Penyakit yang Dapat Merusak Rangka

Penyakit yang Dapat Merusak Rangka Dan Perawatannya

Penyakit yang Dapat Merusak Rangka Dan Perawatannya – Apakah sewaktu kecil kamu sudah diberikan vaksinasi polio? Coba kamu tanyakan pada ibumu. Tanpa vaksinasi polio, kita dapat menderita penyakit polio. Penyakit polio dapat menyerang tubuh kita, terutama bagian tulang kaki. Penyakit polio dapat mengakibatkan kelumpuhan. Penyakit ini biasanya diderita saat masih anak-anak. Selain penyakit polio, masih ada lagi beberapa Penyakit yang dapat merusak rangka. Apa saja? Nah, kali ini beritawarganet akan membahas mengenai Penyakit yang Dapat Merusak Rangka Dan Perawatannya.

Penyakit yang Dapat Merusak Rangka

Berikut ini adalah Gangguan dan Kelainan Sistem Rangka Manusia

Osteoporosis

Osteoporosis terjadi ketika kepadatan tulang berkurang, sehingga menjadi sangat rapuh. Kondisi ini membuat tulang menjadi rentan patah, terutama di bagian pinggul, pergelangan tangan, Kondisi ini biasanya ditemukan pada orang tua. Namun tidak hanya pada orang tua, Osteoporosis juga kadang ditemukan pada anak-anak muda.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 2.8 halaman 74 Massa Jenis IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Rematik

Adalah penyakit dimana sistem imun yang seharusnya melindungi tubuh dari penyakit, justru menyerang sel sehat di tulang dan menyebabkan gangguan kesehatan. Kondisi ini bisa menyebabkan pembengkakan di persendian, membuat penderitanya demam, merasa lemas, dan selalu lelah.

Mengenal Fungsi Tulang Belakang, Ini 3 Gangguan yang Bisa Menyerang:  Skoliosis, Kifosis, & Lordosis - Tribunnewsmaker.com

Skoliosis

Jika dilihat dari belakang, tulang punggung kita akan terlihat lurus. Namun, pada penderita skoliosis, penyakit yang menyebabka kelainan pada tulang belakang, susunan yang seharusnya lurus itu akan melengkung membentuk huruf S atau huruf C.

Kifosis

Kifosis merupakan kondisi tulang belakang yang membengkok ke arah belakang. Kifosis yang parah dapat menyebabkan kesakitan bagi penderitanya.

Lordosis

Lordosis merupakan kondisi tulang belakang yang membengkok ke depan. Lordosis kerap dikaitkan akibat dari postur duduk yang buruk.

Baca Juga :  Apa yang Dimaksud Metode Penyimpanan Data Tumpukan (Stack)?

 Cedera Tulang

Cedera pada tulang bisa terjadi akibat kecelakaan, jatuh saat olahraga, atau karena tertimpa benda-benda tertentu. Cedera ini biasanya menyebabkan patah tulang, sendi geser, nyeri otot, hingga otot sobek. Cedera tulang dibagi menjadi dua, yaitu akut dan kronis:

Cedera tulang akut Contoh cedera tulang akut adalah keseleo dan patah tulang akibat sesuatu yang terjadi secara mendadak, seperti kecelakaan. Gejala cedera tulang akut di antaranya adalah muncul nyeri secara tiba-tiba, bengkak, memar, tulang tidak bisa digerakkan, atau bahkan terlihat jelas terjadi pergeseran tulang dan patahan tulang.

Kanker tulang

Kanker tulang bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu primer dan sekunder. Kanker tulang primer adalah kanker yang sejak awal muncul di tulang. Sementara itu, kanker tulang sekunder adalah kanker yang awalnya muncul di organ lain, lalu menyebar ke tulang.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Macam-Macam Iklan Elektronik

Cara Merawat Tulang

Kebiasaan sikap duduk dapat memengaruhi perkembangan tulang. Sikap duduk yang salah dapat merusak rangka tubuh. Kamu pasti tidak
mau mengalami kelainan tulang, bukan? Mulai sekarang, kita harus membiasakan sikap duduk yang benar. Hal-hal di bawah ini juga perlu
dilakukan untuk menjaga kesehatan rangka

  1. Meminum susu karena banyak mengandung kalsium.
  2. Memakan makanan yang bergizi, terutama yang mengandung vitamin D.
  3. Membiasakan sikap tubuh yang benar, baik duduk maupun berdiri.
  4. Jangan sering membawa beban yang terlalu berat.
  5. Memperoleh cahaya matahari yang cukup untuk membentuk vitamin D.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyakit yang Dapat Merusak Rangka Dan Perawatannya. Semioga bermanfaat!

Baca Juga: