Inilah 5 Mobil Listrik Termurah di Indonesia, Simak Selengkapnya!

Berita Warganet – Inilah 5 Mobil Listrik Termurah di Indonesia, Simak Selengkapnya!. Indonesia termasuk pasar potensial di mata pabrikan dunia. Tak lain karena populasinya yang besar dan minat orang Indonesia terhadap mobil sangatlah tinggi.

Kendati segala infrastruktur penunjang untuk mobil listrik murah di Indonesia masih jauh dari kata lengkap, mobil listrik telah ada sebelumnya.

Pabrikan tetap melihat potensi yang baik di pasar Indonesia untuk mobil listrik murah. Maka dari itu, mereka pun telah memberikan menu mobil listrik di daftar dagangan mereka.

Berharap tingkat penjualan mobil listrik murah terus meningkat sehingga ketersediaan stasiun pengisian daya umum kian bertambah dari tahun ke tahun.

Pemerintah pusat maupun daerah juga sangat mendukung eksistensi kendaraan listrik di Tanah Air.

Bagi pemilik mobil listrik, Pemprov DKI Jakarta memberikan pembebasan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Ini tertuang dalam Pergub Nomor 3 Tahun 2020. Selain itu, mobil listrik juga terbebas dari aturan ganjil-genap sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019.

Pemerintah pusat juga akan memberikan insentif pajak bagi pengguna mobil listrik yang akan diterapkan pada akhir tahun ini.

Insentifnya tidak tanggung-tanggung, yakni bebas pungutan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) alias nol persen bagi pembelinya.

Baca Juga :  Diduga Bocor Detail Nissan 400Z Tersebar, Begini Tampilannya!

Pada artikel ini kami akan tampilkan lima mobil listrik murah yang dijual di Indonesia. Tak dibatasi oleh jenis mobil, yang penting termurah. Berasal dari berbagai kategori dan hanya merujuk pada banderol paling rendah. Berikut daftarnya kami sajikan berdasarkan versi dari Berita Warganet.

1. DFSK Gelora-E

Harga: Sekitar Rp469 juta-499 juta

DFSK Gelora E merupakan mobil listrik termurah yang beredar di pasar Indonesia saat ini, jika merujuk pada harganya.

DFSK Gelora E mengonsumsi daya 0,145 kWh per kilometer yang setara dengan 239 per kilometer.

Memang sangat ekonomis jika dibandingkan dengan, anggaplah mobil bensin yang berkonsumsi 1:10. Dengan harga Pertamax Rp9 ribu, maka jarak yang ditempuh mencapai 900 per kilometer.

Didukung pengisian fast charging 20 sampai 80 persen, mobil buatan Cina ini hanya membutuhkan waktu 80 menit dengan jarak tempuh berkendara sekitar 300 kilometer.

Untuk pengisan reguler, DSFK Gelora E tentunya membutuhkan waktu lebih panjang, sekitar 8 jam untuk mencapai daya pengisian penuh. Kapasitas mobil ini adalah 11 kursi.

 

2. Hyundai Ioniq Electric

Harga: Rp624,8 juta (Prime), Rp664,8 juta (Signature)

Hyundai Ioniq Electric dibekali motor listrik bermagnet permanen dan berefisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) dan torsi 295 Nm.

Baca Juga :  Apa Si Yang Menyebabkan Busi Pada Kendaraan Tidak Berfungsi? Simak Penjelasan Lengkapnya

Tenaga itu dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh. Mobil ini memiliki kemampuan berakselerasi 0-100 km/jam dalam 9,9 detik.

Pihak Hyundai sendiri mengklaim jarak tempuh Hyundai Ioniq mencapai 373 km dalam sekali pengisian daya.

Pengisian daya dari 0 hingga 80 persen dapat dilakukan dalam 54 menit dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW.

Kedua model ini memiliki empat pilihan warna, yaitu Polar White, Fluidic Metal, Phantom Black, Fiery Red.

 

3. Hyundai Kona Electric

Harga: Mulai Rp674,8 juta

Hyundai Kona Electric dibekali motor listrik sinkron bermagnet permanen 100 kW (136PS) yang disuplai oleh baterai lithium ion 39,2 kWh.

Mobil ini menghasilkan torsi sebesar 395 Nm yang didistribusikan ke roda depan. Dalam sekali pengisian, Kona sanggup menempuh jarak 345 km.

Kecepatan maksimal Hyundai Kona ini adalah 155 km/jam dan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam 9,7 detik.

Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit dengan pengisian cepat hingga 80 perse. Sedangkan untuk normal charging butuh waktu 9 jam 35 menit.

Baca Juga :  Prestige Silver Tampilan Mewah Pada Varian ALL NEW NMAX 155 CONNECTED/ABS

Hyundai Kona Electric tersedia dalam warna Chalk White, Galactic Grey, Dark Knight, dan Pulse Red.

 

4. Lexus UX 300e

Harga: Rp1,245 miliar

Lexus UX300e merupakan produk Compact Luxury Crossover SUV bertenaga listrik murni perdana dari Lexus.

Berkapasitas lima penumpang, mobil ini dibekali motor listrik yang menghasilkan output 201 tenaga kuda dan torsi 300 Nm.

Mesin tersebut dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 54,3 kWh yang mampu menempuh jarak 300 km saat baterai terisi penuh.

Lexus UX300e membutuhkan waktu pengisian daya kurang lebih 5-6 jam dari posisi 0 hingga ke 100 persen.

 

5. BMW i3s

Harga: Mulai Rp1,3 miliar

Resmi diperkenalkan dalam acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 lalu di BSD.

BMW i3S dilengkapi dengan motor listrik yang menghasilkan output 184 daya kuda dan torsi 270 Nm.

Akselerasi 0-100 km/jam tuntas dalam 6,9 detik dan jarak tempuh maksimal saat baterai dalam kondisi penuh adalah 260 kilometer.

BMW i3S yang dijual di Indonesia tersedia dalam lima pilihan warna yaitu Grey, White, Red, Brown, dan Blue. Mobil ini juga menggunakan transmisi Single Speed Otomatis.