perubahan wujud benda mencair
perubahan wujud benda mencair

Kunci Jawaban Mengamati Perubahan Wujud Benda

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Mengamati Perubahan Wujud Benda. Kalor didefinisikan sebagai energi panas yang dimiliki oleh benda. Kalor memiliki peran dalam pebubahan wujud benda hlo Sobat BW. Bagaimana kaloe dapat berperan dalam perubahan wujud benda? Mari kita ikuti cerita Budi dan ayahnya!

 

Beni dan ayahnya di kebun cengkih milik Pak Rudi.

 

Beni : “Ayah, tadi sewaktu kita datang, di daun-daun cengkih dan rerumputan, terdapat titik-titik air. Ke mana perginya titik-titik air itu? Mengapa sekarang tidak ada lagi?”

 

Ayah : “Itu namanya embun. Tadi, ketika kita datang, masih pagi. Jadi, masih banyak kita jumpai embun di dedaunan. Sekarang sudah siang, embun embun itu menguap terkena panas sinar matahari.”

 

“Peristiwa ini disebut penguapan. Proses penguapan embun terjadi dengan bantuan energi sinar matahari dan angin. Akibat panas dari sinar matahari, air menguap menjadi uap air.”

Baca Juga :  Jawaban Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Negosiasi

 

Beni : “Oh, begitu.”

 

Ayah : “Energi panas atau kalor memiliki peran utama dalam proses penguapan tersebut. Energi panas dapat mengubah suhu benda dan dapat mengubah wujud benda.”

 

 

Ayo Mencoba

Untuk menyelidiki bahwa kalor dapat menyebabkan perubahan wujud benda, lakukan percobaan berikut!

 

Percobaan Mengamati Perubahan Wujud Benda

 

Tujuan

Mengamati Perubahan Wujud Benda

 

Alat dan Bahan

1.Es Batu

2. Mangkuk

3. Palu/marti

 

Cara Kerja

1. Siapkan alat dan bahan.

2. Pecahkan es hingga berukuran kecil-kecil.

3. Letakkan beberapa potong es di mangkuk.

4. Letakkan es tersebut di bawah panas terik matahari.

5. Biarkan es selama lima menit.

6. Amatilah perubahan pada es.

 

 

perubahan wujud benda mencair

 

 

Simpulkan hasil percobaanmu. Tuliskan pada kolom berikut.

Kesimpulan hasil percobaan

Es batu yang diletakkan dibawah panas terik matahari akan meleleh karena energi panas dari matahari merambat secara radiasi ke es, dan memanaskan es tersebut sehingga sampai titik cair air (0 derajat celcius) dan es akan meleleh menjadi air yang cair

 

Baca Juga :  Mengenali dan Menyadari Keragaman Identitas

 

Peristiwa perubahan wujud benda padat menjadi benda cair karena adanya pemanasan disebut mencair. Contoh lain peristiwa mencair sebagai bentuk perubahan wujud benda karena kalor atau panas adalah sebagai berikut:

 

1. Mentega dipanaskan.

2. Logam dipanaskan pada suhu tinggi.

3. Lilin dipanaskan.

 

Ayo Berlatih

Untuk menyelidiki terjadinya peristiwa mencairnya suatu benda yang disebabkan oleh kalor atau panas, lakukan percobaan memanaskan mentega di atas kompor. Berhati-hatilah saat melakukan percobaan menggunakan kompor. Tuliskan prosedur percobaan seperti berikut.

Judul Percobaan:

Menyelidiki terjadinya peristiwa mencairnya suatu benda

 

Tujuan:
Membuktikan peristiwa mencair suatu benda

 

Alat dan Bahan:

1.Teflon

2. Kompor

3. Mentega

 

Baca Juga :  Pada abad ke 19, Olimpiade modern kembali dihidupkan kembali dengan pelopor seorang bangsawan Perancis yang bernama

Langkah Kerja:

1. Potong Mentega.

2. Masukkan mentega ke dalam teflon.

3. Panaskan mentega pada api kecil.

4. Biarkan mentega selama lima menit.

6. Amatilah perubahan pada mentega.

 

Kesimpulan:

Mentega apabila dipanaskan, akan mencair. Tetapi yang menjadi dasar adalah perantaranya. Bila perantara pemanasan mentega adalah penggaris besi, sendok logam, panci, dan lain sebagainya, mentega dapat mencair

 

Banyak peristiwa di sekitar kita yang menunjukkan perubahan wujud benda karena kalor. Bahkan, di sekitar rumah, Sobat BW akan menjumpai peristiwa itu. Sesuatu yang sangat kuat seperti besi pun akan meleleh jika dipanaskan hlo Sobat BW. Tetapi kalor/panas yang yang digunakan harus memiliki suhu yang tinggi agar dapat membuat besi tersebut meleleh. Dalam melakukan percobaan perubahan wujud benda menggunakan kalor dari kompor atau api Sobat BW harus hati-hati ya dan selalu minta bantuan dari orang yang lebih dewasa.

Semoga bermanfaat..