Cara Membuat password yang kuat dan Sulit diretas

Cara Membuat password yang kuat dan Sulit diretas – Tampaknya walaupun saat ini kita sudah memasuki tahun 2022. Masalah keamanan di dunia maya masih saja rentan dengan begitu banyak cerita tentang orang-orang yang terkena phishing, scammed, dan mendapati database yang dilanggar. Hal ini kebanyakan dikarenakan kebanyakan orang masih menggunakan kata sandi yang  mudah dan tidak sulit untuk ditebak.

Dan berdasarkan daftar 200 kata sandi paling umum pada tahun 2021 , masih ada lebih dari 100 juta akun online yang mereka temukan yang masih mengandalkan 123456 sebagai kata sandi pilihan. Uniknya, 3 kata sandi teratas yang digunakan melibatkan angka 12345, diikuti oleh “qwerty” di tempat keempat.

Memang untuk membuat dan menggunakan kata sandi yang unik dan susah ditebak agak sedikit menyusahkan untuk diingat. Namun, jika menggunakan kata sandi yang umum digunakan akan berakibat pada rentannya setiap akun online dan membuat  akun yang kamu miliki berpotensi diretas. Untuk hal itu, sobat warganet akan memerlukan Cara Membuat password yang kuat yang bisa kamu gunakan pada akun media sosial atau akun lainnya yang kamu miliki. Berikut ini adalah caranya.

Baca Juga :  Twibbon Hari Buruh 2021 Gratis

Cara Membuat password yang kuat

  1. Pilih minimal 12 karakter. Mengapa menggunakan 12 karakter? Hal ini dikarenakan semakin panjang kata sandi, semakin banyak kemungkinan kombinasi karakternya. Hal ini berarti bahwa jika seorang peretas menggunakan serangan brute force untuk mencoba dan menebak kata sandi yang kamu miliki akan memakan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan kata sandi 6 karakter atau 8 karakter.
  2. Menggabungkan huruf dan angka. Sama seperti penggunakan 12 karakter pada kata sandi. Hal ini akan membuat kombinasi huruf dan angka akan membuat peretas membutuhkan waktu yang lebih lama.
  3. Tambahkan karakter khusus seperti !, @, #, ? . Penggunakan karakter khusus juga akan menambah kerumitan kata sandi yang artinya akan semakin sulit untuk dipecahkan oleh peretas. Penambahan karakter di luar abjad dan angka meningkatkan kemungkinan yang pada gilirannya mempersulit serangan brute force untuk mengetahui kata sandi yang kamu gunakan.
  4. Hindari informasi pribadi . Menggunakan nama, inisial, atau tanggal lahir akan sangat mempermudah kamu untuk mengingat kata sandi yang sudah kamu buat sebelumnya. Namun, kamu juga perlu ingat bahwa informasi informasi tersebut juga tersedia secara online melalui profil media sosial yang kamu miliki. Dan kemungkinan hal ini menjadi salah satu hal pertama yang mungkin dicoba oleh peretas.
  5. Hindari kata atau frasa yang umum digunakan – Sama seperti informasi pribadi. Kata atau frasa yang umum digunakan mungkin membantumu mengingat kata sandi. Misalnya saja kata “password” atau nama klub sepak bola seperti “mancity” atau “liverpool” memang bisa menjadi kata kunci yang mudah untuk diingat. Namun jika kamu bisa memikirkan password tersebut, apakah peretas tidak bisa mencari atau menebaknya dengan mudah?
  6. Gunakan aplikasi pengelola kata sandi untuk menghasilkan kata sandi yang aman. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh banyak pengelola kata sandi adalah kemampuan untuk membuat kata sandi yang bisa kamu gunakan. Aplikasi ini adalah aplikasi yang menghasilkan kata sandi yang dibuat secara acak. Kamu bisa memilih, apakah ingin memasukkan karakter khusus, angka, kombinasi huruf besar dan kecil, dan juga panjangnya. Meskipun sepertinya tidak mungkin untuk dihafal, Kamu juga akan memiliki fitur lain dari pengelola kata sandi. Selain membuat kata sandi, Aplikasi ini juga akan mengingatnya untuk kamu sob.
Baca Juga :  5 Resep Menu Pilihan Khas Lebaran 2022, Enak dan Mudah Dibuat

Mungkin beberapa orang tidak berpikir bahwa akun mereka akan pernah diretas. Ataupun beberapa akun yang mereka miliki tidak cukup penting dan hal ini membuat pengguna tidak peduli jika akun tersebut diretas. Namun setidaknya Cara Membuat password yang kuat dan Sulit diretas yang sudah dijelaskan diatas bisa kamu praktikkan untuk keamanan akun kamu miliki. Dan jika kamu bertanya-tanya apakah akun yang kamu miliki mungkin pernah dilanggar atau dalam bahaya dilanggar, Kamu bisa pergi ke Halaman “Have i been pwned” dan masukkan email kamu untuk memeriksa database pelanggaran yang terjadi.

Baca Juga :  Wired Network dan Wireless Network