Pengertian Materi, Zat Tunggal, dan Zat Campuran
Pengertian Materi, Zat Tunggal, dan Zat Campuran

Kunci Jawaban Pengertian Materi, Zat Tunggal, dan Zat Campuran

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Pengertian Materi, Zat Tunggal, dan Zat Campuran. Sobat BW, air merupakan zat tunggal karena tidak memiliki campuran di dalamnya. Tetapi berbeda ketika air tersebut sudah ditambahkan sirup, kopi, maupun gula. Air tersebut sudah menjadi zat campuran.

 

Kali ini Udin dan teman-temannya menggambar produk yang diiklankan melalui televisi. Ada berbagai macam produk yang mereka gambar. Produk apa saja yang mereka gambar? Mari kita cari tahu bersama.
Udin dan teman-temannya selesai menggambar benda menarik yang diiklankan melalui televisi. Secara kebetulan Udin, Siti, dan Edo sama sama menggambar minuman. Udin menggambar air putih yang dikemas dalam botol. Siti menggambar minuman ringan manis. Edo menggambar secangkir kopi. Gambar mereka cukup bagus.

 

Ayo Mengamati

Amatilah gambar hasil karya Udin, Siti, dan Edo berikut ini!

1. Air mineral dalam kemasan botol yang digambar Udin.

Air mineral merupakan materi berbentuk cairan. Air mineral termasuk zat tunggal yang berupa senyawa. Air mineral tidak memiliki rasa dan bau. Air sangat penting bagi kehidupan manusia. Manusia membutuhkan 8 liter air mineral dalam satu hari satu malam. Air mineral “AQUADA” membantu kita mencukupi kebutuhan tubuh akan 8 liter air.

 

2. Minuman ringan manis yang digambar Siti

Minuman ringan manis sama dengan air mineral. Minuman ringan manis adalah materi yang berbentuk cairan. Akan tetapi, minuman ringan manis bukan zat tunggal, minuman ringan manis merupakan zat campuran homogen.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Contoh Makanan Khas Daerah di Indonesia"

 

3. Secangkir Kopi tumbuk yang digambar Edo.

Secangkir kopi sama dengan minuman ringan. Secangkir kopi adalah materi yang berbentuk cairan dan merupakan zat campuran. Akan tetapi, secangkir kopi tumbuk bukan zat campuran homogen seperti minuman ringan manis, melainkan zat campuran heterogen.

 

Kamu telah memahami tentang materi, zat tunggal, dan zat campuran. Apa sebenarnya materi, zat tunggal, dan zat campuran itu?

 

Pengertian Materi, Zat Tunggal, dan Zat Campuran

 

1.Materi

Materi adalah setiap objek atau segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Banyak jenis materi di lingkungan sekitarmu. Misalnya air, batu, pasir, tanah, kayu, besi, emas, plastik, dan oksigen atau udara. Materi yang banyak jenisnya tersebut dapat dikelompokkan menjadi benda padat, cair, dan gas. Berdasarkan komponen penyusunannya, materi dibedakan atas zat tunggal dan campuran.

2. Zat tunggal

Zat tunggal atau disebut zat murni adalah zat yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau materi. Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.

a. Unsur adalah zat kimia yang tak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih sederhana. Ada dua jenis unsur, yaitu unsur logam dan nonlogam. Contoh unsur logam adalah perak, besi, emas, dan platina. Adapun contoh unsur nonlogam antara lain hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon.

b. Senyawa adalah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur. Contoh unsur senyawa adalah garam, air, dan gula.

3. Zat campuran

Zat campuran adalah zat yang komponen penyusunnya terdiri atas dua atau lebih zat atau materi. Berdasarkan sifatnya, zat campuran terdiri atas zat campuran homogen dan zat campuran heterogen.

Baca Juga :  Kunci Jawaban 4 Ciri-Ciri Campuran

a. Zat Campuran Homogen adalah campuran yang terdiri atas dua materi atau zat yang dapat menyatu secara merata. Contoh campuran homogen antara lain sirop (campuran gula, pewarna, dan air), larutan oralit (campuran air dan garam), dan udara (campuran gas-gas).

b. Zat Campuran Heterogen adalah campuran yang terdiri atas dua zat atau materi berbeda yang tidak dapat menyatu secara sempurna. Contoh campuran heterogen antara lain air kopi tumbuk, air dengan tanah, dan air dengan minyak.

 

Ayo Berlatih

Buatlah kesimpulan tentang materi berdasarkan uraian di atas. Buatlah kesimpulan dalam bentuk bagan tentang materi lengkap dengan jenis materi berdasarkan komponen penyusunnya beserta contohnya.

Bentuk bagan seperti contoh berikut.

 

Pengertian Materi, Zat Tunggal, dan Zat Campuran

Ayo Mencoba

Kamu telah mengetahui adanya zat campuran homogen dan zat campuran heterogen. Apakah kamu sudah bisa menuliskan perbedaan antara campuran homogen dan campuran heterogen? Coba sekarang lakukan percobaan di bawah ini. Selanjutnya, berdasarkan hasil percobaanmu tuliskan perbedaan perbedaan antara zat campuran homogen dan campuran heterogen. Adapun bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan sebagai berikut.

1. Peralatan

a. Gelas plastik transparan

b. Sendok plastik

 

2. Bahan

a. Air

b. Gula putih

c. Kopi bubuk

 

Langkah-langkah percobaan sebagai berikut.

1. Percobaan pertama, masukkan air ke dalam gelas plastik transparan. Selanjutnya, masukkan gula putih ke dalam gelas yang sudah berisi air. Aduk gula hingga larut dalam air. Diamkan beberapa saat.

2. Percobaan kedua, masukkan air dalam gelas plastik transparan. Selanjutnya masukkan kopi bubuk ke dalam gelas yang sudah berisi air. Aduk kopi hingga larut dalam air. Diamkan beberapa saat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Latihan 2.1 halaman 81 kelas 9

3. Bandingkan hasil kedua larutan tersebut

 

Laporan Hasil Percobaan

Percobaan yang dilakukan : Membedakan zat campuran homogen dan campuran heterogen

Alat dan bahan percobaan :

1. Peralatan

a. Gelas plastik transparan

b. Sendok plastik

2. Bahan

a. Air

b. Gula putih

c. Kopi bubuk

 

Hasil Percobaan Perbedaan antara Larutan Gula dan Larutan Kopi

a. Sifat larutan gula

Air + gula : membentuk campuran homogen yang merata sehingga antara air dan gula tidak dapat dibedakan lagi. Campuran ini adalah larutan.

b. Sifat larutan kopi

Air + kopi : membentuk campuran heterogen sehingga butiran kopi masih dapat dibedakan dengan air. Campuran ini adalah suspensi.

 

Kesimpulan:

Larutan gula merupakan campuran homogen sebab zat penyusunnya tidak kasat mata, tidak dapat dipisahkan dengan penyaringan dan tidak mengalami pengendapan.

Larutan kopi merupakan campuran heterogen sebab zat penyusunnya bisa dilihat kasat mata, dapat dipisahkan dengan penyaringan dan bila didiamkan akan mengalami pengendapan.

 

Nah Sobat BW, dari percobaan diatas dapat disimpulkan bahwa zat campuran dibagi menjadi dua yaitu zat campuran homogen dan zat campuran heterogen. Campuran homogen adalah campuran memiliki penampilan dan komposisi seragam. Campuran homogen terdiri atas partikel yang berukuran kecil (tidak kasat mata) dan tidak mengendap bila didiamkan. Sedangkan campuran heterogen yaitu hasil penggabungan dua zat atau lebih secara kimia atau fisika, yang masih dapat terlihat secara kasat mata perbedaan antara zat-zat yang tercampur ini.

Semoga bermanfaat ya..