usaha yang memanfaatkan SDA
usaha yang memanfaatkan SDA

Kunci Jawaban Jenis Usaha dengan Mengolah SDA

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Jenis Usaha dengan Mengolah SDA. Rasanya sayang sekali jika sumber daya alam yang melimpah di Indoneisa tidak dimanfaatkan dengan baik ya Sobat BW. Sumber daya alam yang melimpah ini dapat kita manfaatkan dan dapat kita jadikan sebagai sumber usaha yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan kita sendiri maupun orang lain. Lalu apa saja jenis usaha yang dapat memanfaatkan sumber daya alam, mari kita cari tahu bersama!

 

Ayo Membaca

Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam

 

Untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat melakukan berbagai usaha. Berbagai kegiatan dan jenis usaha yang dilakukan menghasilkan barang dan jasa. Salah satu jenis usaha di masyarakat yaitu mengolah sumber daya alam dari lingkungan.

 

Kita mengenal berbagai bentuk kegiatan manusia dalam mengolah sumber daya alam untuk mencukupi kebutuhan hidup. Jenis usaha bidang produksi yang bergerak dalam pengolahan sumber daya alam (hewan dan tumbuhan) disebut usaha agraris. Jenis usaha yang termasuk bidang agraris (pertanian dalam arti luas) antara lain persawahan, perkebunan, perhutanan, peternakan, dan perikanan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita"

 

Umumnya, usaha persawahan dan perkebunan dilakukan di daerah perdesaan karena tanahnya masih luas. Namun, sekarang kita dapat melakukan usaha penanaman pada lahan sempit, misalnya dengan cara hidroponik (penanaman dengan media air) atau vertikultur (cara bercocok tanam dengan menempatkan media tanam dalam wadah yang disusun secara vertikal). Tanah pertanian ditanami sayur-mayur, buah-buahan, dan palawija. Lahan pertanian juga dimanfaatkan untuk perkebunan. Tanaman perkebunan di antaranya cengkih, teh, karet, cokelat, tembakau, kopi, dan kelapa sawit.

 

usaha yang memanfaatkan SDA

 

Usaha di bidang peternakan membutuhkan lahan yang luas. Hewan-hewan yang diternakkan antara lain sapi, kambing, domba, itik, dan ayam. Selain itu, ada juga peternakan ulat sutra. Kepompong ulat sutra dapat menghasilkan serat bahan baku kain sutra.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Angsa dan Telur Emas

 

 

Kegiatan pertanian lainnya adalah perikanan. Usaha di bidang perikanan dapat dilakukan di daerah pantai atau bendungan/waduk. Akan tetapi, ada juga usaha perikanan yang memanfaatkan kolam-kolam di lahan persawahan.

 

Ada pula jenis usaha lain yang memanfaatkan secara langsung sumber daya alam. Jenis usaha ini disebut bidang usaha ekstraktif. Dalam bidang usaha ekstraktif, kita hanya mengambil sumber daya alam tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Bidang usaha ekstraktif yaitu berburu, pertambangan, dan penebangan hutan.

 

 

 

Ayo Mengamati

Amatilah aktivitas penduduk sekitarmu yang memanfaatkan sumber daya alam. Lakukan bersama kelompokmu. Buatlah laporan dengan contoh berikut.

1. Perkebunan Sayur

Sumber daya alam yang digunakan: Tanah pekarangan

Hasil usaha: Bayam, tomat, kacang panjang

Manfaat: Bahan pangan keluarga dan untuk dijual

 

2. Ternak sapi perah

Sumber daya alam yang digunakan: Lahan, rumput, dan sapi

Hasil usaha: Susu

Manfaat: Untuk dijual

 

Baca Juga :  Jawaban Diksi Pada Puisi Nyanyian Grimis

3. Petani

Sumber daya alam yang digunakan: Lahan persawahan yang luas

Hasil usaha: Padi/beras, jagung

Manfaat: Bahan pangan dan untuk dijual

 

4. Pengrajin batu bata

Sumber daya alam yang digunakan: Tanah liat

Hasil usaha: Batu bata

Manfaat: Bahan membangun rumah dan untuk dijual

 

5. Tukang kayu

Sumber daya alam yang digunakan: Kayu

Hasil usaha: Meja, kursi, lemari (mebel)

Manfaat: Dijadikan perabotan dan untuk dijual

 

Sobat BW, ternyata begitu banyak manfaat yang dapat kita ambil dari sumber daya alam yang ada di sekitar kita. Selama kita bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada kita bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tapi ingat manfaatkanlah sumber daya alam sewajarnya dan dengan bertanggung jawab agar sumber daya alam yang ada tetap tersedia untuk anak cucu kita.

Semoga bermanfaat ya..