Siapa Sangka Lambo Ini, Lamborghini Aventador Ultimae Ternyata Mobil V12 Murni Terakhir

Berita Warganet – Siapa Sangka Lambo Ini, Lamborghini Aventador Ultimae Ternyata Mobil V12 Murni Terakhir. Seiring meluncurnya Lamborghini Ultimae, maka berakhir sudah era mesin V12 naturally aspirated yang selama ini menjadi jantung pacu Aventador.

Lebih dari satu dasawarsa V12 menjadi kebanggaan pabrikan supercar itu.

Lamborghini mengatakan Aventador LP 780-4 Ultimae memadukan fitur terbaik dari semua versi sebelumnya sambil menawarkan peningkatan daya sederhana ke V12 6,5 liternya.

Lamborghini Ultimae diklaim menjadi Aventador bermesin V12 terkuat yang pernah keluar dari markas Lambo di Sant’Agata Bolognese.

Aventador Ultimae menggunakan kode LP 780-4, yang berarti dia memiliki mesin V12 6,5 liter naturally aspirated yang menyemburkan 769 Hp pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 720 Nm pada 6.750 rpm.

Baca Juga :
Baca Juga :  Daftar Harga New Pajero Sport Juni 2021, 500 - 700 Jutaan

Ultimae juga lebih ringan dengan bobot 1.550 kg atau sekitar 25 kg lebih ringan dari Aventador S sambil menawarkan rasio power-to-weight yang sama dengan Lambo SVJ.

Ide utama di balik kehadiran Aventador adalah untuk menggabungkan gaya elegan dan sentuhan mewah dari Aventador S dengan kinerja ekstra yang diberikan oleh SVJ.

Dalam hal kinerja, Aventador memang patut diberi acungan jempol.

Untuk versi Coupe Ultimae bisa digeber dari 0-100 km/jam dalam 2,8 detik dan kecepatan 200 km/jam bisa ditempuh 8,7 detik dari posisi diam. Kecepatan tertingginya dipatok 355 Km/jam.

Untuk versi Roadster Lambo Ultimae dia memang sedikit lebih lambat karena bodinya yang lebih berat dengan atap yang lebih kompleks, tetapi tetap saja bisa membuat tetangga Anda berdecak kagum.

Baca Juga :  Toyota Yaris Cross Adventure Sudah Hadir, Ternyata Ada Edisi Khususnya Loh

Tapi apakah kita benar-benar yakin Ultimae adalah V12 naturally aspirated terakhir Lamborghini?

Dalam siaran persnya saat peluncuran Aventador Ultimae, Lambo menyatakan ini adalah “final besar dari mesin pembakaran V12 tradisional, dan Aventador utama dalam segala hal.”

Baca Juga :

Presiden Lamborghini Stephen Winkelmann dengan tegas mengatakan bahwa Ultimae adalah produksi V12 Lamborghini yang terakhir, paling murni, dan tak lekang oleh waktu.

“Ini adalah yang terakhir dari jenisnya. Memberikan tenaga maksimum dan kinerja konklusif yang diharapkan dari Lamborghini saat ini. Mesin V12, dikombinasikan dengan DNA desain andalan kami yang tak ada bandingannya,” kata Winkelmann.

Baca Juga :  Review Yamaha XSR 155

Tidak ada yang lebih jelas dari itu, tetapi penting untuk dicatat bahwa V12 mungkin tidak mati dalam skema besar.

Dugaan kami, sangat mungkin – dari sudut pandang kami – bahwa supercar Lamborghini masa depan dapat menggunakan V12 dalam konfigurasi hybrid.

Ya, itu memang sudah ada dengan kehadiran Lamborghini Sian, tetapi kita berbicara tentang pengaturan hybrida yang lebih konvensional versus sistem superkapasitor Sian.

Atau V12 dengan perpindahan lebih kecil dengan turbocharger juga bisa menjadi pilihan.

Apapun masa depan Lambo, lihatlah Aventador LP 780-4 Ultimee. Anda tidak akan pernah melihat Lambo lain seperti ini lagi.