Triyono
Triyono

Kunci Jawaban “Kesuksesan Peternak Muda dari Malang”

beritawarganet.com – Kunci Jawaban “Kesuksesan Peternak Muda dari Malang”.

“Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang (Ir. Soekarno)”.

Pernahkan Sobat BW mendengar kalimat bijak yang disampaikan oleh Presiden pertama Indonesia?

Kalimat tersebut mengajak kita semua untuk berusaha, bekerja keras, dan pantang menyerah dalam meraih cita-cita. Mari kita simak cerita Beni dan Made yang menemukan artikel tentang kesuksesan seseorang yang menjadi peternak muda.

Beni berjalan beriringan dengan Made. Made tertarik dengan sebuah gulungan koran anak yang dibawa Beni.

“Apa yang kamu bawa, Ben? tanya Made.

Aku ingin menunjukkan sebuah artikel di koran ini kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil tersenyum.

“Artikel tentang apakah itu, Ben? Aku jadi penasaran!” kata Made tidak sabar.

“Ini tentang seorang pemuda yang berani, kawan! Walaupun masih muda, ia telah menjadi peternak dan pengusaha yang hebat!” kata Beni bangga.

“Wah! Hebat! Bolehkah aku membacanya sekarang?” pinta Made tidak sabar.

“Hanya untuk kawanku, kau boleh membacanya sekarang sebelum aku memberikannya kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil mengulurkan gulungan koran anak tersebut kepada Beni.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1 halaman 3 Silsilah Keluarga IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Apakah kamu juga ingin tahu isi artikel yang dibawa Beni?

Yuk, kita baca bersama!

Ayo Membaca!

Bacalah artikel berikut dengan saksama!

Peternak Muda dari Malang

Triyono

Menjadi pengusaha di usia muda, mungkin bukan tujuannya. Ia hanya ingin membangun usaha mandiri seusai kuliah. Seorang pemuda bernama Triyono merintis usaha peternakan bebek potong sejak tahun 2006 dengan modal seadanya. Berbekal ilmu peternakan yang didapatnya dari tempat ia belajar di Universitas Sebelas Maret, ia memulai usahanya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ayo Kita Berlatih 7.2 Matematika Kelas 8 Semester 2

Usaha peternakan bebek potong ia kembangkan hingga pada tahun 2007 ia mendapat inspirasi baru. Ketika melihat hewan-hewan kurban, ia berpikir untuk mulai membangun sebuah peternakan sendiri. Untuk mendapatkan dana, ia membentuk sebuah kelompok bersama dan mengumpulkan dana dari teman-teman semasa kuliah.

Setahun kemudian, Triyono berhasil memiliki sebuah lahan. Meski lahan itu tak terlalu besar, ia dapat membangun beberapa kandang untuk mulai beternak ayam dan sapi. Setelah usahanya berjalan, setahun berikutnya, ia mengembangkan usahanya untuk membangun peternakan dan pemotongan ayam.

Usaha Triyono kian membesar. Kini ia telah memiliki usaha ternak ayam, bebek, sapi berikut pemotongannya. Ia pun mengolah limbah peternakannya untuk dijadikan pupuk. Meskipun kini usahanya kian membesar, ia tidak cepat puas. Ia bermimpi bisa memenuhi pasokan daging sapi di Jakarta yang saat ini masih impor dari luar negeri.

Sumber: www.economy.okezone.com dengan penyesuaian.

Baca Juga :  Jelaskan Kalimat Langsung dan Kalimat Tak Langsung dengan Contohnya! Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Halaman 64 Kurikulum Merdeka

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan artikel!

1. Siapakah Triyono?

Triyono adalah seorang peternak muda yang berasal dari Malang

2. Apa saja yang telah dilakukannya untuk menjadi pengusaha?

ia membentuk sebuah kelompok bersama dan mengumpulkan dana dari teman-teman semasa kuliah untuk membangun sebuah peternakan sendiri

3. Kendala apa sajakah yang dihadapinya?

Triyono mengumpulkan dana untuk membangun peternakannya dengan membentuk sebuah kelompok bersama dan mengumpulkan dana dari teman-teman semasa kuliah

4. Apakah mimpinya?

Ia bermimpi bisa memenuhi pasokan daging sapi di Jakarta yang saat ini masih impor dari luar negeri

 

Sobat BW kesuksesan tidak datang kepada orang-orang yang malas dan tidak mau berusaha. Dengan bekerja keras dan pantang menyerah kita akan semakin dekat dengan apa yang kita cita-citakan. Ketika Sobat BW gagal, bangkit lagi dan mulai lagi dari awal. Jangan mudah putus asa ya.

Semoga bermanfaat..