seni tertulis ketika Bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya. Puisi adalah sbuah dunia dalam kata. Isi yang terkandung di dalam puisi merupakan cerminan pengalaman, pengetahuan, dan perasaan penyair yang membentuk sebuah dunia Bernama puisi.

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban beberapa pengertian puisi beserta sumbernya  yang terdapat pada Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X, Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ciri Bahasa Iklan

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :