Hal ini dikarenakan saat biang parfum masih banyak, aromanya dapat dihirup, tetapi ketika habis, yang tertinggal hanyalah alkohol yang gampang menguap.

Anda juga perlu memahami ada beberapa hal yang patut dihindari saat memilih pengharum mobil.

Terutama hindari penggunaan pewangi buatan berjenis gel atau cairan karena bisa mempercepat proses penguningan kabin dan evaporator AC mobil bisa kotor, menurun hingga bocor.

Kalau gitu yuk langsung aja simak ini dia bahan-bahan alami yang ada disekitar kita dan bisa dijadikan pengharum mobil alami sekaligus penyejuk mobil.

1. Kopi

Kopi memang selalu menjadi selera dalam masyarkat. Aromonya yang halus dan tegas tentu membuat kita terasa lebih relaz dan segar. Wanginya pun dipercaya dapat secara ampuh menghilangkan bau tak sedap dimana saja.

Untuk itulah, banyak pemilik mobil yang lebih memilih parfum mobil beraromakan kopi untuk mengharumkan kabin mobil. Meskipun demikian, Anda tidak perlu membeli parfum, Anda dapat membuat sendiri pengharum kopi ini dengan biji kopi asli atau kopi bubuk.

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan pengharum alami dari kopi, yaitu dengan menaburkannya langsung atau menaruhnya terlebih dahulu di dalam wadah.

Tapi, kami lebih menyarankan Anda untuk mengemas atau menaruh biji kopi atau kopi bubuk ke dalam kantung atau wadah yang berlubang dan taruh di sekitar AC mobil. Dengan demikian, wangi kopinya akan lebih mudah menyerbak memenuhi kabin mobil Anda.

Baca Juga :  KIA Rio 2022 | Harga, Spesifikasi dan Review |

2. Bunga Kering (Melati, Mawar, Lavender, Chamomile, atau Peppermint)

Anda sudah pernah dengan pengharum mobil alami yang dibuat dalam botol kaca? Jika memang belum ada, ini bisa jadi inspirasi yang lucu dan unik untuk Anda.

Menggunakan bunga kering yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa menyimpan bunga hidup yang sudah dipetik dalam toples kaca dan berikan essential oil.

Diamkan kurang lebih selama 1 pekan, dan buka toples saat Anda berada di mobi. Wah, selamat menikmati sensasi wangi alami dan segar di kabin mobilmu, yah!

Menurut beberapa media kesehatan jenis-jenis bunga ini memang dipercaya mampu menghilangkan stres dan menenangkan pikiran.

3. Kemangi dan Lemon

Untuk membuat pengharum mobil ini Anda cukup merebus ¾ cangkir air dan masukkan kemangi kering. Rebus beberapa menit, lalu selanjutnya saring dengan filter menggunakan filter kopi ke dalam botol spray.

Nah, selanjutnya Anda tambahkan minyak essential oil lemon ke dalam botol spray.

4. Kulit Jeruk

Kulit jeruk ini dinilai ampuh untuk menghilangkan bau tidak sedap yang ada pada mobil Anda. Masukkan ke dalam wadah lemon, citrus, jeruk nipis, dan air. Tutup rapat dan diamkan 1 hari.

Keesokan hari tambhakan alkohol jika Anda inginkan, jika tidak maka langsung masukkan kepada botol spray dan semprotkan di dalam mobil. Hindari menyemprot ke AC secara langsung ya. Semprotkan cairan ini di udara, dibawah kursi  dan rasakan aroma kesegaran kabin!

5. Citrus

Belah jeruk terlebih dahulu, keluarkan buahnya dan sisakan kulitnya. Tuangkan sendok garam laut, masukkan cengkeh, dan daun mint. Letakkan di dalam wadah terbuka supaya dapat ditempatkan di dashboard. Aroma ini sangat ampuh untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Baca Juga :  Ini Faktanya, New Subaru BRZ Ternyata Tidak Memakai Turbocharger

6. Daun Pinus 

Masukkan daun pinus, daun salam, biji pala ke dalam toples. Pastikan Anda sudah mengupas pala, gabungkan semuanya ke dalam air dan diamkan di es selama 1-2 minggu.

Tempatkan cairan ini di dalam freezer, pastikan menempatkan cairan ini pada toples yang kuat jika dimasukkan pada freezer.

Hangatkan toples, buka tutup toples dan diamkan beberapa menit di dalam mobil. Masukkan air tersebut ke dalam botol spray dan semprotkan ke udara. Adapun harum dari daun pinus ini dipercaya dapat menjadi anti bakteri. Gimana Anda bermanfaat bukan untuk sirkulasi udara. Selamat mencoba, ya!

7. Daun Pandan

Selain kopi, irisan daun pandan juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap. Daun yang acap kali dicampurkan pada masakan agar memiliki aroma yang sedap ini juga dapat mengharumkan mobil Anda.

Anda cukup meletakkan beberapa ikat daun pandan di bawah jok mobil Anda dan biarkan semalaman, maka itu akan membuat mobil Anda mempunyai wangi pandan yang segar di pagi harinya.

Dengan membuat pengharum mobil alami dari daun pandan ini, Anda pun dapat lepas dari pemakaian pewangi sintetis kimiawi yang dapat merusak paru-paru. Tak hanya faktor kesehatan, kantong Anda juga tidak perlu terkuras habis hanya untuk gonta-ganti parfum mobil.

8. Daun Serai

Bahan pengharum mobil alami lainnya adalah daun serai. Daun serai sendiri merupakan bahan makanan yang berfungsi untuk menyedapkan makanan. Ini memiliki wangi yang dihasilkan dari minyak atsiri yang bermanfaat memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf.

Minyak ini sendiri memiliki sifat yang gampang keluar dan teroksidasi dengan udara. Bahkan semakin ia teroksidasi, maka akan semakin segar baunya. Untuk itu, Anda dapat menggunakan daun serai ini untuk mengharumkan mobil Anda secara alami.

Baca Juga :  Lexus LFA 2012, Segini Lexus LFA Harga nya!

Caranya mudah, cukup ambil 20-25 tangkai daun serai dan patahkan, simpan di bawah jok. Ketika AC dinyalakan wangi segar pun akan memenuhi kabin.

9. Bunga Melati

Bunga berwarna putih dan memiliki bau yang khas ini memang tidak jarang dijadikan parfum. Bahkan bunga ini juga banyak dipakai sebagai aromaterapi yang efektif mengobati saraf, apatis, kecemasan, dan gangguan saraf.

Tetapi, bagaimana jika Anda menjadikan bunga melati asli sebagai pengharum mobil alami? Menarik, bukan? Adapun untuk menjadikan bunga melati asli sebagai pengharum mobil Anda sangatlah mudah.

Anda cukup menggunakan seperempat kg bunga melati yang ditebar di bawah jok penumpang. Anda bisa dengan mudah mendapatkan bunga melati ini di pasar tradisional dengan harga Rp 30-40 ribu per kg.

10. Bubuk Kayu Manis

Lebih sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran adonan kue, bubuk kayu manis juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada mobil. Cara membuatnya cukup mudah.

Anda hanya perlu mencampurkan seperempat bubuk kayu manis dengan setengah gelas cuka apel. Campur kedua bahan ini dan letakkan pada wadah yang penutupnya telah diberi lubang. Setelah itu, letakkan pengharum alami ini di dalam mobil agar bau tak sedap bisa hilang.

Itulah 5 bahan alami yang bisa Anda coba jadikan sebagai pengharum mobil alami. Walau terkesan konvensional atau jadul, tetapi cara di atas akan lebih menghemat pengeluaran Anda.

Hal ini dikarenakan bahan–bahan yang tersedia ada di sekitar kita. Selain hemat, pengharum mobil alami ini akan lebih memberikan kesegaran secara alami bukan kimia yang dapat berbahaya bagi pernafasan Anda.