kerukunan agama
kerukunan agama

Kunci Jawaban “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”

beritawarganet.com – Kunci Jawaban “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”. Keragaman agama merupakan salah satu keunikan yang ada di Indonesia. Ada beberapa agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia antara lain: islam, kristen, katolik, hindu, budha, dan konghucu. Semua agama mengajarkan kita untuk mengimani Tuhan dan berbuat baik terhadap sesama. Tapi kadang-kadang ada saja orang yang tidak memiliki toleransi terhadap keragaman yang ada di Indonesia sehingga terjadi salah paham dan tidak tercipta kerukunan antar masyarakat. Lalu sikap apa saja yang perlu Soat BW miliki agar tetap rukun dengan adanya perbedaan di masyarakat? Mari kita cari tahu bersama!

Baca Juga :  Kunci Jawaban Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

 

Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini

Negara Republik Indonesia memiliki keragaman adat, budaya, dan agama. Adat dan budaya setiap daerah unik dan berbeda dari daerah lain. Agama yang dianut penduduk pun beragam. Dengan perbedaan itu, bagaimana kita dapat menjaga kesatuan bangsa? Nah, untuk menjaga kesatuan bangsa dan supaya tetap rukun, mari kita lakukan sikap-sikap berikut. Salah satu sikap yang harus dilakukan yaitu adanya toleransi dan saling menghormati dalam menjalankan ibadah. Bagaimana perwujudannya?

kerukunan agama

Gambar 3.1 Keragaman agama di Indonesia berikut. Salah satu perwujudannya kita tidak boleh menghina teman yang berbeda agama. Selanjutnya, saat teman kita sedang beribadah kita tidak boleh mengganggu mereka.

Sikap lain yang harus dilakukan yaitu menghargai kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia. Negara kita kaya akan berbagai kebudayaan daerah. Kita boleh membanggakan kebudayaan daerah sendiri. Namun, kita juga harus menghargai dan ikut melestarikan kebudayaan daerah lain.

Jadi, untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI, bagaimana sikap kita? Kita harus saling menghargai, menghormati, dan menyayangi orang lain meskipun berbeda agama, suku, dan budaya. Sikap itulah yang harus selalu kita tanamkan pada diri kita.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Kehebatan Seorang Arsitek"

(Sumber: http://kidnesia.com/Boleh-Tahu/Serba-Serbi/Supaya-Tetap-Rukun-Hindari-Sikap-Ini-Yuk)

 

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”.

  1. Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.

Kata Sulit dari teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”

No

Kata Sulit

Artinya

1

Republik Sebuah bentuk Negara dengan presiden sebagai kepala Negara

2

Toleransi Sikap saling menghormati orang lain yang berbeda dengan kita

 

  1. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”.

Pokok pikiran paragraf 1: Negara Republik Indonesia memiliki keragaman adat, budaya, dan agama.

Pokok pikiran paragraf 2: Salah satu sikap yang harus dilakukan yaitu adanya toleransi dan saling menhormati

Pokok pikiran paragraf 3: Menghargai kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia

Pokok pikiran paragraf 4: Kita harus saling menghargai, menghormati, dan menyayangi orang lain meskipun berbeda agama, suku, dan budaya.

  1. Mengapa kita harus melaksanakan ajakan pada teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”?

Kita harus melaksanakan ajakan pada teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini” karena: untuk dapat mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Cara Mendeklamasikan Puisi"

Toleransi merupakan sikap dasar yang harus kita miliki agar dapat menciptakan masyarakat yang rukun dan saling menghargai. Dengan adanya kerukunan dalam masyarakat Sobat BW akan lebih nyaman dalam menjalani kehidupan di lingkungan masyarakat. Keragaman yang ada harus menjadi kelebihan kita sebagai masyarakat Indonesia.

“Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia menjadi magnet bagi para wisatawan.” Pernahkah kamu mendengar atau membaca kalimat seperti itu? Apa maksudnya? Maksud dari kalimat tersebut adalah bahwa keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Semoga bermanfaat ya..