Cara Membuat Peta Konsep Online, Kamu Pasti Bisa!

Cara Membuat Peta Konsep Online, Kamu Pasti Bisa! – Mind Map atau peta konsep adalah suatu bagan skematis atau ilustrasi grafis untuk mewakili hubungan yang bermakna antara satu konsep dengan konsep lainnya sehingga menjelaskan suatu pengertian konseptual seseorang dalam suatu rangkaian pernyataan. Bagan ini akan mempermudah kamu dalam menjelaskan suatu hal atau memahami suatu materi.

Nah, karena kemajuan teknologi banyak yang menggunakan atau membuat peta konsep dengan menggunakan berbagai aplikasi yang ada. Misalnya dengan menggunakan Office Word, Corel Draw atau Canva. Namun apakah kalian tau sob ada cara yang lebih mudah untuk membuat peta konsep yang simple dan tidak membutuhkan banyak effort. Kalian tinggal klik dan memasukkan konsep yang ada dan voila peta konsep yang ingin kalian buat akan terwujud dengan mudah. Penasaran? Yuk Simak Cara Membuat Peta Konsep Online dengan mudah

Baca Juga :  Bethesda Resmi Bergabung dengan Xbox Hari Ini

Cara Membuat Peta Konsep Online

Mengkonsep Materi

Agar kalian tidak bingung dalam membuat peta konsep. Hal yang pertama kali kalian harus lakukan adalah membuat konsep materi yang nantinya akan kalian buat menjadi peta konsep.

Membuka Situs Miro Mind Map

Selanjutnya buka browser dan menuju ke Halaman Miro, kalian bisa membukanya disini  atau langsung menuju ke situsnya yaitu miro.com pada browser kalian. Miro adalah salah satu layanan online yang menyediakan layanan membuat peta konsep secara gratis. Sebelum menggunakan jangan lupa untuk membuat akun Miro atau Login dengan menggunakan akun yang sudah ada. Kalian juga bisa mendaftar dengan menggunakan akun Gmail Kalian.

Setting Miro

Kalian akan diminta untuk memasukkan detail akun seperti nama team dan sebagainya. Kalian bisa mengisinya sesuai dengan keinginan kalian.

Cara Membuat Peta Konsep Online

Setelah kalian selesai dalam menyunting akun kalian akan dibawa ke halaman awal dimana kalian bisa mulai membuat peta konsep. kalian bisa melihat tampilan awal pada gambar berikut!

Baca Juga :  HP Gaming Terbaik April 2021, Lancar untuk Bermain!

cara membuat peta konsep

Selanjutnya kalian bisa berkreasi sesuai dengan konsep yang sudah kalian buat sebelumnya dan menuangkannya ke dalam peta konsep.

Penjelasan

Ada beberapa tombol dan Fitur yang bisa kalian gunakan

Double Klik pada tiap konsep untuk mengganti Teks

Untuk mengedit peta konsep kalian bisa double klik pada konsep yang akan kalian rubah

Tanda Plus

Tanda Plus bisa kalian gunakan untuk Menambahkan Konsep pada level dibawahnya

Contoh

Sekolah adalah konsep Inti

Didalam konsep sekolah kalian bisa menambahkan Level Berikutnya yaitu SD , SMP, dan SMA

Selanjutnya level dibawah SD adalah Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas 4, kelas 5 dan Kelas 6. kalian bisa menambahkan level dengan cara yang sama yaitu dengan klik pada simbol plus (+)

Tanda More ( Titik Tiga)

Tombol ini memiliki beragam fungsi yang bisa kalian gunakan. Seperti copy, duplikat sampai dnegan menghapus level. Jika kalian ingin menghapus konsep pada sebuah level atau yang lain kalian cukup memilih konsep dan mengklik tombol more atau titik tiga dan pilih delete.

Baca Juga :  4 Gambar Laptop temahal Didunia, Ada Yang 7 Milyar

Drag n Drop

Kalian juga bisa memposisikan tiap konsep atau merubah posisi konsep dengan cara drag atau menekan klik kiri pada mouse dan menahannya lalu geser ke tempat atau posisi yang kalian inginkan.

Frame

Jangan lupa untuk menambah garis tepi agar peta konsep yang kalian buat bisa diekspor seluruhnya dan tidak terpotong. kalian bisa melihat gambar dibawah ini untuk memasukkan garis tepi atau frame

 

Mengekspor Peta Konsep

Setelah selesai membuat peta konsep, kalian bisa mengekspornya menjadi format baru seperti PDF, Docx , gambar dan format lainnya untuk kalian gunakan pada presentasi atau hal lain sesuai dengan kebutuhan. Caranya adalah dengan klik simbol export yang ada pada bagian atas layar, lalu pilih format yang kalian inginkan. Malka peta konsep kalian akan otomatis terunduh ke perangkat kalian.

Penutup

Nah itulah Cara Membuat Peta Konsep online dengan mudah. tanpa harus membuat tanda panah, shape atau hal lain yang ribed. Kalian bisa dengan mudah menuangkan ide kalian pada peta konsep dengan beberapa klik saja. Mudah bukan? Selamat Mencoba. Jika kalian ingin melihat hasilnya, kalian bisa melihat contoh yang beritawarganet buat menggunakan Miro berikut.