Ini Dia 8 Mobil Balap Tercepat Di Dunia, Simak Selengkapnya!

Berita Warganet – Ini Dia 8 Mobil Balap Tercepat Di Dunia, Simak Selengkapnya!. Dalam dunia otomotif, selalu ada saja mobil yang diklaim sebagai mobil balap tercepat di dunia. Mobil-mobil kelas wahid ini umumnya diberkahi mesin bertenaga buas dan tidak jarang dijual secara terbatas.

Dalam beberapa periode tertentu, sang pemilik tahta umumnya akan berganti secara simultan. Hal itu tak urung karena persaingan yang sangat ketat di mana masing-masing brand berusaha menunjukkan kebolehan mereka.

Berikut 8 mobil balap tercepat di dunia versi Berita Warganet.

1. Bugatti Chiron Super Sport 300+

Setelah mahkota kejayaan mobil tercepat pada Veyron Super Sport lepas, Bugatti merebutnya kembali dengan menghadirkan Chiron Super Sport 300+. Mobil ini dapat mencapai kecepatan maksimal 490.5km/h.

Untuk mencapai rekor terbaru ini, Bugatti harus meng-upgrade pada sektor dapur pacu W16 dengan empat turbonya, agar mobil ini mempunyai total power 1.578hp. Ditambah juga gearboks baru dengan ratio panjang serta panel bodi yang lebih aerodinamis supaya tidak tertahan angin.

Baca Juga :  Review Lengkap, Spesifikasi, Interior dan Harga Audi A7 Sportback Terbaru!

 

2. Koenigsegg Agera RS

Hypercar asal Swedia ini dapat gelar sebagai mobil balap tercepat di dunia pada tahun 2017. Tercatat oleh Guinness World Record, kecepatan tertingginya berada di angka 447.2 km/h. Agera RS juga menyabet rekor 0-400-0 km/h.

Pada tanggal 4 November 2017, mereka mengikis rekor waktu menjadi 33.29 detik. Pencapaian tersebut mengalahkan rekor sebelumnya kepunyaan Bugatti Chiron di angka 41.42 detik.

Untuk meraihnya, Koenigsegg memberikan dapur pacu yang tak kalah spesial. Berkapasitas 5.000cc V8 twin turbo, mesin ini menyemburkan daya 1.341 hp dan torsi 1.370 Nm.

 

3. Henessey Venom GT

Henessey Venom GT merupakan mobil balap tercepat di dunia buatan Amerika Serikat. Henessey membawa mobil ini ke peringkat pertama mobil balap tercepat di dunia tanggal 14 Ferbuari 2014.

Setelah pengetesan, mereka mencatat kecepatan tertinggi 435.3 km/h. Namun hasil pengetesan itu tidak resmi karena Henessey hanya mengambil data setelah sekali jalan saja, sedangkan Guinnesss mewajibkan tes kecepatan tinggi dari dua arah.

Meski demikian, Venom GT ini sudah mencatat rekor lain. Serupa denga Koenigsegg Agera RS di atas, Henessey Venom GT menyabet rekor waktu 0-300km/h dengan hasil 13.63 detik.

Baca Juga :  McLaren 720S Terbaru, Lengkap Dengan Harga!

Mesin yang dipakai bersumber dari Chevrolet. Berkode LS7, dapur pacu V8 7.000cc twin turbo ini mempunyai total daya 1,244hp dan torsi 1.566 Nm.

 

4. Bugatti Veyron Super Sport

Sama kasusnya dengan Chiron Super Sport di atas, Veyron Super Sport merupakan jawaban Bugatti untuk meraih kembali mahkota mobil balap tercepat di dunia.

Perubahannya mencakup dapur pacu yang kini menngeluarkan tenaga sebesar 1.184hp dan torsi 1.500Nm. Ditambah lagi, bodi mobil dibikin lebih ringan karena banyak menggunakan material karbon fiber.

Kecepatan tertinggi yang dicapai adalah 431 km/h pada tanggal 4 Juli 2010. Rekor tersebut belum terkalahkan hingga Koenigsegg menguji kecepatan Agera RS di tahun 2017.

 

5. SSC Ultimate Aero TT

SSC berhasil mengalahkan rekor Bugatti Veyron 16.4 pada tahun 2007 silam. Mobil kebanggaan mereka, Ultimate Aero TT, saat itu berhasil menorehkan catatan kecapatan puncak 412,2 Km/h.

Kekuatan terbesar mobil ini terletak pada jantung pacu yang sanggup memuntahkan power hingga 1.183hp dan torsi 1.500Nm. Selain itu bobotnya yang ringan membuatnya makin cepat melesat tanpa hambatan.

 

6. Bugatti Veyron 16.4

Pada masanya, Veyron sering disebut sebagai standar baru dalam pembuatan mobil. Bugatti tidak hanya membangun Veyron untuk memecahkan rekor kecepatan tertinggi, namun juga sebagai mobil yang nyaman dan mewah.

Baca Juga :  Harga BMW 2 Series Gran Coupe Terbaru, Spesifikasi dan Interior 2022!

Dapur pacu dari Bugatti Veyron pun sangatlah spesial. Mobil ini menjadi salah satu pelopor pabrikan dengan tenaga mesin mendekati 1.000hp. Konfigurasi mesin W 8.000cc enam belas silinder dan empat turbo bisa menghasilkan tenaga 987hp dan torsi 1.605 Nm, cukup untuk mencapai kecepatan tertingginya 408 km/h.

 

7. Koenigsegg CCR

Pencapaian Koenigsegg sebelum Bugatti memang jarang diketahui. Hal ini disebabkab oleh Bugatti Veyron mengalahkan rekor mereka dua bulan setelah uji kecepatan.

Meski pun demikian, CCR ini tidak bisa diremehkan. Mesin V8 4.700cc twin supercharger miliknya mampu menghasilkan performa tertinggi sebesar 807 hp dan torsi 920 Nm. Kecepatan tertinggi nya berada di angka 388km/h, hanya 2 km/h lebih cepat dari Mclaren F1.

 

8. McLaren F1

McLaren F1 mencapai kecepatan 386.2 km/h di tahun 1998. Rekor tersebut tidak terkalahkan hingga 15 tahun kedepan.

Dapur pacunya cukup sederhana jika dibandingkan dengan kumpulan hypercar di atas. Mobil ini satu-satunya yang tidak menggunakan turbo atau supercharger. Mclaren F1 dibekali mesin V12 6.10s0cc naturally aspirated dengan tenaga 618hp dan torsi 680Nm.

Tak sebatas mesin saja, Mclaren harus menaikkan limiter pada mesin supaya bisa mencapai 8.300 rpm untuk menyentuh kecepatan maksimalnya.

Mungkin Itu Saja ulasan dari artikel kami terkait Mobil Balap Tercepat di Dunia, Semoga semakin menambah wawasan anda Terimakasih.