cotoh campuran homogen dan heterogan

Kunci Jawaban 4 Ciri-Ciri Campuran

Daftar Isi

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban 4 Ciri-Ciri Campuran. Sobat BW, kalian tentu sudah sering melihak iklan sirop di televisi amupun internet ya. Iklan sirop dibuat semenarik mungkin sehingga kita sebagai konsumen teratik untuk meminumnya juga. Tahukah kamu bahwa sirop merupakan salah satu contoh zat campuran, lebih tapatnya adalah campuran homogen.

 

Enam gelas sirop dingin dan satu gelas kopi panas beserta makanan kecil telah selesai ibu siapkan. Ibu memanggil Siti untuk membantu membawa ke teman-teman Siti dan ayah. Siti segera membantu ibu menghidangkan minuman dan makanan kecil untuk ayah dan teman-temannya. Ayah, Siti, dan teman-temannya menikmati hidangan yang disajikan Siti dan ibunya. Tidak lupa teman-teman Siti mengucapkan terima kasih kepada Siti dan ibunya.

 

Masih ingatkah kamu air sirop dan air kopi termasuk materi campuran? Tentu kamu masih ingat bukan? Termasuk campuran heterogen atau campuran homogenkah air sirop dan air kopi? Ayo amati kembali.

 

1. Air sirop merupakan campuran atas tiga materi atau zat benda tunggal, yaitu air mineral, gula, dan sari buah (tergantung rasanya). Perhatikan campuran ketiga zat tersebut. Setelah dicampur menjadi air sirop, ketiga zat (air mineral, gula, dan sari buah) tidak dapat dipisah pisah lagi. Artinya, ketiga zat telah tercampur sempurna. Jadi, air sirop termasuk materi campuran homogen.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Frederich Silaban, Sang Arsitek"

 

campuran homogen

 

2. Air kopi bubuk merupakan campuran atas tiga materi atau zat benda tunggal yaitu air mineral, gula, dan serbuk kopi. Perhatikan campuran ketiga zat tersebut! Setelah dicampur menjadi air kopi, antara air dan kopi masih bisa dipisahkan. Bubuk kopi yang sudah tercampur air memisahkan diri di dasar gelas. Artinya, zat-zat penyusun air kopi tidak tercampur secara sempurna. Jadi, air kopi termasuk materi campuran heterogen.

 

campuran heterogen

 

Berdasarkan ciri-ciri campuran, baik campuran homogen maupun campuran heterogen dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut.

Ciri-Ciri Campuran

1. Campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.

2. Campuran dapat dipisahkan menjadi zat-zat penyusunnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 3.1 halaman 59 dan 60 Kimia Hijau IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

3. Perbandingan massa zat-zat penyusunnya tidak tetap.

4. Sifat campuran sama dengan sifat zat-zat penyusunnya.

 

Ayo Berdiskusi

Kamu telah memahami komponen penyusun campuran. Pada dasarnya, komponen penyusun campuran bisa berupa campuran unsur dengan unsur, unsur dengan senyawa, dan senyawa dengan senyawa. Pernahkah kamu membuat minuman susu? Ketika membuat minuman susu kita mencampurkan susu bubuk dengan air panas. Setelah itu diaduk secara merata sehingga susu bubuk yang awalnya berwujud padat menjadi tidak terlihat. Susu bubuk yang telah bercampur dengan air dinamakan campuran. Jadi, campuran dapat didefinisikan sebagai materi yang terdiri atas dua jenis zat atau lebih.

Sekarang, coba kamu tuliskan beberapa jenis campuran (kamu bebas menentukan jenis campurannya). Selanjutnya, identifikasi komponen penyusun campurannya dan tuliskan pula sifat-sifat atau ciri-ciri campuran tersebut.

 

Jenis campuran : Air Sirop

Komponen penyusun campuran: Air mineral, gula, dan sari buah

Sifat campuran: Campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.

Jenis campuran : Air Kopi

Baca Juga :  Jawaban Pertanyaan Teks Puisi Gadis Peminta-Minta

Komponen penyusun campuran: Air, gula, dan kopi

Sifat campuran: Campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa. Sifat campuranya adalah heterogen

 

Jenis campuran : Susu Kental Manis

Komponen penyusun campuran: Air, gula, dan susu kental manis

Sifat campuran: Campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa. Sifat campuranya adalah homogen

 

Jenis campuran : Jus Mangga

Komponen penyusun campuran: Air, gula, dan buah mangga

Sifat campuran: Campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa. Sifat campuranya adalah heterogen

 

Jenis campuran : Air Aki

Komponen penyusun campuran: Air dan asam sulfat

Sifat campuran: Campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa. Sifat campuranya adalah homogen

 

Nah Sobat BW, jadi itulah ciri-ciri campuran yang sudah dipaparkan yaitu Campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa, campuran dapat dipisahkan menjadi zat-zat penyusunnya, perbandingan massa zat-zat penyusunnya tidak tetap, dan sifat campuran sama dengan sifat zat-zat penyusunnya.

Semoga bermanfaat ya..