warung makan khas desa

Usaha Unik Di Desa, Inspirasi Usaha 2022

Sebagian besar wilayah Indonesia adalah pedesaan. Geliat usaha tidak hanya ada diperkotaan saja, perputaran ekonomi juga banyak terjadi di desa – desa. terbukti banyak desa – desa yang maju dan dengan tingkat ekonomi yang tinggi. masyarakatnyapun makmur dengan hasil usaha yang mereka tekuni.

Nah, buat kalian yang sedang mencari ide usaha unik apa saja yang ada didesa, Berikut Berita Warganet akan share beberapa Ide untuk memulai usaha didesa yang terbilang bisa menjadi ide usaha unik dan menguntungkan.

Sebelum jauh membahas apa saja usaha yang cocok didesa dan menjadi ide segar berikut kita simak terlebih dahulu , kelebihan dan kekurangan potensi usaha didesa.

Kelebihan dan kekurangan di desa

Kelebihan di desa

  • Potensi Lahan yang masih terbuka luas
  • masyarakat amsih mengedepankan sistem kekeluargaan yang tinggi dan tingkat sosial bermasyarakat yang tinggi
  • masih banyak potensi dan sumber daya desa yang terbuka lebar
  • Alam yang asri

Kekurangan di desa

  • Tingkat pendidikan yang belum merata
  • Infrastruktur yang masih belum lengkap ( Internet, jalan dan lainya )
  • Daya beli masyarakat masih terbilang rendah

Ide Usaha Unik di Desa

Nah berikut Ide Usaha Unik Didesa

Baca Juga :  Download Daftar 147 Fintech Lending atau Pinjol Berizin OJK

1. Rumah Makan Khas Pedesaan

warung makan khas desa

Semakin kesini, orang cenderung menyukai hal – hal yang unik. Tidak terkecuali dalam hal makanan.

Nah ada cerita menarik dari Desa Bokol, Kec. Kemangkon Purbalingga.

Walau posisi Rumah makan yang dipadukan dengan sanggar yang bernama ” Darimu ” di pedesaan. Namun daya tarik rumah makan di samping persawahan ini memikat banyak pengunjung.

Ide warung makannyapun tidak kalah menarik, semua terbuat dari bambu full, dan yang menjadi ciri khas disini menu makanan yang disuguhkan benar – benar unik, yaitu menu ala Desa tulen, seperti ” Jangan Jantung ( bunga pisang muda ), Pete, sambal , lalaban, tahu tempe dan ayam goreng khas desa.

Cara penyuguhanyapun khas.

Jadi sesampainya di rumah makan khas desa seperti ini seolah kita sedang bertamu kerumah orang desa sungguhan dengan makan yang benar – benar unik.

nah ini bisa menjadi Inspirasi Usaha Unik di desa yang lain daripada yang lain.

2. Usaha Unik Wisata Desa

usaha unik desa wisata

Desa wisata menjadi trend di tahun 2019 – sekarang. Walau bisnis pariwisata sedang menurun, namun akan kembali ramai dikala pandemi telah usai.

Orang yang sudah lama berada dirumah selama pandemi, maka akan merasa bosan, apalagi untuk mereka yang hidup diperkotaan.

Nah ini bisa menjadi ide bisnis wisata yang terbuka lebar potensinya. Apalagi sekarang setiap desa juga sedang berlomba – lomba dituntut dalam pengelolaan potensi desanya.

Baca Juga :  Vespa Kembali Luncurkan Varian Warna Yang Fresh!

Buat yang desanya memiliki potensi bagus, bisa ni dikembangkan menjadi Desa Wisata yang unik. Jika 2022 pandemi sudah reda maka, Desa Wisata Unik akan menajdi USaha Unik di Desa tahun 2022.

Tentunya untuk membuka wisata desa harus ada kolaborasi antara pemerintah desa, pemuda desa dan bila perlu ada konseptor dari profesional. namun jika didalamnya memiliki potensi SDM khususnya pemuda yang beride bagus lebih diutamakan menggunakan konsep atau ide dari putra daerah yang notabene sudah paham akan desanya.

Nah apa saja yang bisa digarap untuk mengembangkan potensi desa :

  1. Bisa persawahan yang asri
  2. Sumber air yang melimpah dan jerih serta terjaga
  3. Kondisi pemukiman khas desa
  4. Hutan desa
  5. Kegiatan kemasyarakatan ( Budaya, upacara khas daerah dan lainya )

Jika sebuah desa bisa memaksimalkan kondisi yang ada maka peluang usaha wisata pedesaan menjadi Ide yang tepat untuk meningkatkan perekonomian desa dan masyarakat sekitar.

3. Usaha Unik Desa Kerajinan Miniatur

usaha unik desa ( miniatur )

Salah satu keunggulan orang desa adalah ketelatenan dan ketelitian dalam membuat sesuatu.

Nah salah satu ide yang bagus untuk usaha di desa yaitu memanfaatkan ketekunan mereka.

Disalah satu desa di Kecamatan Kaligondang, Kab Purbalingga tepatnya Desa Sidanegara ada contoh usaha unik yang bisa kita jadikan referensi, yaitu Usaha Miniatur patung seorang tokoh. Seperti miniatur patung Jendral Soedirman.

Kerajinan patung yang dibuat pengrajin asal Sidanegara, Kaligondang ini diawalai dari bekal si pembuat yang ahli dalam mengolah bahan bahan dari Resin dan Gypsum. Nah darisanalah dia memulai ide pembuatan miniatur yang terbilang sukses.

Baca Juga :  Per 1 April 2022 Harga Pertamax Naik, Ini Daftar Harga BBM Pertamina Saat Ini

4. Usaha Unik Khas Desa Makanan ringan

Setiap desa memiliki potensi makanan yang bisa diangkat untuk di jadikan makanan khas dan hal tersebut bisa dijadikan sebagai Ide Usaha khas desa khusus mengembangkan usaha dibidang makanan ringan.

Sudah banyak contoh usaha yang diawali dari desa dan menjadi khas sebuah kota atau daerah seperti Getuk Goreng Sokaraja, Lumpia, dan masih banyak lagi.

Didukung dengan sumber daya alam yang melimpah tentunya untuk mencari bahan baku makanan ringan pasti lebih mudah.

Semisal kita mau membuat sale pisang, jelas buah pisang lebih melimpah ruah dan dengan harga yang lebih murah.

5. Budidaya dan Import Sayuran

Desa di dataran tinggi pasti berlimpah ruang akan sayuran, namun selama ini masih fokus pada kebutuhan dalam negeri saja.

padahal jika kita mau, hasil sayur mayur desa bisa kita Import ke luar negeri, tentunya dengan berbagai syarat yang wajib terpenuhi.

Apakah bisa ?

Jika kita mau mencari sumber informasi bagaimana caranya bisa memasok sayur atau hasil bumi dari desa ke luar negeri maka barang tentu ini menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk pebisnis desa.

Penutup

Itulah Usaha Unik Desa yang bisa menjadi isnpirasi di tahun 2022.