Jawaban Pertanyaan Pemantik Tentang Puisi

Jawaban Pertanyaan Pemantik Tentang Puisi

Jawaban Pertanyaan Pemantik Tentang Puisi – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban pertanyaan pemantik tentang puisi yang terdapat pada Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X, Kurikulum Merdeka.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, apakah sobat mengetahui mengenai puisi ? pada pertanyaan pemantik tersebut dimaksudkan untuk mengetahui seberapa banyak pemahaman sobat mengenai puisi. Untuk informasi selengkapnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Jawaban Pertanyaan Pemantik Tentang Puisi Halaman 159

Gambar 6.1 Kolase penyair ternama

Untuk mendukung pemahaman awal kalian pada pembelajaran kali ini, silakan isi tabel berikut dengan tanda centang (√).

Baca Juga :  ATP Kurikulum Merdeka SMP, File Download

Tabel 6.1 Isian wawasan tentang penyair dan karyanya

Jika kalian sudah mengenal dan mengetahui sosok dan karya-karya yang mereka hasilkan, tentu akan menjadi bekal berharga dalam pembelajaran kali ini. Jika belum mengenal serta belum mengetahui apa saja karya mereka, kalian dapat mulai mendalaminya dalam pembelajaran kali ini.

Sosok-sosok dalam kumpulan foto di atas adalah para penyair terkemuka di Indonesia. Mereka adalah para penulis puisi terbaik yang telah menghasilkan banyak karya berkualitas. Beberapa puisi mereka menarik untuk dipelajari dan dikaji. Dalam bab ini, kalian mempelajari lebih dalam lagi tentang puisi melalui kegiatan menelaah pilihan kata/diksi, menilai efektivitas unsur-unsur puisi, menulis tanggapan terhadap antologi puisi, dan membacakan puisi dengan intonasi dan metode yang sesuai. Dengan berbagai kegiatan pembelajaran tersebut, kalian diharapkan dapat menghasilkan suatu karya dan mengungkapkan ekspresi melalui media puisi.

Baca Juga :  Jawaban Menemukan Nilai yang Terkandung dalam Buku Pengayaan

Pertanyaan Pemantik

1. Apa yang kalian ketahui tentang puisi?

2. Apa yang kalian ketahui tentang unsur-unsur pembentuk teks puisi?

3. Apa ciri-ciri atau karakteristik teks puisi?

Jawaban    :

  1. Puisi adalah karya sastra yang berisi tanggapan serta pendapat penyair mengenai berbagai hal.
  2. Unsur-unsur pembentuk puisi : diksi, bunyi, rima, irama, ragam bunyi, Bahasa puisi, tipografi, isi puisi, imajinasi dan symbol.
  3. Penulisannya terdiri dari bait yang di dalamnya berisi baris-baris, banyak menggunakan banyak gaya Bahasa yang bermakna kiasan, terikat oleh persajakan rima dan irama.
Baca Juga :  Jawaban Modul 1 Apa dan Mengapa Profil Pelajar Pancasila

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban pertanyaan pemantik tentang puisi yang terdapat pada Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X, Kurikulum Merdeka.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :