Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 105 Pemuaian SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian halaman 105 Pemuaian SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Jawaban Dari Bagaimana Hubungan Antara Keragaman Suku dan Agama Anggota BPUPK Terhadap Pembentukan Dasar Negara Indonesia?

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 105. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Pemuaian. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Tuliskan dan jelaskanlah salah satu pemanfaatan fenomena pemuaian lainnya yang dapat kalian temukan di rumah/di sekolah.

Jawaban:

Pemanfaatan Fenomena Pemuaian

a. Rel kereta api

Trek yang berfungsi sebagai trek selalu dipasang secara berkala. Pemasangan rel tidak pernah ketat, karena bahan padat yang membentuk rel kertas dapat mengembang. Mengencangkan rel berisiko membengkokkannya dan membahayakan kereta yang lewat.

Saat suhu naik di siang hari, trek memanjang. Saat mengembang, relnya menjadi lebih panjang dan lebih lebar, dan relnya lebih rapat di siang hari.

b. Jendela kaca

Kaca jendela bekerja dengan prinsip yang sama seperti rel kereta api. Saat memasang kaca jendela, akan selalu ada celah di bingkai jendela. Pada suhu tinggi, kaca mengembang dan berubah ukuran, sehingga mendekati bingkai jendela. Kaca jendela kembali ke ukuran aslinya ketika suhu berubah dari tinggi ke rendah. Proses pemuaian kaca jendela bersifat sementara dan dipengaruhi oleh kenaikan suhu lingkungan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Sangita Lachman, Guru Anak Berkebutuhan Khusus"

c. Kabel listrik

Kabel listrik selalu diletakkan dari satu kutub ke kutub lainnya. Memperhatikan hal ini, peletakan kabel listrik selalu dilakukan dengan koneksi yang longgar di antara mereka. Peletakan longgar adalah untuk menjaga kabel agar tidak patah pada suhu rendah.

d. Hubungkan dua pelat logam

Dua pelat logam bergabung dengan paku keling. Dua pelat dibor dan dihubungkan dan paku keling panas dipasang. Saat kuku mendingin, kuku akan menyusut dan menyatukan dua lembaran logam. Lokasi konstruksi

Cara objek meregang dan berkontraksi sudah dikenal oleh para profesional konstruksi. Bahan elastis sering digunakan untuk jalan, jembatan, dan bangunan. Jalan yang retak dan rusak sering terjadi pada musim kemarau karena panas dan aspal yang mengelupas.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Proyek halaman 121 Lima Lambang Unsur LTJ (Logam Tanah Jarang) IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

2. Perhatikan Tabel 3.2.

Jika sebuah bimetal dibuat dari bahan tembaga dan kuningan, gambarkanlah kemana kelengkungan lempeng bimetal tersebut.

Jawaban:

Koefisien muai panjang tembaga = 0,000017/⁰C
Koefisien muai panjang kuningan = 0,000019/⁰C

Karena koefisien muai panjang kuningan lebih besar dari pada tembaga, maka pertambahan panjang kuningan lebih besar dari tembaga. Logam kuningan mendesak logam tembaga, sehingga bimetal akan melengkung ke arah logam dengan koefisien muai yang lebih kecil.

3. Carilah informasi lebih jauh tentang festival lomba balon udara yang dilaksanakan tingkat internasional. Apa sajakah kategori sebuah balon udara dinyatakan sebagai pemenang? Tuliskanlah gagasan kalian agar balon udara yang kalian buat dapat menjadi juara.

Jawaban:

Dalam kompetisi balon udara biasa, pilot bersaing untuk melihat seberapa akurat mereka dapat memindahkan balon mereka ke sasaran. Balon hanya bergerak ke atas dan ke bawah, tidak ke samping, sehingga pilot harus menyesuaikan pembakar untuk memaksa balon bergerak mengikuti angin.

Setiap jenis kompetisi balon disebut tugas. Ada sekitar 20 tugas, yang sebagian besar adalah kompetisi akurasi, jarak, dan kecepatan. Tugas yang dilakukan dalam festival ini bergantung pada banyak faktor, termasuk cuaca dan penyelenggara festival.

 

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.