Sendi Penghubung Antar Tulang

Sendi, Penghubung Antar Tulang

Sendi, Penghubung Antar Tulang – Sobat warganet, apakah kamu tahu bagaimana rangka yang ada pada tubuh manusia bisa digerakan? Ya benar, Rangka tubuh dapat digerakkan karena bersambungan satu sama lain. Penghubung antartulang disebut sendi. Kali ini beritawarganet akan membahas mengenai Sendi, Penghubung Antar Tulang dan jenis sendi yang ada pada manusia. Rangka manusia memiliki beberapa sendi sebagai berikut

Sendi pada manusia

Persendian: Pengertian, Fungsi, Macam, Klasifikasi, & Contoh

a. Sendi engsel

Sendi engsel merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan satu arah saja. Biasanya, sendi engsel hanya bisa diluruskan atau ditekuk. Sekarang mari menekuk siku tanganmu ke depan. Selanjutnya, cobalah tekuk siku tanganmu ke belakang. Apakah kamu dapat melakukan gerakan yang kedua? Tentu jawabannya tidak, bukan? Siku tangan kita hanya dapat digerakkan satu arah. Gerakan ini merupakan kerja dari sendi engsel. Dinamakan demikian karena cara kerjanya seperti engsel pintu. Coba kamu perhatikan tubuhmu. Bagian tubuh mana lagi yang terdapat sendi engsel?

Baca Juga :  Jawaban Pengertian Puisi Rakyat

b. Sendi putar

Sendi putar adalah salah satu sendi yang gerakan salah satu ujung tulangnya membuat gerakan berputar pada ujung tulang lain. Jadi, salah satu ujung tulang menjadi poros dan yang satunya bisa berputar pada tulang tersebut. Sendi putar terdapat pada pertemuan antara tulang pemutar dan atlas. Tulang atlas adalah ruas pertama pada tulang leher. Sendi ini juga terdapat di antara tulang hasta dan pengumpil. Pada sendi putar, tulang yang satu berputar mengelilingi tulang lain. Tulang lainnya bertindak sebagai poros.

c. Sendi peluru

Sendi peluru adalah sendi yang dapat digerakkan ke segala arah. Apa bedanya dengan sendi engsel? Mari menggerakkan lengan atasmu. Ke arah mana saja kamu dapat menggerakkannya? Gerakan tersebut merupakan kerja dari sendi peluru. Sendi peluru menghubungkan tulang lengan atas dengan gelang bahu. Ujung tulang lengan atas bersambungan dengan tulang bermangkok gelang bahu.

Baca Juga :  Jawaban Perbandingan Antara Informasi Pada LHO Kunang-Kunang Dan Teks Eksplanasi Kunang-Kunang Yang Perlahan Menghilang

d. Sendi geser

Sendi geser adalah sendi yang memungkinkan gerakan antar tulang yang satu menggeser yang lain. Sendi geser terdapat pada tulang-tulang pergelangan kaki dan tangan. Sendi geser hanya memungkinkan terjadinya sedikit gerakan. Pada sendi geser, ujung tulang satu menggeser ujung tulang lain.

e. Sendi pelana

Sendi ini mampu membuat gerakan dua arah, yaitu seperti gerak ke depan dan ke belakang, dan juga gerak ke kanan dan ke kiri. Coba gerakkan ibu jarimu. Ke arah mana saja kamu dapat menggerakkannya? Sendi pelana memungkinkan gerakan kedua arah. Seperti yang terjadi pada gerakan ibu jari tanganmu. Gerakan yang terjadi mirip seperti pelana kuda ketika berlari. Sendi pelana juga terdapat pada tulang pertama pergelangan tangan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 6.4 halaman 139 Pertumbuhan Penduduk Indonesia IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Sendi berperan penting dalam sistem gerak. Tanpa persendian tentunya manusia kesulitan untuk menggerakkan tubuh, berjalan, atau memegang benda. Bahkan sekedar menolehkan kepala hingga berbicara pun tak lepas dari bantuan persendian. Sehingga kita perlu menjaga persendian kita agar terhindar dari masalah persendian pada tubuh. Caranya adalah dengan rajin berolahraga, makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup.

Demikianlah pembahasan mengenai Sendi, Penghubung Antar Tulang yang dapat beritawarganet berikan. Semoga bermanfaat yah.

Baca Juga:

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Sendi, Penghubung Antar Tulang yang dipublish pada Desember 5, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait