Kunci Jawaban Aktivitas 7 halaman 218 Relasi Persatuan Maluku dan Papua Pada Masa Sultan Nuku IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 7 halaman 218 Relasi Persatuan Maluku dan Papua Pada Masa Sultan Nuku IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Jawaban Kegiatan 2 Hikayat Sa-ijaan dan Ikan Todak

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 218. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang relasi persatuan Maluku dan Papua pada masa Sultan Nuku. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 14 halaman 56 Kebutuhan Hidup IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Aktivitas 7

Bagaimana relasi persatuan Maluku dan Papua pada masa Sultan Nuku? Hubungkan dengan kondisi hubungan persatuan Papua dan daerah-daerah di Indonesia.

Jawaban:

Hubungan relasi antara Maluku dan Papua pada masa Sultan Nuku adalah Sultan Nuku.

Sultan Nuku pernah mengangkat bala tentara laut asal Biak yang dipimpin oleh Gurabesi. Dan Gurabesi diberikan tempat didaerah Raja Ampat. Dia juga disebut sebagai pahlawan bagi orang Papu, terlebih untuk kepulauan Raja Ampat, dimana ia membela bangsanya dari berbagai serangan suku dan bangsa lainnya. Popularitasnya yang dikumpulkan sejak lama membuat dirinya tersohor dimata para bangsawan dan Raja-raja Maluku. Sultan Tidore dianggap sebagai bapak oleh orang-orang Papua . Hubungan antara kondisi persatuan Papua yaitu pada saat itu, Presiden Soekarno membentuk sebuah Provinsi Irian Barat yang beribukota di Soasiu, Tidore. Sultan Tidore saat itu, Zainal Abidin Syah yang didaulat sebagai Gubernur pertama Irian Barat (Papua).

Baca Juga :  5 Sholawat Nabi Muhammad Pembawa Rezeki dan Penenang Hati

Dengan demikian, hubungan relasi antara Maluku dan Papua pada masa Sultan Nuku adalah Sultan Nuku, Sultan Nuku pernah mengangkat bala tentara laut asal Biak yang dipimpin oleh Gurabesi. Dan Gurabesi diberikan tempat didaerah Raja Ampat.

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.

You May Also Like