arti keragaman

Kunci Jawaban “Arti Penting Memahami Keragaman dalam Masyarakat Indonesia”

Daftar Isi

beritawarganet.com – Kunci Jawaban “Arti Penting Memahami Keragaman dalam Masyarakat Indonesia”. Indonesia merupakan negara dengan berbagai keragaman di dalamnya, mulai dari keragaman suku bangsa, adat, budaya, bahasa, agama, dan lain sebagainya. Sobat BW, bagaimana cara kita dalam menanggapi keragaman tersebut?

Baca Juga :  Cara Cek Penerima KIP/PIP 2023, Berapa Besarannya?

Keragaman yang ada hendaknya tidak membuat kita saling membenci, tetapi kita harus memahami keragaman tersebut sebagai suatu kelebihan yang dimiliki masyarakat Indonesia. Bagaimana arti penting memahami keragaman dalam masyarakat Indonesia? Mari kita pelajari bersama.

 

Arti Penting Memahami Keragaman dalam Masyarakat Indonesia

Keragaman masyarakat Indonesia hendaknya kita pahami bersama sebagai kelebihan bangsa Indonesia yang bisa memperkaya khasanah budaya nasional. Kita harus bisa menerima keragaman dalam masyarakat dengan bijaksana. Dan kita hendaknya bisa menjadikan keragaman yang ada sebagai alat untuk mempererat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 3 Penguatan Literasi SD

arti keragaman

Kurang memahami keragaman dalam masyarakat Indonesia dapat menimbulkan dampak negatif bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Beberapa dampak negatif tidak adanya pemahaman atas keragaman dalam masyarakat Indonesia sebagai berikut.

  1. Terjadinya konflik, baik konflik ras, konflik antarsuku, maupun konflik antaragama.

  2. Perpecahan (disintegrasi) bangsa. Perpecahan bangsa ini bisa terjadi karena terdapat konflik sosial dalam kehidupan masyarakat, baik karena perbedaan ekonomi, status sosial, ras, suku, agama, dan hasil kebudayaan.

  3. Memandang masyarakat dan kebudayaan sendiri lebih baik serta merendahkan masyarakat dan kebudayaan lain. Sikap ini dapat mendorong terjadinya konflik antarkelompok.

  4. Semangat nasionalisme berlebihan sehingga menganggap rendah bangsa lain.

  5. Mempersulit pemerintah dalam menetapkan kebijakan pembangunan.

  6. Menghambat usaha pembangunan dan pemerataan sarana dan prasarana.

  7. Kurangnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Dampak negatif tersebut dapat kita hindari. Segenap bangsa Indonesia harus menyadari bahwa keanekaragaman yang ada dalam masyarakat Indonesia telah menjadi identitas kebangsaan yang tumbuh dan berkembang jauh sebelum bangsa ini menjadi satu kesatuan yang utuh, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bhinneka Tunggal Ika yang dicetuskan oleh Mpu Tantular pada abad XIV ini telah menjadi simbol sekaligus menjadi semboyan persatuan bangsa kita sejak dari dahulu, mulai dari Sabang sampai Merauke. Oleh karena itu, kita hendaknya bisa saling menghargai atau bersikap toleran dalam keragaman.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Sikap-sikap Kepahlawanan"

Banyak bentuk tindakan yang mencerminkan sikap toleran dalam keragaman, antara lain sebagai berikut.

  1. Menghargai perbedaan dalam masyarakat, baik perbedaan suku, agama, ras, budaya, maupun golongan.

  2. Hidup berdampingan secara damai dengan orang lain meskipun berbeda suku, agama, ras, budaya, maupun golongan.

  3. Berinteraksi dengan baik tanpa ada sekat perbedaan suku, agama, ras, budaya, dan golongan.

Selain itu, sikap saling menghargai dan toleransi dapat kita tunjukkan dengan menghindari tindakan-tindakan yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Beberapa sikap yang hendaknya kita hindari seperti berikut.

  1. Memaksakan kehendak kepada orang lain.

  2. Acuh tak acuh dan tidak peduli terhadap lingkungan sekitar.

  3. Menonjolkan suku, agama, ras, golongan, dan budaya tertentu.

  4. Mementingkan suku bangsa sendiri atau sikap yang menganggap suku bangsanya lebih baik daripada suku bangsa yang lain.

  5. Cenderung memaksakan kehendak dan berani menempuh tindakan melanggar norma untuk mencapai tujuan.

  6. Mencari keuntungan diri sendiri (mementingkan diri sendiri) daripada untuk kesejahteraan orang lain.

  • Tugas

Tuliskan informasi-informasi penting dari teks “Arti Penting Memahami Keragaman dalam Masyarakat Indonesia”. Jika sudah, bacakan hasil tugasmu di depan Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.

Informasi penting dari teks “Arti Penting Memahami Keragaman dalam Masyarakat Indonesia”

Keragaman masyarakat Indonesia hendaknya kita pahami bersama sebagai kelebihan bangsa Indonesia yang bisa memperkaya khasanah budaya nasional. Kita dilahirkan dengan perbedaan dan keanekaragaman tetapi perbedaan dan keanekaragaman tersebut harus dijadikan sebagai alat untuk mempererat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ketika kita tidak bisa memahami dan meghargai keanekaragaman tersebut dapat berdampak negatif terhadap persatuan dan kesatuan bangsa. Dampak negatif yang mungkin timbul antara lain: konflik dan permusuhan.

Sobat Bw, semua masyarakat Indonesia hendaknya saling memahami berbagai keragaman yang ada di Indonesia. Dengan kita memahami keragaman yang ada, masyarakat akan hidup dengan damai dan saling menghargai satu sama lain.

Semoga bermanfaat ya..

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban “Arti Penting Memahami Keragaman dalam Masyarakat Indonesia” yang dipublish pada Januari 16, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait