Menjaga Data dan Dompet Digital Aman Saat Ponsel Hilang

Menjaga Data dan Dompet Digital Aman Saat Ponsel Hilang

Cara Menjaga Data dan Dompet Digital Aman Saat Ponsel Hilang  – Ponsel pintar saat ini menjadi perangkat yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Bahkan hampir semua aktivitas semakin mudah dilakukan dengan beragam teknologi dan fitur yang ditawarkan oleh smartphone. Mulai dari pemutar video, berbalas pesan dan hal lainnya.

 

Kita juga sering menyimpan beragam data penting ke dalam smartphone kita . Salah satunya adalah data perbankan dan keuangan yang kita miliki. Sehingga, tak heran pada saat smartphone hilang, pemiliknya akan mencoba beragam cara melacak perangkatnya tersebut.

Baca Juga : Cara Posting Tweet dengan Suara Kamu Sendiri

Sayangnya, semakin berkembang teknologi, semakin berkembang pula modus kejahatan pada saat ini. Apalagi saat ini semakin banyaknya orang yang memilih aplikasi pembayaran digital, tidak sulit bagi pencuri smartphone untuk mengakses dompet digital yang kamu miliki. Seperti yang terjadi pada bulan lalu, sebuah surat kabar Brasil Folha de S. Paulo melaporkan penjahat mencuri iPhone di Brasil bukan. Menariknya, ponsel yang dia curi bukan untuk dijual kembali. Namun, mereka ingin mendapatkan akses ke rekening  bank pengguna iPhone yang dicuri.

Baca Juga :  Pentingnya Artikel Dalam Internet Marketing

Dengan terungkapnya insiden seperti itu, satu-satunya cara adalah tetap berhati-hati . Kamu juga bisa mengikuti langkah-langkah ini jika Kamu kehilangan ponsel atau dicuri.

Cara Menjaga Data dan Dompet Digital Aman Saat Ponsel Hilang

Blokir kartu SIM Kamu

Yang pertama dan terpenting adalah memastikan nomor telepon tidak disalahgunakan pada saat Kamu kehilangan telepon. Dengan memblokir kartu SIM juga berarti memblokir setiap aplikasi di ponsel yang dapat diakses melalui OTP. Kamu selalu bisa mendapatkan nomor yang sama yang dikeluarkan pada kartu SIM baru dengan mengunjungi outlet provider kamu. Hal ini mungkin memerlukan waktu dan pastinya juga kamu akan kerepotan. Namun menjadga privasi dan dompet seluler serta data Kamu jauh lebih penting dari meluangkan waktu untuk mengurusi Kartu SIM yang kamu miliki sob.

Baca Juga : Cara Mengganti Latar Belakang atau Background di Aplikasi Zoom Saat VC

Blokir akses ke layanan mobile banking

Menjaga Data dan Dompet Digital Aman yang berikutnya adalah memblokir akses ke layanan mobile banking. Aplikasi layanan mobile banking yang kamu miliki di smartphone hanya berjarak satu ketukan saja. Dengan satu ketukan tersebut bisa mengakses seluruh data perbankan yang kamu simpan ke dalam layanan. Oleh karena itu sangat penting untuk memblokir seluruh akses ke layanan ini. Walaupun Kartu SIM dan aplikasi seluler Kamu berjalan beriringan. Maksudnya adalah tidak ada transfer yang dapat terjadi tanpa OTP pada nomor yang terdaftar. Namun tetap saja baik Kartu SIM maupun layanan mobile banking yang kamu miliki keduanya harus diblokir segera setelah ponsel hilang atau dicuri.

Baca Juga :  Twibbon Nuzulul Quran Ramadhan 2021 Keren

Nonaktifkan pembayaran UPI

Menjaga Data dan Dompet Digital Aman yang selanjutnya adalah menonaktifkan pembayaran UPI. Antarmuka Pembayaran Bersatu (UPI) adalah sistem pembayaran seluler berjendela tunggal yang diluncurkan oleh National Payment Corporation of India (NPCI). Sistem ini dirancang untuk menyediakan “antarmuka tunggal” yang sederhana, aman dan nyaman untuk memungkinkan pengiriman dan penerimaan uang menggunakan ponsel cerdas melalui “pengenal tunggal” yang bisa berupa alamat virtual seperti ID email, nomor ponsel atau nomor Aadhaar (seperti Nomor KTP). Ini menghilangkan kebutuhan untuk memasukkan rincian bank atau informasi sensitif lainnya setiap kali pelanggan melakukan transaksi.

Baca Juga : Aplikasi Online Trading Terbaik

Pembayaran UPI seperti Whatsapp Payment memang mempermudah proses transaki. Namun juga sangat beresiko ketika perangkat kita hilang. Segera setelah akses ke layanan perbankan online ditolak karena kamu sudah memblokir kartu SIM dan Internet Banking kamu. Pencuri dapat mencoba mengutak-atik fitur lain, pembayaran UPI, dan karenanya ini juga harus segera ditangani. Nonaktifkan sesegera mungkin.

Blokir semua dompet Digital

Dompet Digital memang sudah membuat hidup sangat mudah. Namun  dompet seluler seperti Google Pay dan Paytm akan membuat kamu rugi besar  jika ponsel Kamu sampai ke tangan yang salah. Hubungi customer service atau Helpdesk aplikasi dompet digital kamu dan pastikan tidak ada akses yang diberikan kepada siapa pun sampai Kamu mengatur dompet digital lagi di perangkat yang baru.

Baca Juga :  5 Aplikasi Kamera Seperti Kamera DSLR

Pergi ke polisi, buat laporan

Setelah Kamu mengurus hal-hal yang disebutkan di atas, penting untuk melaporkan masalah tersebut kepada pihak berwenang. Buatlah surat kehilangan yang kemudian dapat Kamu gunakan sebagai bukti untuk berjaga-jaga jika ada telepon disalahgunakan atau uang Kamu dicuri meskipun telah mengambil semua tindakan.

Nah sobat warganet, itulah beberapa langkah dan Cara Menjaga Data dan Dompet Digital Aman Saat Ponsel Hilang. Dengan beberapa langkah tersebut mungkin kamu akan sedikit repot dan perlu meluangkan waktu yang kamu miliki. Namun setidaknya kamu bisa menghindari hal-hal yang lebih merugikan kamu nantinya.

Baca Juga : 25+ Ide Gaming Room Keren ini Wajib Kamu Coba!

Pencarian Terkait : kelebihan dan kekurangan dompet digital, dompet digital tanpa ktp, apakah aman menggunakan dana, bahaya dompet digital, pengalaman pakai aplikasi dana, cara menggunakan dana protection, dompet dana, simpan uang di dana, melacak hp hilang dengan imei, cara menemukan hp yang hilang, cara melacak hp hilang lewat wa, melacak hp hilang dengan email