Mobil Listrik Lexus UX 300e Katanya Boros Daya? Masa Sih?

Berita Warganet – Mobil Listrik Lexus UX 300e Katanya Boros Daya? Masa Sih?. Lexus ingin hadir dengan menggabungkan kemewahan, kenyamanan, dan kualitas mobil dengan keheningan, emisi nol, dan akselerasi.

Semua elemen itu pun bisa dihadirkan dalam format mobil listrik murni dan jadilah Lexus UX 300e, mobil listrik pertama dari anak grup Toyota tersebut.

Rekan kami dari Motor1.com Italia seperti biasa melakukan uji konsumsi yang bersandarkan pada realita di lapangan. Hasilnya, 5,35 km per kWh.

Sayang, Lexus UX 300e, meski memuaskan dalam banyak hal dan dibuat dengan sangat baik, gagal menempuh rute 360 kilometer (km) dari Kota Roma ke Forli.

Mobil ini berangkat dengan kondisi baterai penuh dan berhenti setelah berjalan sejauh 276 km. Pada saat itu, baterai sudah kosong total dan mobil tak punya daya lagi untuk bergerak

Baca Juga :  10 Link Twibbon Hari Jadi Kabupaten Bungo ke-57 Tahun 2022 Klik Disini

Boros Daya

Konsumsi energi rata-rata yang dicatat oleh Lexus UX 300e tidak terlalu baik, terutama jika dibandingkan dengan SUV lain dan crossover listrik.

Sehingga, menempatkan mobil buatan Jepang ini di peringkat terbawah untuk kategori konsumsi daya.

Untungnya, Lexus UX 300e tidak sendiri. Ada dua mobil listrik lainnya yang angkanya sama atau beda tipis.

Ada Jaguar I-Pace dengan 5,3 km per kWh dan Audi e-tron 55 quattro dengan 5,2 km per kWh. Lumayan ada temannya.

Lalu, ada tiga mobil listrik dari data rekan kami yang lebih irit daya. Mercedes EQC 400 4MATIC dengan 6,0 km per kWh dan Kia e-Soul dengan 6,2 km per kWh.

Sedangkan yang paling irit daya adalah Hyundai Kona Electric 8,3 km per kWh. Mungkin Hyundai ini juga tak sampai ke Forli tapi berhenti saat sudah sangat dekat garis finis.

Baca Juga :  Logo HUT OKU ke-112 Tahun 2022, Download Format PNG

Pilihan melengkapi Lexus UX listrik dengan soket pengisian cepat arus searah tipe CHAdeMO (selain Tipe 2 dalam arus bolak-balik) jadi opsi terbaik.

Daya maksimalnya 50 kW sehingga bisa lebih cepat terisi penuh. Sayang, stasiun pengisian daya di rute uji coba kami tak memiliki soket sejenis.

Sehingga, untuk mencapai tujuan harus beberapa kali berhenti untuk mengisi daya dan ini memakan waktu perjalanan.

Lembut dan Nyaman

Lexus UX 300e yang diuji adalah varian termewah. Versi Luxury yang menawarkan jok kulit standar di mana pada jok depan yang dapat disetel secara elektrik.

Ada head-up display, sistem audio Mark Levinson 13-speaker, dan semua alat bantu berkendara yang canggih.

Saat berkendara, Lexus UX 300e ini terbukti sangat sunyi, nyaman, dan benar-benar sempurna baik di luar maupun di dalam.

Berjalan dengan sangat tenang dan mulus dan berkendara jadi sangat santai dan memuaskan.

Baca Juga :  Ulang Tahun Kodam XIII Merdeka ke-64, Gambar Ucapan 2022

Suspensi juga dirancang dengan baik untuk menawarkan keamanan dan kelembutan perjalanan yang luar biasa dalam situasi apa pun.

Namun, beberapa kelemahan muncul, jika Anda ingin memanfaatkan 204 daya kuda yang disalurkan di roda depan dengan mode sporty.

Pada kondisi ini sering terjadi intervensi dari sistem anti-selip dan anti-selip elektronika membuat mengemudi cepat menjadi tidak wajar.

Jarak Tempuh Rata-rata 250 Km

Memang, jarak tempuh rata-rata Lexus UX 300e adalah 250 km dengan baterai penuh. Jarak tempuh bisa berkurang tergantung kondisi jalanan dan gaya berkendara.

Hanya yang paling berhati-hati dalam menggunakan pedal akselerator yang bisa melebihi jarak 300 km.

Baterai dengan kapasitas nominal 54,3 kWh (sekitar 50 kWh dapat digunakan) memungkinkan Anda untuk menikmati penggunaan sehari-hari.

Kondisi ini seperti merekomendasikan bahwa Lexus UX 300e hanya cocok untuk pemakaian jarak dekat dalam kota.