Remunerasi dan Gaji, Apa Perbedaanya

Remunerasi dan Gaji, Apa Perbedaanya?

Saat memasuki dunia kerja, gaji buka lah satu-satunya hal yang bisa Anda dapatkan dari perusahaan, terlebih jika Anda berusaha keras untuk bisa mencapai target perusahaan pada melalui hal yang Anda kerjakan.

Idealnya, perusahaan akan memberi penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada karyawannya yang telah bekerja keras dalam membantu perusahaan mencapai targetnya.

Ada banyak cara perusahaan dalam memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada karyawan terbaiknya. Beberapa diantaranya adalah dengan memberikan gaji dan remunerasi.

Kedua hal ini kerap sulit dibedakan, akan tetapi ada perbedaan diantara keduanya. Tulisan di bawah ini akan memberi Anda gambaran tentang bagaimana perbedaan antara gaji dan remunerasi. Simak selengkapnya pada tulisan di bawah ini!

Pengertian Gaji

Gaji adalah bayaran yang diterima oleh karyawan atas perjanjian yang telah dibuat oleh karyawan dan perusahaan dan disepakati pada saat karyawan diterima di perusahaan. Biasanya gaji akan diberikan oleh perusahaan setiap satu bulan sekali. Gaji bisa saja mengalami kenaikan sesuai dengan kebijakan perusahaan tempat bekerja.

Baca Juga :  Mengelola Microsoft 365 dalam organisasi

Gaji akan dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawan secara merata berdasarkan posisi, tanggung jawab, serta jabatan karyawan tersebut. Gaji yang diberikan memiliki kebijakan atau minimum sesuai dengan ketentuan pemerintah, maka dari itu penting bagi karyawan dalam memahami kebijakan terbaru agar bisa memperkirakan seberapa besar gaji yang bisa diterima. Jumlah besaran dari gaji yang diterima oleh karyawan biasanya bersifat tetap dan pasti setiap bulannya

Biasanya pemberian gaji juga berhubungan dengan kebijakan terkait kehadiran karyawan. Perusahaan akan melakukan kebijakan terkait cuti, sakit, atau ketidakhadiran karyawan yang diluar batas wajar.

Untuk mempermudah karyawan dalam mengetahui rincian absensi mereka di perusahaan, pihak perusahaan bisa menyediakan fasilitas absensi menggunakan aplikasi absensi. Dengan begitu, karyawan bisa mengakses dan memeriksa kehadiran mereka dengan mudah.

Pengertian Remunerasi

Remunerasi adalah bentuk penghargaan dari perusahaan untuk mengapresiasi karyawan terbaik atas kerja keras dan kinerja mereka selama bekerja. Apresiasi ini biasanya diberikan kepada karyawan yang memberikan dampak kepada target perusahaan, seperti meningkatkan penjualan yang membuat perusahaan mendapat profit lebih dari biasanya.

Penghargaan ini biasanya diberikan agar karyawan terus bisa termotivasi untuk terus bekerja keras dan membantu perusahaan mencapai target sehingga bisa terbentuk loyalitas kerja pada diri karyawan. Idealnya, remunerasi ini harus diatur oleh perusahaan sebagai bentuk mensejahterakan karyawannya.

Baca Juga :  Eksport Suzuki Mengalami Performa Yang Meningkat di Awal 2021

Remunerasi biasanya tidak menentu, tetapi bisa membuat gaji yang diterima lebih besar dari biasanya. Selain dalam bentuk gaji, remunerasi juga bisa diberikan dalam bentuk lain, seperti voucher maka, voucher liburan, atau barang yang mungkin barang yang dibutuhkan.

Perbedaan Gaji dan Remunerasi

Berikut adalah penjelasan dari perbedaan antara gaji dengan remunerasi dari beberapa aspek.

1. Berdasarkan penyebabnya

Gaji diberikan jumlah uang yang pasti yang dibayar dalam bentuk tunai sebagai bayaran atas pekerjaan yang telah dilakukan, sedangkan remunerasi diberikan pada karyawan terbaik sebagai penghargaan yang diberikan oleh perusahaan berdasarkan pencapaian tertentu yang dilakukan oleh karyawan.

2. Berdasarkan bentuknya

Berdasarkan pengertiannya, gaji bisa saja menjadi bagian dari  remunerasi, sedangkan remunerasi tidak sama seperti gaji. Remunerasi bisa berbentuk barang, sertifikat, hadiah, atau hak-hak istimewa dari perusahaan.

3. Berdasarkan waktu pemberiannya

Gaji diberikan pada waktu yang pasti, baik itu perhari, perminggu, atau bahkan perbulan, sedangkan remunerasi diberikan sesuai dengan kapan karyawan bisa mencapai target perusahaan sehingga penghargaan ini bersifat tidak pasti.

4. Berdasarkan penyebabnya

Gaji diberikan disebabkan karyawan tersebut telah bekerja sesuai dengan porsinya dan disesuaikan dengan perjanjian kerja sama antara perusahaan dan karyawan, sedangkan remunerasi diberikan tidak berdasarkan kesepakatan dan diberikan dengan jumah dan cara yang bervariasi.

Baca Juga :  Pengertian Affiliate Marketing dan Contohnya

5. Berdasarkan berdasarkan penerimanya

Gaji diterima oleh semua karyawan secara merata dengan waktu yang telah ditentukan, sedangkan remunerasi diberikan pada karyawan tertentu yang dianggap oleh perusahaan dapat memberi keuntungan dan telah membantu perusahaan dalam mencapai target.

Itu dia pembahasan tentang perbedaan antara gaji dan remunerasi. Remunerasi biasanya bersifat tidak pasti dan berhubungan dengan kompetensi serta kinerja karyawan di perusahaan. Sedangkan gaji bersifat pasti dan diterima oleh semua karyawan. Meskipun pasti, besaran gaji mungkin akan mengalami perubahan bisa seorang karyawan kerap mengalami masalah terkait absensi mereka.

Untuk memudahkan masalah absensi, perusahaan dapat beralih menggunakan aplikasi absensi online LinovHR. Aplikasi absensi online LinovHR adalah aplikasi yang dapat memantau kehadiran karyawan secara real time melalui ponsel yang terpasang aplikasi absen LinovHR. Dengan aplikasi online LinovHR, perusahaan dapat melakukan absensi lebih efisien daripada sistem absensi konvensional. Yuk, beralih ke aplikasi absen online LinovHR! Kunjungi website-nya sekarang!

Sekian pembahasan tentang perbedaan antara remunerasi dengan gaji, semoga bermanfaat!