Tips Perawatan Cat Doff Pada Body Sepeda Motor

Berita Warganet – Tips Perawatan Cat Doff Pada Body Sepeda Motor. Selain mesin dan komponen logam, bodi sepeda motor juga perlu mendapat perhatian dan perawatan. Penting dilakukan karena mampu menunjang tampilan sepeda motor agar selalu terlihat bersih, rapi dan sedap dipandang.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk perawatan cat doff bodi sepeda motor supaya cat selalu terlihat kinclong. Simak penjelasannya dari Astra Honda Motors (AHM).

1. Cuci Secara Teratur

Selain menjaga komponen logam selalu bersih dari minyak, debu dan kotoran yang menempel, mencuci sepeda motor secara teratur bisa mempertahankan warna cat bodi tetap terlihat bersih dan mengkilap.

Gunakanlah sabun khusus untuk mencuci sepeda motor. Jangan gunakan sabun yang mengandung deterjen karena bisa membuat cat motor cepat terlihat kusam.

2. Gunakan Kain Berbeda

Perlu diperhatikan juga, gunakan lap atau kain pencuci berbeda untuk mencuci bagian bawah seperti bagian roda dan mesin dengan bagian bodi motor.

Baca Juga :  All New Honda HRV 2022 Ini Tampilkan Banyak Keunggulan Dari Pesaingnya!

Tujuannya agar kotoran yang menempel di lap tidak merusak lapisan cat bodi sepeda motor. Kotoran halus yang menempel pada lap akan membuat garis-garis halus pada cat motor.

Setelah dicuci, keringkan dengan lap untuk menghindari terjadinya water spot atau bercak jamur.

3. Segera Cuci Setelah Tersiram Hujan

Zat yang terkandung dalam air hujan bisa menjadi asam setelah tercampur dengan zat lain seperti Karbondioksia (Co2).

Percampuran itulah yang membuat air hujan bisa membuat korosi pada logam. Selain itu, jika air hujan yang menempel pada bodi motor dibiarkan mengering, akan mempercepat warna cat bodi motor menjadi kusam.

4. Poles Secara Rutin

Ada baiknya untuk melakukan perawatan poles bodi motor dengan obat poles. Langkah ini akan membantu warna cat bodi sepeda motor selalu terlihat mengkilap meski sepeda motor sudah lama dipakai.

Pilihlah obat poles yang tak meninggalkan residu atau yang memiliki bahan dasar Carnauba (lilin yang dihasilkan dari buah kelapa).

Baca Juga :  Setelah Lama Mengaspal, Mitsubishi Pajero Akhirnya Pamit Lewat Seri Final Edition 2022

5. Parkir Ditempat Teduh

Usahakan mencari lokasi parkir di tempat yang tidak langsung tersorot sinar matahari. Terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung akan membuat warna cat bodi sepeda motor cepat kusam.

Bila perlu gunakan cover atau sarung motor untuk melindungi cat bodi motor dari sorotan sinar matahari.

Jika harus parkir di bawah pohon, waspadai kemungkinan terkena getah, kejatuhan ranting atau buah serta kotoran hewan.

)

Selain itu juga perlu diperhatikan cara merawat cat bodi sepeda motor berwarna doff.

Cat berwarna doff lebih cepat pudar dibanding cat jenis metalik karena tak terlapisi pernis. Karena itu butuh perlakuan berbeda dari cat berwarna metalik.

1. Gunakan Sabun Cuci PH Netral

Karena car berwarna doff tak terlapisi pernis yang membuatnya mudah pudar, maka pilihlah sabun pencici khusus motor yang dengan kandungan PH netral agar warna cat tetap terjaga.

Baca Juga :  Kejutan Mobil Batmobile Baru dalam Trailer The Batman Bikin Penasaran!

2. Pilih Bahan Poles yang Tepat

Disarankan menggunakan bahan poles water based untuk poles bodi motor berwarna doff. Obat poles berbahan dasar air ini aman karena tidak menimbulkan dampak glossy.

Cara membedakannya obat poles berbahan dasar air dan minyak cukup mudah, rasakan perbedaannya dengan jari atau telapak tangan.

Jika tangan terasa licin bisa dipastikan obat poles itu menggunakan bahan dasar minyak. Tapi jika tidak terasa licin dan cepat menguap, itu artinya obat poles tersebut menggunakan bahan dasar air.

3. Gunakan Kain Khusus

Gunakan kain berbahan halus untuk mengelap bodi motor yang basah seperti kain microfiber.

Permukaan cat doff lebih kasar dari cat metalik atau glossy sehingga dibutuhkan kain yang halus dan lebut agar tak membuat cat tergores atau baret. Ingat, lap lah bodi motor saat dalam kondisi basah.