Perbedaan domain, hosting dan server

Perbedaan Hosting, Server, dan Domain? Lihat bedanya disini

Bagi sebagian besar orang istilah Hosting, Server, dan Domain masih sangat asing terdengar di telinga. Berbeda dengan mereka yang keseharianya bergelut di bidang programmer, website builder, bloggers maupun para professional yang selalu berurusan dengan hal – hal tersebut. Nah, buat para sobat yang baru akan memulai dunia blogging, mengawali bisnis onlinenya dan membangun sebuah website bisnisnya tentunya perlu terlebih dahulu mengetahui Perbedaan Hosting, Server, dan Domain. Karea kebanyakan bagi pemula akan bingung saat memahami perbedaan domain dan hosting itu apa.

Oya untuk gambaran ni buat para blogger baru, jika kita ingin membuat website dan berencana menyewa hosting sendiri, setidaknya kita harus paham tentang fungsi dari sebuah hosting. Walau pada penjelasan khusus hosting nanti akan di jabarkan, namun secara mudah hosting ini nanti sobat perlukan untuk penyimpanan data secara digital. Jadi data – data web milik sobat disimpan disana untuk ditampilkan ke client kita.

Nah kali ini, khusus buat sobat semua  yang ingin memahami perbedaan dari istilah – istilah diatas dari domain, hosting dan server kami juga akan share penjelasan singkat dan jelas tentang hal – hal  tersebut diatas.

Perbedaan Domain Server dan Hosting

Seperti ulasan kami diatas, kami akan jelaskan perbedaan dari ketiga istilah yang akan sering sobat dengar manakala mulai terjun ke dunia bloging, digital marketing dan sejenisnya.

Baca Juga :  3 Rekomendasi Hosting Murah Indonesia 2021

Dari sini kita nanti akan bisa membedakan antara hosting dan server, domain dan hosting, serta mengetahui perbedaan server dan hosting.

Apa Itu Domain

Domain adalah nama yang mudah diingat sebagai pengganti alamat IP Fisik Internet. Mengapa membutuhkan nama domain ? Nih, simplenya gini, jika website kita menggunakan IP Adres akan sulit diingat sebab menggunakan angka – angka, lah, domain ini dengan nama uniknya akan mempermudah orang untuk mengunjungi suatu alamat di Internet.

Nama unik ini muncul setelah tanda @ di alamat email, dan setelah www. di alamat web. Misalnya, nama domain example.com bisa diterjemahkan ke alamat fisik 198.102.434.8.

Alamat web akan lebih mudah diingat dan diketik jika sobat menggunakan nama domain untuk mengidentifikasi lokasi di Internet, dibandingkan menggunakan alamat IP numerik seperti yang dicotohkan diatas tadi.

Contoh sobat akan lebih mudah mencari domain dengan penamaan Wikipedia.com,google.com dan lainya di banding  dengan angka – angka dari alamat IP, iya ga ? Paham kan sekarang sob.

Oya, perlu sobat ketahui, sobat tidak bisa membeli domain secara permanen, namun sobat bisa menyewa nama – nama domain unik sesuai keninginan tersebut dengan berbagai ekstensinya di penyedia domain yang ada dengan batas tertentu sesuai lamanya sewa.

Untuk domain sendiri di Indonesia ada sebuah badan yang khusus mengelola penamaan domain. Nama – nama domain ini diatur oleh PANDI sebuah badan pengelola nama domain yang ada di negeri ini.

Apa Itu Server

Nah setelah domain, instilah lain yang sering kita dengar adalah server. Apa si server ? ok, kita akan bahas pengertian server dan beberapa penjelasan ringan terkait server.

Baca Juga :  Inilah Situs Penyedia Hosting Database MySQLGratis

Perlu sobat ketahui bahawa Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam satu jaringan komputer. Server memiliki software dan hardware yang berfungsi sebagai pemberi data kepada web client (browser) agar browser bisa menampilkan halaman website tertentu.

Server pada dasarnya menjalankan 2 perangkat baik software maupun hardware. Hardware pada server berisi RAM dan Prosesor, hardware sendiri nantinya yang akan menjalankan sistem operasi atau sering kita kenal dengan istilah network operating system.

Sedangakan software pada server sendiri merupakan bagian yang mampu melakukan kontrol pada akses file-file dari sebuah website. Nah software server yang sering digunakan seperti apache, Microsoft windows server 2008 IIS, zeus, nginx, apache tomcat, sun java system.

Nah untuk memudahkan pemahaman kit akita gambarkan seperti ini, jadi si server ini akan bekerja saat ada permintaan dari client ( chrome, safari, Firefox dll ). Ketika kita ketikan alamat sebuah web didalam client tadi maka server akan melakukan respon dari sebuah permintaan, kemudian akan mengirimkan isi dari website tadi ke halaman dari browser – browser tadi.

Oya, untuk server sendiri tersimpan di sebuah data center, tentunya yang telah didukung dengan berbagai fasilitas lengkap. Tujuanya agar lebih optimal saat diakses dari berbagai penjuru dunia. Selain itu penyimpanan server pada data center juga akan menjaga server ini dari kerusakan, sehingga bisa bertahan lebih lama dan terjaga.

Baca Juga :  Dapatkan Fitur Gratis di Hosting Trial cPanel

Apa Itu Hosting

Banyak definisi tentang istilah Hosting, namun untuk memudahkan istilah ini kita akan istilahkan dengan cara yang mudah. Jadi gini sob,  hosting itu sebenarnya tempat penyimpanan file atau data dari suatu website, nah dari sini nantinya web tersebut bisa kita akses menggunakan internet.

Nah perlu sobat ketahui, si hosting ini sebetulnya tersimpan di dalam sebuah server. Walau antara server dan hosting ini hampir – hampir mirip bagi kebanyakan orang. Akan tetapi perbedaan antara server dan hosting itu terletak pada Hardware. Si server ini memilihi hardware yang berisi Hardisk, RAM serta Prosesor.

Dari sisi harga sewa untuk hosting ini banyak yang memberikan harga lebih murah sob, jadi sangat cocok juga ni bagi para blogger yang baru terjun ke dunia blogging atau para pebisnis online yang mau mengawali pembuatan landing page dan website untuk bisnisnya.

Kesimpulan

Nah sudah paham kan sob perbedaan Domain, Server dan Hosting ? Nih buat kalian – kalian yang bingung mau membangun sebuah website dan ingin menyewa domain, server atau hosting dalam satu penyedia sobat bisa tu cek – cek di niagahoster. Mengapa kami sarankan kesana, sebab pengalaman dan testimoni dari banyak orang penyedia yang satu ini memiliki banyak layanan terbaik terkait itu semua. Terutama bagi Blogger pemulai atau pemilik bisnis UKM bisa tu sewa hosting disana. Ok deh sob, mungkin itu ulasan dari kami, semoga bermanfaat.