Cara Mengetahui Wifi Rumah Dibobol

Cara Mengetahui Wifi Rumah Dibobol

Cara Mengetahui Wifi Rumah Dibobol – Siapa yang mau tahu nih cara Memeriksa Apakah Orang lain Mencuri Wi-Fi di rumah? Kadangkala, Kamu mungkin curiga bahwa ada orang lain yang menggunakan Wi-Fi Kamu tanpa izin. Hal ini bisa terjadi ketika kamu pernah secara tidak sengaja memberikan kata sandi. Atau kamu merasakan koneksi internet tampak lebih lambat dari biasanya.

Nah, kali ini beritawarganet akan membagikan Cara Mengetahui Wifi Rumah Dibobol dengan mudah dan terpantau. Sehingga kalian bisa mengganti sandi, memblokir atau hal lain yang akan meningkatkan kelancaran koneksi wifi kamu dirumah sob.

Ingin cek? Buktinya Ada di Routermu

Jika koneksi internet terasa lebih lambat dari biasanya, Kamu mungkin merasakan curiga jika seseorang menggunakan bandwidth melalui Wi-Fi. Akan tetapi internet lambat bukanlah buktinya. Ada banyak alasan yang bisa membuat koneksi internet Kamu lambat . Dan satu-satunya cara pasti untuk melihat apakah seseorang menggunakan Wi-Fimu adalah dengan melihat daftar perangkat yang terhubung di router atau antarmuka acces point di Wi-Fimu.

Untuk melakukannya, Kamu perlu membuka buku panduan router yang kamu gunakan pada bab cara mengakses antarmuka konfigurasi router . Hampir semua router konsumen menyediakan akses melalui browser web di alamat khusus lokal saja (seperti 192.168.0.1 atau 192.168.1.1), dan yang lainnya bahkan menyediakan akses melalui aplikasi seluler.

Baca Juga :  Charge Up Pokemon Go , Dapatkan Pokemon Listrikmu!

Nahm Setelah Kamu masuk ke dalam antarmuka router, Kamu harus menemukan tempat daftar perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi Kamu . Hal ini biasanya dapat ditemukan di bawah opsi seperti “Status,” “Status Nirkabel,” atau “Kontrol Lalu Lintas,” atau menu lain sesuai dengan router yang kamu gunakan.

Setelah Kamu berada di layar status koneksi nirkabel router, Kamu akan melihat daftar perangkat Wi-Fi yang terhubung ke jaringan internetmu sob. Cari nama yang tidak dikenal dalam daftar perangkat. Setiap nama asing yang Kamu lihat mungkin merupakan perangkat yang digunakan oleh orang lain untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Agar benar-benar yakin, Kamu harus mengesampingkan perangkat Kamu sendiri di daftar itu. Di antara TV pintar, konsol game, perangkat streaming, gadget smarthome, tablet, smartphone, dan lainnya. Perangkat ini mungkin menjadi “perangkat tidak dikenal ” tanpa kamu sadari. Hal ini yang membuat router memiliki lebih banyak klien Wi-Fi daripada yang Kamu sadari.

Mungkin hal ini akan sedikit mengejutkan melihat semua perangkat yang kamu miliki terdaftar untuk pertama kalinya. Yang perlu kamu ketahui adalah tidak semua perangkat yang kamu miliki memiliki nama yang jelas. Bahkan perangkat tersebut mungkin terdaftar sebagai alamat MAC .

Baca Juga :  Dengan RAM 8 GB Serta Empat Kamera, Inilah Spesifikasi Dan Harga Samsung Galaxy M32

Jika tidak yakin apakah perangkat tertentu yang ada dalam daftar adalah milikmu atau bukan, Kamu harus membandingkan alamat MAC perangkat yang Kamu miliki dengan perangkat dalam daftar, tentunya hal ini bisa memakan waktu, apalagi jika Kamu memiliki banyak perangkat. klien Wi-Fi. Selain itu, beberapa perangkat Kamu mungkin memberikan alamat MAC acak baru untuk alasan privasi.

Dan jika ada “perangkat lain” yang muncul ketika kamu sudah mencocokan semua perangkat yang kamu miliki. Artinya memang koneksi internet dari routermu memang memiliki penumpang gelap. Ada yang menggunakan jaringan wifimu tanpa sepengetahuanmu sob.

Apa yang Harus Kamu Lakukan?

Jika Kamu secara positif mengidentifikasi ada perangkat asing yang terhubung ke jaringan Wi-Fi Kamu ada beberapa cara berbeda yang bisa kamu lakukan sob. Hal tersebut diantaranya adalah

Ubah Kata Sandi

Dalam kebanyakan kasus, hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah mengubah kata sandi Wi-Fi Kamu dan mem-boot ulang router Kamu. Namun, Kamu harus memasukkan kata sandi baru ke semua perangkat Wi-Fi Kamu agar dapat terhubung kembali. Jika Kamu tidak menggunakan kata sandi sebelumnya, maka gunakan kata sandi mulai saat ini.

Blokir Sementara

Banyak router mengizinkan pemblokiran perangkat menggunakan pemfilteran alamat MAC . Beberapa diantaranya bahkan memungkinkan Kamu untuk memblokir perangkat langsung dari daftar perangkat yang terhubung. Tentu saja hal ini tidak mudah karena perangkat MAC dapat dipalsukan, dan beberapa perangkat dengan sengaja mengubah alamat MAC mereka agar dapat diidentifikasi dengan jelas. Jika Kamu melakukan ini, itu hanya akan menjadi solusi sementara sampai Kamu mengamankan titik akses Wi-Fi Kamu.

Baca Juga :  Review Motorola Moto G9 Power

Perkuat Enkripsi

Jika seseorang terhubung ke jaringan Wi-Fi Kamu dan Kamu belum memberikan kata sandinya, Kamu memiliki masalah yang jauh lebih besar. Itu berarti seseorang telah meretas jaringan Wi-Fi Kamu, dan jika demikian, kemungkinan besar Kamu menggunakan bentuk enkripsi Wi-Fi yang tidak aman dan usang. Hindari WEP, WPA1, dan WPA2-TKIP . Beralih ke WPA2 Pribadi/Profesional atau WPA3 Pribadi/Profesional jika memungkinkan.

Membeli Router Baru

Jika router Kamu sudah tua, mungkin tidak mendukung standar keamanan terbaru, atau mungkin memiliki bug yang dapat dimanfaatkan oleh tetangga jahat untuk mendapatkan akses ke koneksi internet Kamu. Jika demikian, Kamu harus mengupgrade ke router yang lebih baru sesegera mungkin.

Seperti disebutkan di atas, ada lebih banyak opsi yang membuat jaringan wifimu aman dari orang lain. Dan demikianlah Cara Mengetahui Wifi Rumah Dibobol. Semoga bermanfaat!

Pencarian Populer : cara mengetahui wifi rumah di bobol