5 Aplikasi Screenshot Panjang untuk Laptop Dan PC

Aplikasi – 5 Aplikasi Screenshot Panjang untuk Laptop Dan PC. Mungkin kamu sudah mengetahui bahwa komputer dengan sistem operasi Windows sudah menyediakan aplikasi untuk  screenshot yang berfungsi menangkap tampilan layar. File tangkapan itu kemudian disimpan sebagai gambar. Aplikasi screenshot bawaan yang tersedia pada Windows itu adalah Snipping Tool yang kemudian kini berubah nama menjadi Snip & Sketch.

Di Windows 10 ini, Snip & Sketch dapat kamu akses dengan hanya menekan tombol Windows+Shift+S secara bersamaan. Tampilan jendela tangkapan kemudian akan muncul untuk menginstruksikan kamu untuk mengambil gambar dalam berbagai mode. Beberapa macam mode pengambilan itu yakni Rectangular (kotak), Window Snip, Fullscreen, serta bentuk bebas sesuai keinginan kamu.

Namun, semua mode itu cuma bisa kamu gunakan untuk menangkap seluas dimensi yang ditampilkan oleh layar saja. Artinya, tidak ada fitur untuk screenshot panjang atau nama lainnya scrolling screenshot. Padahal, mungkin dalam beberapa kasus, fitur yang satu ini sangat penting.

Nah Maka dari itu sudah disiapkan beberapa rekomendasi aplikasi screenshot panjang yang bisa kamu gunakan untuk laptop dan PC

Daftar Aplikasi Screenshot Panjang untuk Laptop Dan PC

1. ShareX

ShareX sendiri merupakan sebuah aplikasi screenshot yang sifatnya open source. Karena itu, kamu bisa menggunakan ini secara bebas alias gratis. Pengembangnya, yaitu bernama Jaex and Michael Delpach, hanya meminta sumbangan kepada pemakai seikhlasnya. Aplikasi yang sudah ada sejak 2007 ini dapat dibilang sangat populer di berbagai komunitas Discord, karena dipakai oleh banyak streamer game.

Baca Juga :  Etika Penggunaan TIK yang Kamu Harus Tahu

Aplikasi ShareX jelas bisa melakukan screenshot panjang. Namun kelebihan lain, yang membuat  para gamers kepincut dengan aplikasi ini yaitu adanya fitur seperti merekam tampilan layar, membuat gambar dengan format GIF, menciptakan diagram workflows, dan banyak sekali efek yang bisa ditambahkan pada gambar kamu.

2. Apowersoft Screen Capture Pro

Screen Capture Pro merupakan sebuah aplikasi screenshot multifungsi dari merk Apowersoft. Merk ini dimiliki oleh perusahaan teknologi asal negara Hong Kong yang berdiri pada 2010, yaitu bernama Wangxu Technology. Fitur yang dimiliki oleh aplikasi Screen Capture Pro ini sangat melimpah dan bisa dikustomisasi oleh kamu sendiri.  Aplikasi ini juga bisa menangkap gambar dalam bentuk kotak, full screen, menyesuaikan jendela program (window), dan tentu saja screenshot panjang seperti yang sedang dibahas.

Hasil gambar tangkapan layar dapat dibubuhkan tanda tertentu berupa garis, tulisan, serta penanda lain. Menariknya, aplikasi Screen Capture Pro ini dapat kamu setel untuk melakukan tangkapan layar otomatis lewat fitur Task Schedule. Fitur menarik lainnya yang terdapat pada aplikasi ini yaitu dapat menangkap tampilan layar dengan merekamnya.

Namun, fitur yang kedua itu tidak gratis kamu baru bisa mendapatkannya jika membelinya. Harganya sekitar 79 dolar AS namun kamu tidak perlu khawatir karena apabila telah dibeli fitur ini berlaku selamanya. Terdapat juga paket langganan setiap bulan yaitu sekitar 12,95 dolar AS. Versi trial pada aplikasi ini tetap bisa digunakan. Namun, terdapat iklan yang muncul, fitur-fitur dibatasi, dan gambar yang dihasilkan memiliki watermark.

Baca Juga :  Review Oppo Watch, Jam Tangan Pintar

3. Screenshot Captor

Screenshot Captor merupakan sebuah aplikasi screenshot open source berikutnya yang kamu tidak perlu memungut biaya untuk pemakaian pribadi. Kamu cukup berdonasi seikhlasnya untuk membantu pengembangannya. Tampilan pada aplikasi Screenshot Captor mungkin sangat sederhana. Namun, fitur-fiturnya berlimpah, dan terlihat profesional.

Melakukan screenshot panjang bisa kamu akses dengan kombinasi tombol Ctrl+Shift+PrintScrn. Dan hasil tangkapan bisa diedit, dicetak, ataupun dikirim ke drive penyimpanan awan. Yang menariknya lagi, aplikasi ini dapat menangkap gambar dari webcam, dapat juga menangkap gambar lebih dari satu monitor yang terhubung pada perangkat laptop atau PC kamu. Dan aplikasi ini hanya tersedia untuk platform Windows saja. File instalasinya cukup ringan, yaitu sekitar 8,6 MB saja.

4. iFun Screenshot

Apabila mendengar nama iObit, kamu mungkin akan familiar dengan aplikasi yang diperuntukan untuh membersihkan file sampah, antivirus, serta driver update. Namun, perusahaan teknologi asal negara Amerika Serikat ini yang sudah berdiri sejak tahun 2004 ini juga punya aplikasi screenshot panjang. Nama aplikasinya yaitu iFun Screenshot.

Baca Juga :  Review Huawei Mate 40 Pro

Kabar baik untuk kamu bahwa aplikasi ini gratis. Aplikasi iFun Screenshot termasuk aplikasi yang tampilannya simpel alias tidak neko-neko. Kamu cukup melakukan screenshot pada area yang dikehendaki, untuk kemudian disimpan atau juga disalin lalu ditempel pada aplikasi lain seperti Office Word.

Sama halnya seperti aplikasi lain, iFun Screenshot juga bisa melakukan pengeditan seperti mengatur frame, memberi garis, dan membubuhkan teks. Aplikasi ini tersedia khusus untuk komputer Windows.

5. Tweakshot

Aplikasi Tweakshot Screen Capture ini adalah aplikasi screehshot bikinan Tweaking Technologies, sebuah perusahaan teknologi asal negara India. Terdapat enam fitur yang disediakan aplikasi ini. Di antaranya dan yang memang sedang dibahas yaitu screnshot panjang, lalu merekam aktivitas layar, dan menangkap warna apa yang ada di layar komputer kamu.

Dari seluruh aplikasi screenshot panjang yang sudah dibahas, Tweakshot mungkin jadi salah satu aplikasi yang paling unik. Kamu tidak perlu susah-susah mencari ikon aplikasi ini seperti pada aplikasi lain. Sebab, tombol widget Tweakshot berupa sebuah lingkaran biru akan terus ada di layar, dan akan semakin tampak jelas ketika kursor mendekatinya.

Aplikasi ini tentunya tersedia untuk komputer dengan sistem operasi Windows dan statusnya pun berbayar. Kamu harus mengeluarkan dana sekitar 20 dolar AS agar dapat memperoleh lisensi seumur hidup. Namun, sebelum membeli kamu bisa mencobanya secara gratis selama 15 hari.