Jawaban Pertanyaan Teks Puisi Gadis Peminta-Minta

Jawaban Pertanyaan Teks Puisi Gadis Peminta-Minta

Jawaban Pertanyaan Teks Puisi Gadis Peminta-Minta – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban pertanyaan tek puisi Gadis Peminta-Minta yang terdapat pada Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X, Kurikulum Merdeka.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sebaiknya sobat baca dengan seksama puisi tersebut sehingga dapat menjawab pertanyaan di bawah. Untuk pembahasan soal selengkapnya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Jawaban Pertanyaan Teks Puisi Gadis Peminta-Minta Halaman 183

Puisi ditulis penyair atas dasar gagasan pokok atau ide dasar tertentu. Ide atau gagasan pokok tersebut disebut tema. Tema puisi merupakan inti dari makna yang ingin disampaikan penyair. Untuk memahaminya, kalian harus melakukan pembacaan yang mendalam karena tema pada umumnya bersifat implisit atau tersirat. Sekalipun demikian, tema puisi dapat ditelusuri dengan mengenali kata-kata tertentu di dalamnya. Berdasarkan tema tertentu, penyair menyusun kata-kata hingga membentuk puisi yang

utuh. Dengan demikian, susunan kata-kata akan sangat bergantung pada tema yang dipilih penyair.

Beberapa tema yang sering dipilih dalam berbagai puisi di antaranya ketuhanan, patriotisme, kemanusiaan, kritik sosial, keindahan alam, percintaan, persahabatan, dan pendidikan. Sebagai contoh, puisi Abdul Hadi W.M. yang berjudul “Tuhan, Kita Begitu Dekat” di atas mengandung ide dasar atau bertema ketuhanan. Hal ini tergambar dari penggunaan kata-kata seperti Tuhanku/Kita begitu dekat/Sebagai api dengan panas/Aku panas dalam apimu/. Bait tersebut menggambarkan perasaan dekat aku dengan Tuhan seperti api dan panasnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Uji Pemahaman 118 Menganalisis Produk Perundang-undangan PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Tema yang dipilih penyair juga dapat memengaruhi suasana puisi. Suasana adalah hal yang dirasakan dalam jiwa pembaca setelah membaca puisi. Suasana tersebut, misalnya gembira, bahagia, sedih, haru, bimbang, sepi, pasrah, dan sebagainya. Suasana juga berkaitan dengan efek yang ditimbulkan puisi terhadap keadaan batin atau perasaan pembaca. Sebagai contoh, Abdul Hadi W.M. berjudul “Tuhan, Kita Begitu Dekat” yang bertema ketuhanan di atas. Di dalamnya terdapat ungkapan kedekatan aku dan Tuhan dalam analogi /Sebagai api dengan panas/aku panas dalam apimu/ Sebagai api dengan panas/Aku panas dalam apimu/Kita begitu dekat/Seperti angin dan arahnya/. Melalui hal tersebut, pembaca dapat merasakan suasana khidmat, tenang, dekat, dan merasa erat dengan Tuhan.

Untuk lebih memahaminya, berikut ini merupakan puisi “Gadis Peminta-Minta” karya Toto S. Bachtiar. Cermati puisi di bawah ini dan tentukan tema serta suasana yang terkandung di dalamnya!

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas TIK-K10-03 Membuat Diagram Pada PowerPoint Dari Excel

Gadis Peminta-Minta

Karya Toto S. Bachtiar

Setiap kita bertemu, gadis kecil berkaleng kecil

Senyummu terlalu kekal untuk kenal duka

Tengadah padaku, pada bulan merah jambu

Tapi kotaku jadi hilang, tanpa jiwa

Ingin aku ikut, gadis kecil berkaleng kecil

Pulang ke bawah jembatan yang melulur

sosok

Hidup dari kehidupan angan-angan yang

gemerlapan

Gembira dari kemayaan riang

Duniamu yang lebih tinggi dari menara

katedral

Melintas-lintas di atas air kotor, tapi yang begitu kauhafal

Jiwa begitu murni, terlalu murni

Untuk bisa membagi dukaku

Kalau kau mati, gadis kecil berkaleng kecil

Bulan di atas itu, tak ada yang punya

Dan kotaku. ah kotaku

Hidupnya tak lagi punya tanda

Setelah membaca dengan saksama puisi di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!

1. Perasaan apa yang ingin diungkapkan penyair dalam puisi tersebut? Jelaskan!

2. Jelaskan bagaimana nada dan suasana yang terkandung dalam teks puisi di atas!

3. Jelaskan makna dan amanat yang ingin disampaikan penyair melalui puisi tersebut!

4. Pernahkah kalian bertemu dengan gadis kecil peminta-minta? Jelaskan apa yang kalian pikirkan dan rasakan saat bertemu gadis kecil pemintaminta tersebut!

Baca Juga :  Apa itu Mini PC atau Nettop? Penjelasan Lengkap

5. Apa tema teks puisi di atas? Jelaskan bukti atau alasannya!

Jawaban    :

  1. Perasaan yang diungkapkan penyair dalam puisi tersebut adalah perasaan kesedihan dan juga rasa keharuan terhadap gadis peminta-minta.
  2. Nada dan suasana yang terkandung dalam teks puisi tersebut adalah suasana sedih, haru, iba, dan rasa empati terhadap gadis peminta-minta.
  3. Makna dan amanat yang ingin disampaikan adalah dalam kehidupan ini harus saling menghargai tanpa harus memandang status sosial dan dalam hidup ini juga tidak semua orang itu kaya, akan tetapi juga ada yang miskin dan kekuranga.
  4. Pernah, merasa iba dan empati dengan kondisinya itu.
  5. Bertemakan kepedulian sosial, dibuktikan dengan isi puisi menggambarkan perasaan si aku terhadap kehidupan gadis peminta-minta.

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban pertanyaan tek puisi Gadis Peminta-Minta yang terdapat pada Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X, Kurikulum Merdeka.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jawaban Pertanyaan Teks Puisi Gadis Peminta-Minta yang dipublish pada Desember 2, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait