Cara Mengamankan Android Dari Peretas Yang bisa kamu lakukan

Cara Mengamankan Android Dari Peretas

Cara Mengamankan Android Dari Peretas Yang bisa kamu lakukan – Peretasan semakin menjadi ancaman keamanan umum di ruang digital di seluruh dunia. Oleh karena itu, produsen ponsel secara konsisten mengembangkan pembaruan keamanan untuk perangkat mereka agar tetap aman dari segala upaya untuk meretas perangkat.

Jika Kamu bertanya-tanya bagaimana cara mengamankan ponsel Android dari peretas, berita warganet sudah mempersiapkan beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk pencegahan. Ada beberapa tips terbaik yang dapat Kamu gunakan untuk memblokir peretas dari ponsel Android dan menjaganya tetap aman setiap saat.

Beberapa langkah pencegahan Ini sangat penting mengingat bahwa peretas semakin sering menggunakan aplikasi mata-mata Android yang tidak terdeteksi dan bentuk malware lainnya untuk mendapatkan akses tidak sah ke perangkat target mereka dan mengekstrak informasi mereka. Langsung saja, berikut ini beberapa Cara Mengamankan Android Dari Peretas Yang bisa kamu lakukan sendiri

Cara Mengamankan Android Dari Peretas

Lindungi Perangkat Android Kamu Dengan PIN

Langkah pertama dan paling penting untuk melindungi ponsel Android Kamu dari peretas adalah mengaktifkan PIN atau beberapa bentuk kata sandi untuk mencegah orang membuka kunci perangkatmu.

Kamu bisa melakukan ini dalam bentuk ID Wajah, sidik jari, atau bahkan pemindai Iris. Metode ini memastikan bahwa tidak ada orang selain Kamu yang dapat membuka kunci ponsel dan memasang beberapa spyware atau malware berbahaya ke dalam perangkat.

Jika menggunakan PIN untuk mengamankan perangkat Android, pastikan itu bukan sesuatu yang mudah ditebak. Kebanyakan orang sering menggunakan kombinasi sederhana seperti 1110 atau 1234, atau 9999 karena lebih mudah diingat.

Akan tetapi yang tidak mereka sadari adalah bahwa mereka juga mudah ditebak. Oleh karena itu, pastikan Kamu menggunakan kombinasi yang sulit dipahami seseorang. Hal ini bisa sangat membantu menjaga perangkatmu aman dari orang yang ingin menggunakan ponselmu tanpa kamu ketahui.

Baca Juga :  Spesifikasi Lenovo ThinkPad X13, Fitur dan Harga

Jangan Mengunduh Aplikasi Dari Sumber Tidak Dikenal.

Saat ini Internet dipenuhi dengan berbagai bentuk aplikasi yang tersedia untuk dibeli atau diinstal dari berbagai sumber. Namun, banyak dari aplikasi ini tidak selalu aman dan kadang-kadang bahkan dapat menjadi pintu gerbang untuk beberapa bentuk malware yang tanpa sadar diinstal pada perangkatmu.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan aplikasi resmi Google Play Store untuk mengunduh aplikasi apa pun yang Kamu butuhkan. Jika Kamu menggunakan iPhone, selalu pastikan Kamu mengunduh aplikasi dari App Store dan bukan dari sumber pihak ketiga mana pun.

Hal ini dikarenakan Play Store, hadir dengan fitur bernama Google Play Protect, yang memastikan semua aplikasi yang terpasang di perangkatmu dipindai dan aman untuk dipasang di perangkat. Lagi pula, Play Store sendiri memiliki hampir 3,48 juta aplikasi yang tersedia untuk dibeli dan dipasang , Kamu tidak perlu bergantung pada sumber pihak ketiga yang tidak dapat di percaya keamanannya.

Selalu Perbaharui OS

Salah satu tips keamanan Android paling penting yang sering diabaikan orang adalah menjaga agar OS mereka tetap update. Kebanyakan dari kita sering mengabaikan pembaruan terbaru dan patch keamanan yang tersedia untuk penginstalan, sehingga mengurangi penghalang keamanan perangkat mereka terhadap alat berbahaya seperti malware atau virus.

Namun, ini adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga perangkat Kamu aman dari peretas, karena setiap tambalan keamanan berfungsi untuk memperbaiki setiap kerentanan yang ada pada iterasi sebelumnya.

Hal yang sama berlaku untuk menjaga agar aplikasi di perangkat Android diperbarui. Setiap pembaruan aplikasi biasanya dilengkapi dengan fitur keamanan yang ditingkatkan yang menjaganya agar tidak rentan terhadap peretasan. Mengabaikan pembaruan ini untuk waktu yang lama dapat membuat aplikasi dan perangkatmu rentan terhadap peretas yang tahu cara melewati celah ini.

Gunakan VPN Saat Menggunakan Jaringan Wi-Fi Publik

Tips penting lainnya yang harus diingat adalah menggunakan VPN atau Jaringan Privat Virtual saat menggunakan jaringan Wi-Fi yang tersedia untuk umum untuk menjelajah internet. Hal ini dikarenakan jaringan Wi-Fi terbuka sering menjadi hotspot bagi peretas yang dapat dengan mudah meretas perangkat seseorang jika terhubung ke jaringan.

Baca Juga :  5 Resep Menu Pilihan Khas Lebaran 2022, Enak dan Mudah Dibuat

Dalam situasi seperti ini, VPN membuat jaringan aman di dalam jaringan untuk memastikan bahwa Kamu dapat menjelajah tanpa harus khawatir tentang seseorang yang menggunakan jaringan sebagai saluran untuk mengakses datamu secara ilegal. Sejauh ini, ini adalah salah satu cara terbaik untuk membuat Smartphonemu tidak dapat diretas.

Aktifkan Otentikasi Dua Faktor untuk Login Aman

Kebanyakan orang masih masuk ke akun sosial mereka menggunakan email dan kata sandi mereka. Meskipun ini adalah norma sebelumnya, pengenalan otentikasi dua faktor telah membuat login jauh lebih aman, terutama ketika Kamu ingin melindungi data dari peretas.

Sistem ini bekerja dengan mengirimkan kode rahasia ke ID email Kamu atau nomor telepon Kamu yang terdaftar untuk memungkinkanmu masuk ke situs web mana pun. Dengan cara ini, bahkan jika seseorang mengetahui kata sandi, mereka tidak akan dapat mengakses akunmu kecuali mereka juga memiliki akses ke kode rahasia.

Setiap jaringan media sosial seperti Facebook, Instagram, Snapchat, dan sebagainya memiliki opsi ini, dan Kamu harus mengaktifkannya jika ingin melindungi data yang ada.

Instal Program Anti-Malware di Ponsel Android

Seperti yang kita ketahui, komputer dan laptop selalu dilengkapi dengan program anti-virus atau anti-malware yang sudah diinstal sebelumnya. Aplikasi ini menjaga perangkat tetap aman dari segala bentuk virus atau malware yang mungkin mencoba menginfeksi perangkat pada titik waktu tertentu. Demikian pula, menginstal program anti-malware di perangkat Android adalah langkah yang baik untuk mengamankannya dari peretas.

Program-program ini dirancang untuk memindai perangkat secara teratur, mendeteksi segala jenis virus atau malware, menghapusnya dari file sistem, dan juga memperbaiki kerusakan apa pun yang mungkin terjadi pada perangkat lunak perangkat. Mereka berfungsi sebagai garis pertahanan untuk melindungi perangkat dari seseorang yang mungkin mencoba meretas ponsel Android dan menyalahgunakan data pribadi dan bahkan data keuanganmu.

Baca Juga :  SmartTV TCL Terbaik 2021 , Nobar Makin Asyik Nih!

Aktifkan Find My Device untuk Mengamankan Data Ponsel Android

Find My Device Saya adalah alat bawaan yang dilengkapi dengan perangkat Android jika Kamu ingin menemukan perangkat Kamu pada titik waktu tertentu. Find My Device adalah fitur yang sangat berguna yang harus Kamu aktifkan setiap saat. Setelah ini selesai, Kamu akan memiliki kebebasan untuk menemukan perangkat jika hilang atau bahkan dicuri, dan bahkan mengunci perangkat dan menghapus datanya sepenuhnya jika diperlukan.

Fitur seperti ini yang memungkinkan Kamu untuk menghapus data perangkat dari jarak jauh. Hal ini adalah manfaat besar dan dapat menjadi cara yang bagus untuk menjaga data sensitif yang kamu miliki dari tangan yang salah.

Tinjau Izin Aplikasi Di Perangkat Secara Berkala

Meninjau izin aplikasi dari waktu ke waktu adalah salah satu langkah keamanan terpenting untuk Android yang bisa kamu lakukan. Mengapa ini penting? Pertimbangkan setiap kali memberikan aplikasi beberapa izin tanpa membacanya dengan teliti. Izin dari sebuah aplikasi bisa mencakup izin untuk mengakses kamera, panggilan, pesan, lokasi GPS, mikrofon, dan lainnya.

Namun, terkadang aplikasi ini memberikan izin sendiri tanpa memintanya darimu. Kamu harus meninjaunya kembali secara berkala. Dan ini adalah salah satu cara yang efektif untuk memberikan akses dari aplikasi seminimal mungkin. Terutama izin untuk berfungsi dengan baik tanpa memberi mereka akses ke semua data di perangkatmu. Berikut ini adalah langkah untuk meninjay izin aplikasi

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Cari “Aplikasi dan Pemberitahuan” atau “Aplikasi dan Izin” dan klik di pada pilihan tersebut.
  3. Klik Izin Aplikasi dan kemudian tinjau setiap aspek perangkat Kamu yang telah diberikan izin. Tinjau apakah aplikasi tertentu memerlukan izin tersebut atau tidak, dan larang jika menurutmu tidak kamu perlukan.

Saat ini Android adalah pilihan yang paling populer sebagai OS seluler di seluruh dunia. Meskipun diklaim sebagai OS yang aman, tidak ada salahnya setiap pengguna harus mengingat beberapa hal untuk mengamankan ponsel Android mereka dari peretas. Dan untuk mengamankannya, kamu bisa menggunakan beberapa Cara Mengamankan Android Dari Peretas yang sudah disebutkan diatas.