kebudayaan nasional
kebudayaan nasional

Kunci Jawaban Memajukan Kebudayaan Nasional

Daftar Isi

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Memajukan Kebudayaan Nasional. Persamaan hak dan kewajiban antara golongan pria dan wanita dalam bidang tertentu merupakan salah satu bentuk penerapan nilai-nilai Sumpah Pemuda dan Kongres Perempuan Indonesia. Sobat BW dalam melakukan kegiatan demi kepentingan bangsa dan negara, setiap golongan memiliki hak dan kewajiban yang sama. Alasan-alasan yang bersifat kedaerahan, keagamaan, kesukuan, dan golongan harus dikesampingkan dengan tetap menghormati dan menghargai adanya perbedaan. Sikap tersebut juga berlaku dalam bidang kebudayaan.

 

Tahukah Kamu?

Kebudayaan nasional merupakan hasil dari akal budi seluruh bangsa Indonesia yang terdiri atas beragam suku bangsa. Bahkan, kebudayaan nasional juga diatur dalam UUD 1945, bahwa “pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia”. Dengan demikian, perkembangan dan pelestarian kebudayaan nasional menjadi tanggung jawab seluruh bangsa Indonesia. Mengembangkan dan melestarikan kebudayaan daerah merupakan salah satu caranya karena kebudayaan daerah merupakan akar dari kebudayaan nasional.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Pesan Apakah yang Ingin Diberikan Oleh Pembuat Infografik ini? Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Halaman 75 Kurikulum Merdeka

 

Upaya-upaya pengembangan dan pelestarian kebudayaan nasional yang lain adalah sebagai berikut.

1. Secara terus-menerus diadakan kegiatan pengenalan dan penyebaran budaya nasional kepada masyarakat.

2. Kegiatan penggalian situs-situs bersejarah dan pemeliharaan temuan-temuan sejarah harus senantiasa digalakkan.

3. Pengembangan budaya daerah dan nasional melalui pendidikan dan pengajaran, misalnya menjadikan bahasa dan kesenian daerah sebagai mata pelajaran muatan lokal wajib di sekolah-sekolah.

Baca Juga :  Jawaban Mencari Kata Penanda Urutan Waktu Dalam Teks Biografi Mohammad Hatta

4. Senantiasa dikembangkan sikap menghormati kebudayaan sendiri dan kebudayaan daerah lain.

5. Mengenal dan mempelajari kebudayaan sendiri yang merupakan warisan leluhur.

 

Ayo Berlatih

Ayo, tunjukkan sikapmu terhadap pernyataan-pernyataan pada tabel berikut. Kerjakan sesuai pemahaman konsepmu mengenai penerapan nilai-nilai Sumpah Pemuda dan keragaman di Indonesia.

Ayo Berdiskusi

Buatlah satu kelompok belajar. Catatlah keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Kemudian, diskusikan dengan kelompokmu, bagaimana cara kelompokmu menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

 

Hasil diskusi ditulis pada selembar kertas dan serahkan kepada guru untuk kemudian didiskusikan secara bersama dalam satu kelas. Buatlah seperti tabel berikut!

Baca Juga :  Jawaban Menemukan Fakta dan Opini dalam Artikel

 

kebudayaan nasional

 

Keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di Indonesia patut kita jaga kelestariannya dan sudah sepatutunya kita bangga dengan keragaman tersebut. Sebagai warga negara Indonesia kita memiliki kewajiban untuk berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada. Sobat BW apa saja upaya yang dapat kita lakukan untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada?

Ada berbagai macam upaya yang dapat kita lakukan, antara lain: mempelajari kesenian dan kebudayaan daerah lain, menghormati adat kebiasaan suku bangsa lain, tidak membeda-bedakan suku dan asal dalam berteman, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat ya..