Mengenal Perangkat Lunak Aplikasi

Berita Warganet – Mengenal Perangkat Lunak Aplikasi. Perangkat lunak Aplikasi, yaitu software yang berfungsi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang bersifat khusus untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu.

Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran

Perangkat lunak aplikasi perkantoran yang umum digunakan di antaranya adalah pengolah kata, pengolah angka, penyimpan data, dan pembuat presentasi.

Perangkat Lunak Pengolah Kata

Aplikasi pengolah kata, umum digunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering dilakukan. Aplikasi ini dapat melakukan format pengetikan seperti penomoran, pengaturan spasi, margin (jarak pinggir kertas), dan jenis huruf (font). Dokumen yang ditulis lebih rapi, jika terjadi kesalahan dapat dikoreksi kembali, dapat disimpan sehingga dapat diambil ketika diperlukan kembali, dan dapat dicetak di atas kertas.

Dokumen yang biasa ditulis menggunakan perangkat lunak pengolah kata di antaranya makalah, skripsi, laporan kegiatan, dan surat resmi. Perangkat lunak pengolah kata yang populer saat ini adalah Microsoft Word, Open Office Writer, dan Office.

Perangkat Lunak Pengolah Angka

Pengolah angka biasanya digunakan untuk melakukan perhitungan yang menggunakan tabel (tabulasi). Fungsi standar yang digunakan adalah penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu. Oleh karena lembar kerjanya berbentuk tabeltabel, perangkat lunak ini juga berfungsi sebagai pembuat tabel. Perangkat lunak ini dapat diaplikasikan pada pekerjaan pengolahan statistik, perhitungan matematis, dan analisis keuangan dan pemasaran. Perangkat lunak angka yang saat ini populer digunakan adalah Microsoft Excel dan Calc pada program Open Source.

Perangkat Lunak Penyimpan Data

Perangkat lunak penyimpan data adalah perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk membantu menyimpan data yang sangat banyak. Misalnya, untuk mendata barang-barang apa saja yang dijual, supermarket mendatanya pada perangkat lunak  ini sehingga cepat diakses jika dibutuhkan sewaktuwaktu.

Baca Juga :  Tombol Fungsi pada Keyboard

Dapat dibayangkan jika penyimpanan data ini dilakukan secara manual, selain data dapat hilang, akan memakan waktu lama saat mencari suatu data yang diperlukan. Perangkat lunak penyimpan data yang banyak digunakan saat ini di antaranya Microsoft Access, SQL Server, MySQL, dan Fox Base.

Perangkat Lunak Pembuat Presentasi

Tujuan melakukan presentasi adalah untuk memaparkan suatu ide atau mengenalkan suatu produk pada publik. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu cara agar presentasi yang disajikan dapat dipahami dan diterima. Untuk mencapai usaha tersebut, ide atau produk harus berkualitas dan dibutuhkan pula cara penyajian presentasi yang menarik.

Oleh sebab itu, biasanya pembicara harus memiliki kemampuan untuk mengemukakan ide-idenya di depan publik. Selain itu, bahan-bahan yang akan dipresentasikan pun harus dikemas semenarik mungkin. Kemajuan ilmu dan teknologi komputer dapat membantu untuk mengemas bahan presentasi tersebut menjadi lebih menarik. Saat ini, dipasaran telah banyak software-software untuk memenuhi kebutuhan tersebut, di antaranya Microsoft Power Point.

Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan Multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat mengolah atau menampilkan data dalam bentuk gambar, suara, dan film. Perangkat lunak multimedia yang banyak digunakan saat ini di antaranya adalah Winamp, Windows Media Player, dan MPlayer pada program Open Source.

Perangkat Lunak Aplikasi Internet

Perangkat lunak yang berhubungan dengan internet sangat berkaitan dengan aplikasi internet. Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk menghubungkan seseorang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client). Contoh aplikasi internet dan perangkat lunak dari sisi pengguna yang umum digunakan adalah sebagai berikut.

Baca Juga :  cara menambahkan teks di Adobe Premiere Pro

HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

HTTP merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext).

E-mail (Electronic mail)

E-mail merupakan singkatan dari Elektronic Mail yang berarti surat menyurat dalam Internet. E-mail banyak digunakan karena alasan mudah dikirim dan cepat sampai tujuan. E-mail tidak memerlukan kertas atau prangko, melainkan cukup mengetik melalui keyboard dan dalam hitungan detik setelah dikirim, surat akan sampai tujuan meskipun jarak penerima mencapai ribuan kilometer, tanpa batasan ruang dan waktu.

E-mail merupakan salah satu fasilitas dari Internet yang paling sering digunakan dan paling populer. Contoh perangkat lunaknya adalah Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, dan Mutt. Fitur apa saja yang terdapat di dalam e-mail? Email tidak hanya digunakan semata-mata untuk berkirim-kiriman surat elektronik, namun seiring perkembangannya ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail, antara lain:

  • Mengirim e-mail berupa tulisan, teks, dan gambar.
  • Mengirim e-mail dalam format grafik dan editing HTML.
  • Mengirim kartu elektronik dan animasi gambar (hanya dengan bantuan provider tertentu).
  • Mengirim file (attachment) berupa foto, gambar, suara, bahkan musik.
  • Mengirim SMS (hanya operator tertentu)
  • Mengirim satu pesan kepada beberapa alamat email sekaligus.

Jenis-Jenis Layanan E-mail

Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, Email Forwarding dan E-mail berbasis web, masingmasing mempunyai kelebihan dan kekurangan

POP Mail

Email jenis ini sama dengan email yang kamu terima dari ISP kamu (bagi kamu yang connect internet dari rumah, sekolah, atau warnet).

Kelebihan: Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak connect ke internet). Untuk mengecek email, kamu perlu connect ke server POP mail kamu, lalu mendownload seluruh email yang ada. Setelah itu kamu dapat memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email. Bila sudah siap dengan jawabannya kamu bisa connect lagi ke internet dan tekan Send. Untuk itu semua kamu harus menggunakan program client mail seperti Eudora atau Outlook Express.

Baca Juga :  Mengenal Perangkat Keras Keluaran (Output) pada Komputer

Kekurangan: Kekurangan POP mail adalah kamu tidak bisa mengecek email kamu dari sembarang tempat.

Web Based email

Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail, LoveMail dan lain-lain.

Kelebihan: Anda bisa mengecek email kamu dari mana saja dan browser apa saja.

Kekurangan: Kekurangan utama dari email berbasis web adalah, untuk mengecek email kamu harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu tidak begitu berarti. Tapi bagi kamu yang menerima puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya (menambah biaya, karena harus selalu connect ke internet).

Email Forwarding

Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi kamu yang belum menemukan layanan email yang cocok alias suka gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email kamu yang lain.

Kelebihan: Kamu bisa menyembunyikan alamat email kamu yang sesungguhnya.

Kekurangan: Oleh karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai.

Messenger

Messenger adalah aplikasi internet untuk berkomunikasi (chatting) antara satu orang (privat) atau lebih (conference). Dengan chatting, kamu dapat komunikasi berupa teks (messsage), suara (voice) mapun video dengan menggunakan (webcam).

Perangkat Lunak Aplikasi Grafis

Perangkat lunak ini berhubungan dengan desain grafis. Desain grafis berhubungan dengan membuat, mengolah, dan memodifikasi gambar atau foto. Misalnya, Adobe Photoshop (program pengolah foto) dan CorelDraw (program pengolah gambar).