Cara Daftar BPJS Kesehatan

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online, Gampang Banget!

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online, Gampang Banget! –  Setelah disahkannya UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang JKN, kepesertaan dalam BPJS Kesehatan adalah wajib. Dan tentunya,seluruh warga Indonesia wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan.  Selain itu, setiap perusahaan atau pemberi kerja diwajibkan untuk mendaftarkan karyawannya sebagai anggota BPJS Kesehatan dengan melakukan pemotongan gaji. Karyawan asing yang bekerja di Indonesia juga wajib nih mendaftarkan kepesertaannya pada BPJS.

Hal yang sama juga berlaku bagi masyarakat yang tidak bekerja pada sebuah perusahaan, mereka juga wajib untuk mendaftarkan diri dan anggota keluarganya untuk mendapatkan jaminan kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Dan setelah menjadi peserta, mereka harus membayar iuran berkala setiap bulannya. Dan untuk golongan masyarakat tertentu yang masuk kategori tidak mampu, maka iuran akan ditanggung oleh pemerintah melalui skema bantuan sosial.

Kali ini beritawarganet akan membagikan nih Cara Daftar BPJS Kesehatan secara online, gampang banget dan anti ribet. Kamu bisa dengan mudah mendaftar kepesertaan BPJS dengan modal Smartphone kamu saja sob! Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu mager untuk mengurus secara langsung di Kantor Cabang BPJS terdekat. Teknologi saat ini memang sangat mempermudah kita dalam beragam hal termasuk dalam mendaftar BPJS. Dan kamu bisa memilih untuk mendaftarkan diri melalui beberapa kanal layanan pendaftaran BPJS Kesehatan, seperti Pandawa, Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, atau Mobile Customer Service (MCS).

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Sebelum kalian mendaftarkan diri dalam kepesertaan BPJS kalian harus menyiapkan beberapa kelengkapan yang akan digunakann nantinya. Kelengkapan tersebut diantaranya adalah nomor handphone dan email aktif, nomor NIK, dan nomor KK. Seperti yang di sebutkan diatas, kalian bisa mendaftarkan diri dalam kepesertaan BPJS melalui beberapa kanal. Berikut ini cara Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Baca Juga :  5 Rekomendasi Aplikasi Kompas Terbaik Untuk Android

Melalui Kanal Pandawa

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online yang pertama adalah melalui Pandawa. Layanan ini bersifat online melalui media sosial atau aplikasi perpesanan yang kalian miliki sob. Layanan Pandawa beroperasi setiap hari Senin-Jumat Pukul 08.00-15.00 waktu setempat. Kaluan dapat mengunjungi kantor cabang BPJS terdekat di kota kalian untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai PANDAWA. Kalian bisa melihat cara mendaftarkan diri melalui Layanan CHIKA yang bisa diakses melalui Whatsapp ke nomor 08118750400, Facebook Messenger BPJS Kesehatan, atau melalui Telegram

Melalui Aplikasi JKN Mobile

Berikut prosedur cara daftar BPJS online atau daftar online BPJS Kesehatan melalui aplikasi JKN Mobile

  1. Jika kalian belum memiliki aplikasinya, kalian dapat mengunduh aplikasi JKN Mobile
  2. Selanjutnya, Klik daftar Pilih pendaftaran peserta baru Klik setuju jika telah membaca semua ketentuan pendaftaran
  3. Setelah itu, jangan lupa untuk memasukan NIK KTP dan Masukan kode captcha
  4. Selanjutnya, secara otomatis sistem akan menampilkan daftar data keluarga dan calon peserta BPJS Kesehatan
  5. Isi semua data diri sesuai dengan data yang ada dan klik selanjutnya
  6. Langkah berikutnya adalah memilih fasilitas kesehatan (faskes) yang diinginkan, termasuk dokter gigi
  7. Setelah memilih fasilitas kesehatan, Masukan alamat surel atau email Klik simpan Kode verifikasi akan dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan
  8. Kamu bisa mengecek email yang masuk dan salin kode verifikasi ke aplikasi JKN Mobile
  9. Kamu akan mendapatkan virtual account untuk pembayaran premi (Untuk pmbayaran premi ini bisa kamu lakukan melalui mobile banking, ATM, kantor pos, atau di berbagai merchant BPJS Kesehatan seperti minimarket dan supermarket)
  10. Setelah melakukan pembayaran, artinya kepesertaan kamu sudah resmi terdaftar di BPJS Kesehatan.
  11. Kartu BPJS Kesehatan akan tersedia secara virtual di aplikasi Mobile JKN.
Baca Juga :  Cara Unduh Video TikTok Tanpa Watermark Dalam 1 Menit

Melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400

Selain dengan melalui aplikasi JKN Mobile, Cara Daftar BPJS Kesehatan Online juga bisa dilakukan dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. Langkahnya adalah sebagai berikut

  1. Langkah pertama tentunya adalah dengan mengubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 1500 400
  2. Kalian harus mengikuti petunjuk sesuai dengan instruksi operator Care Center.
  3. Setelah itu, lengkapi persyaratan dan data yang dibutuhkan, seperti nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, status pernikahan, alamat/domisili, pilih kelas perawatan (I, II atau III), pilih FKTP terdekat, nomor handphone dan email yang aktif serta nomor rekening bank.
  4. Setelah semua data kamu lengkap, konfirmasi pendaftaran dan nomor virtual account yang digunakan untuk melakukan pembayaran iuran dan akan dikirim melalui email.
  5. Sebagai calon peserta, Kamu bisa melakukan pembayaran iuran pertama melalui Auto debet dalam waktu paling cepat 14 (empat belas) hari atau paling lambat 30 (tiga puluh) hari setelah pendaftaran.
  6. Kartu JKN-KIS dikirimkan paling lambat 6 (enam) hari setelah pembayaran atau dapat kamu download melalui aplikasi Mobile JKN.

Melalui Mobile Customer Service (MCS)

Memang Mobile Customer Service (MCS) tidak termasuk Cara Daftar BPJS Kesehatan secara online, MCS sendiri adalah layanan kepada peserta JKN-KIS dengan menggunakan mobil. Mobile Customer Service mendekatkan dan meningkatkan pelayanan dengan konsep jemput bola, yaitu dengan mendatangi lokasi-lokasi yang jauh dari kantor cabang/kabupaten/kota untuk memberikan layanan kepada peserta JKN-KIS. Sehingga kamu tidak perlu mendatangi Kantor Cabang BPJS, karena MCS biasanya hadir di beberapa tempat keramaian seperti

  • Goes to village (kantor pemerintahan, kecamatan/kelurahan, desa, puskesmas)
  • Around city (alun-alun, pusat kota, pusat keramaian)
  • Hi Customer (mall, pasar tradisional, sekolah, kampus)
  • Corporate Gathering (Kementerian/instasnsi/lembaga pemerintah/badan usaha)
  • Car Free Day / hobbies community
Baca Juga :  Pengelompokan dan Klasifikasi Komputer

Untuk langkah mendaftarkan diri adalah sebagai berikut

  1. Kalian bisa mengunjungi Mobile Customer Service (MCS) pada hari dan jam yang telah ditentukan
  2. Setelah itu, kalian akan diminta untuk mengisi formulir daftar isian peserta (FDIP), melengkapi persyaratan dan data yang dbutuhkan diantaranya nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, status pernikahan, alamat/ domisili, pilih kelas perawatan (I, II atau III), pilih FKTP terdekat, nomor rekening bank, nomor handphone dan email yang aktif serta menunggu antrian untuk mendapatkan pelayanan.
  3. Setelah semua data lengkap, peserta akan mendapatkan nomor virtual account yang digunakan untuk melakukan pembayaran iuran yang akan dikirimkan melalui email.
  4. Kalian bisa melakukan pembayaran iuran pertama melalui Auto debet dalam waktu paling cepat 14 (empat belas) hari atau paling lambat 30 (tiga puluh) hari setelah pendaftaran.
  5. Setelah melakukan pembayaran, Kartu JKN-KIS dikirimkan paling lambat 6 (enam) hari.

Nah sob itulah beberapa Cara Daftar BPJS Kesehatan yang bisa kalian lakukan dengan mudah. Dengan mendaftarkan diri pada BPJS Kesehatan, kalian tidak perlu lagi khawatir karena kesehatan kalian sudah dijamin oleh BPJS. Semoga bermanfaat!