jenis usaha masyarakat
jenis usaha masyarakat

Jenis Usaha Masyarakat Indonesia

Beritawarganet.com – Jenis Usaha Masyarakat Indonesia. Sumber daya yang ada di Indonesia, selain dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari juga dapat dimanfaatkan untu berbagai jenis usaha. Misalnya, manusia dapat memanfaatkan sumber daya alam dari lingkungan dalam usaha pertanian. Bagaimana dengan jenis usaha lain?

 

Jenis Usaha Masyarakat Indonesia

 

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki usaha yang bergerak di bidang pertanian. Selain pertanian, ada bermacam-macam jenis usaha masyarakat Indonesia. Jenis usaha itu ada yang menghasilkan barang dan ada jenis usaha menghasilkan jasa. Berikut beberapa jenis usaha selain pertanian.

 

1. Perindustrian

Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin. Ada industri yang mengolah bahan baku atau mentah menjadi produk olahan. Ada industri yang hanya mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi. Ada pula industri yang mengolah bahan setengah jadi menjadi bahan jadi.

Ada industri besar dan industri kecil. Industri besar menggunakan peralatan, modal, dan tenaga kerja dalam jumlah besar. Industri kecil menggunakan peralatan, modal, dan tenaga kerja dalam jumlah lebih kecil. Contoh industri kecil, antara lain perajin mebel, pembuatan tahu atau tempe, dan perajin keramik. Contoh industri besar antara lain industri baja, industri mobil, dan industri tekstil.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 6 halaman 215 Peran dan Sifat Tokoh Sejarah Lokal IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

 

 

2. Perdagangan

Perdagangan adalah semua hal yang berhubungan dengan kegiatan jual beli. Dalam perdagangan ada perpindahan hak milik. Pedagang membeli barang atau jasa dari suatu tempat pada waktu tertentu, kemudian menjualnya ke tempat lain dengan tujuan memperoleh keuntungan.
Tanpa adanya perdagangan, setiap orang harus memproduksi sendiri segala kebutuhan hidupnya. Dengan adanya perdagangan, produsen menjual hasil produksinya pada konsumen. Barang-barang yang diperdagangkan antara lain bahan makanan, pakaian, hewan, barang elektronika, kendaraan bermotor, dan sebagainya.

 

 

3. Jasa

Jasa adalah segala aktivitas atau manfaat yang ditawarkan kepada orang lain (konsumen). Meskipun tidak menghasilkan barang seperti misalnya industri konfeksi menghasilkan pakaian. Usaha jasa memberikan pelayanan kepada konsumen. Contoh pekerjaan yang menjual jasa adalah guru, pengacara, dokter, montir mobil, jasa keuangan, pemandu wisata, dan sebagainya.

 

 

Ayo Mencoba

Kamu telah membaca teks “Jenis Usaha Masyarakat Indonesia”. Temukan pengertian dan ciri-ciri dari setiap jenis usaha. Tulislah pada peta pikiran berikut.
DI Indonesia, ada 3 jenis usaha yang biasanya dilakukan oleh masyarakat, yaitu kegiatan perindustrian, perdagangan dan juga jasa, Contoh kegiatan perindustrian yaitu Industri migas, contoh perdagangan yaitu toko swalayan dan contoh kegiatan dibidang jasa yaitu guru.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau"

 

jenis usaha masyarakat

Ayo Berdiskusi

Buatlah kelompok besar terdiri atas 10-11 siswa.

1. Jenis usaha apa yang dilakukan keluargamu atau tetanggamu? Apa manfaatnya? 

Nama siswa : Marlina 

Usaha keluarga : Perdagangan Sayur Segar

Manfaat : Memenuhi kebutuhan masyarakat akan sayuran segar

 

Nama Tetangga : Suharti

Usaha Keluarga : Produsen Tahu

Manfaat : Menyediakan tahu sebagai protein nabati.

 

Nama Tetangga : Dadang

Usaha Keluarga : Petani tomat

Manfaat ; Menyediakan tomat untuk sayur

 

Nama Tetangga : Zuhri

Usaha keluarga : Guru

Manfaat : Mencerdaskan anak-anak penerus bangsa

 

2. Selanjutnya, bersama seluruh temanmu di kelas, hitunglah jumlah jenis usaha yang sudah diidentifikasi. 

Pertanian : 17

Peternakan : 5Perikanan : 3

Perkebunan : 11

Perdagangan : 8

Industri : 14

Jasa :27

 

3. Berdasarkan tabel yang telah kamu isi di atas, jawablah pertanyaan pertanyaan ini.

a. Jenis usaha apa yang paling sedikit?

Jenis usaha yang paling sedikit adalah di bidang perikanan

b. Jenis usaha apa yang paling banyak?Jenis usaha yang paling banyak adalah di bidang jasa

c. Apa kesimpulan kalian?

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki usaha yang bergerak di bidang jasa. Selain bidang jasa, ada bermacam-macam jenis usaha masyarakat Indonesia. Jenis usaha itu ada yang menghasilkan barang dan ada jenis usaha menghasilkan jasa.

 

Baca Juga :  Sistem Operasi Bertanggung Jawab Mengelola Keamanan

Ayo Menulis

Dari kegiatan di atas, kamu mengetahui keragaman sosial di tempat tinggalmu, yaitu keragaman jenis usaha yang dilakukan oleh warga/masyarakat. Bagaimana sikapmu atas keragaman tersebut? Tulislah dalam tabel berikut.

Sikapku terhadap keragaman jenis usaha warga masyarakat di sekitarku

Sikap kita terhadap keragaman jenis usaha warga masyarakat di sekitarmu adalah membangun sikap positif dengan cara:

Menghargai dan menerima adanya keragaman usaha yang diciptakan masyarakat

Memandang keragaman usaha adalah wujud kreatifitas masyarakat sekitar kita

Menganggap keragaman usaha warga masyarakat adalah dorongan bagi kita untuk lebih baik

Menciptakan persaingan yang bersih untuk mendorong kemajuan di masyarakat sekitar

 

Sobat BW, sama seperti keragaman kebudayaan di Indonesia begitu pula dengan jenis usaha yang dilakukan oleh masyarakatnya sangat beragam dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Setiap daerah memiliki sumber daya alam yang berbeda, sehingga jenis usaha yang dilakukanpun akan berbeda.

Masyarakat yang berada di daerah pedesaan dengan sumber daya lahan yang luas akan menjadi petani, sedangkan masyarakat yang tinggal di daerah pesisir dengan sumber daya lautnya akan menjadi seorang nelayan. Semua jenis usaha memiliki tujuan yaitu melengkapi kebutuhan manusia.

Semoga bermanfaat ya..